Belajar Bertanggung Jawab adalah Manfaat Anak Memelihara Hewan



Mempunyai hewan peliharaan banyak keuntungannya. Keberadaan hewan peliharaan bisa mengurangi stress. Hewan peliharaan juga memberi keceriaan dan kebahagiaan bagi penghuni rumah. Selain itu memiliki hewan peliharaan juga meningkatkan rasa empati dan kasih sayang. Banyak hewan peliharaan yang bisa dirawat di rumah seperti anjing, kucing, ikan hias, burung dan lain-lain. 


Karena hewan peliharaan itu lucu dan bisa diajak bermain, banyak anak-anak yang kerap meminta agar bisa mempunyai hewan peliharaan. Di satu sisi, hewan peliharaan baik untuk anak karena anak bisa belajar menyayangi makhluk hidup namun di sisi lain, memelihara hewan peliharaan itu butuh komitmen dan tanggung jawab. Soal tanggung jawab ini harus dipahami oleh anak-anak sebelum ia memiliki hewan peliharaan. Jangan sampai hewan peliharaan malah tersia-sia.


Ini tanggungjawab yang harus dipahami oleh anak ketika ia memelihara hewan :


1. Tanggung jawab memberi makanan


Hewan peliharaan adalah makhluk hidup yang membutuhkan makanan seperti manusia. Sudah menjadi kewajiban bagi pemilik hewan untuk memberi makan hewan secara teratur. Ajarkan anak pengertian bahwa hewan peliharaan juga membutuhkan makan sama seperti dirinya. 


Dengan begitu, anak akan lebih berempati karena rasa lapar adalah hal paling alami yang terjadi pada makhluk hidup. Selain itu, dengan mengajarkannya untuk memberi makan pada hewan peliharaan dapat menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup yang ada di dunia.


2. Tanggung jawab memberi perhatian


Memiliki hewan peliharaan tidak hanya soal memberinya makan. Hewan peliharaan juga harus diperhatikan keberadaanya. Di antaranya bisa dilakukan dengan cara mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, bermain, bercengkrama, atau sekedar mengelus kepalanya. Dengan begitu, hewan peliharaan akan merasa diterima di keluarga.


Ajarkanlah anak untuk memberikan perhatian pada hewan peliharaannya. Terkadang, anak-anak melihat hewan peliharaan sebagai mainannya. Oleh sebab itu, berikan pengertian bahwa hewan peliharaan sama seperti manusia membutuhkan perhatian.


3. Tanggung jawab memberi perawatan


Supaya hewan peliharaan selalu sehat, perawatan juga perlu dilakukan oleh yang memeliharanya. Merawat hewan peliharaan memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, dalam mengadopsi hewan peliharaan memang memerlukan komitmen penuh. Jangan sampai hewan peliharaan hanya mendapatkan perhatian hanya pada saat mereka lucu dan menggemaskan. Perawatan tersebut bisa berupa memandikan, menyikat bulu, atau membersihkan kotoran hewan peliharaan.


Cobalah untuk melibatkan anak ketika sedang melakukan perawatan rutin. Jangan berikan sepenuhnya tanggung jawab merawat hewan peliharaan pada anak. Orangtua juga harus ikut mengawasi perawatan yang diberikan pada hewan peliharaan. Jadikan kegiatan perawatan ini sebagai kegiatan tim sekeluarga. Dengan begitu, anak akan paham bahwa ini adalah tanggung jawab bersama dan dapat menumbuhkan sisi tanggung jawab dalam dirinya.


Yang terpenting adalah orang tua harus mencontohkan tanggung jawab memelihara hewan, karena anak akan mengikuti apayang dilakukan orang tuanya. 


6 komentar

  1. Pada saat pertama kali ada kucing, anakku yang bontot dan pengais bontot ( cewek dan cowok ) itu geliii banget sama hewan

    Nah aku contohkan dengan ngasih makan, elus pelan si pus saat minum susu, nah lama lama mereka jadi sayang juga!

    BalasHapus
  2. Hewan peliharaan juga bisa menjadi teman kita. Memberikan pemahaman tentang tanggung jawab mengurus hewan peliharaan tuh emang penting banget. Agar anak bisa belajar untuk mengurus mereka. Nggak hanya mengajak bermain terus. Hewan peliharaan juga butuh makan dan perhatian...

    BalasHapus
  3. Alhamdhulilah anak2 sejak bayi udh yerbiasa sama peliharaan krn kami berdua pecinta kucing. Melihat kami yg merawat kucing kek anak sendiri anak2 pun nyontoh. Anak2ku klo nyebut kucing kami anak ketiga hahaha

    BalasHapus
  4. Ketika memiliki hewan peliharaan, terpenting adalah tanggung jawab untuk mengurus hewan peliharaan

    Selain memberi makan juga memberikan perhatian dan perawatan ya.

    Karena dibalik hewan peliharaan yang sehat terdapat majikan yang senang dan gembira terbebas dari stresss akibat kerja

    BalasHapus
  5. banyak manfaat ya Mbak ketika anak memelihara hewan.
    anakku nih udah berapa kali bilang pengen punya kucing juga di rumah karena lihat sepupunya punya kucing, tapi saya belum iyakan karena saya tidak sanggup untuk merawat (membersihkan pupupnya dsbnya) dan dia pun juga belum bisa untuk itu, takutnya dia juga belum bisa bertanggung jawab ama hewan peliharaannya nantinya, jadi saya saat ini belum mengizinkan, gak tau deh nanti ke depan :D

    BalasHapus
  6. Pengalamanku melihara hewan itu hamster mbak. 4 ekor, 2 betina 2 jantan. Seneng banget mereka. Tapi mereka males bersihkan kandangnya, huhuhu. Sekarang hamsternya udah enggak ada, dimakan kucing.

    BalasHapus