Wah Ikut Tukar Botol di Program Blackmores Peduli Bisa Dapat Voucher Belanja




Tahukah teman-teman, bahwa menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menyebutkan limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun,  dimana diperkirakan sebanyak 3,2 juta ton diantaranya merupakan sampah plastik yang terbuang ke laut. Data National Plastic Action Partnership (NPAP) juga menunjukkan ada 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik, di mana sebanyak 48% di antaranya dibuang ke alam terbuka dan 9% dari sampah plastik berakhir di laut. Hayooo.. siapa dari kita yang ikut menyumbangkan sampah plastik. 


Ikut mengelola sampah plastik adalah keharusan bagi semua pihak. Apalagi pemerintah telah membuat target penurunan sampah plastik di laut hingga 70 persen pada tahun 2025. Saya sendiri mengumpulkan sampah plastik seperti botol minuman bekas, kotak plastik atau plastik kemasan dalam kantong tersendiri. Kantong berisi sampah plastik itu saya kirimkan ke pos sampah plastik yang dibuat di lingkungan RW saya. Nanti hasil pengumpulan sampah plastik tersebut dikirimkan ke pengumpul plastik untuk didaur ulang.


Saya cukup bersyukur bahwa ibu-ibu rumah tangga di lingkungan saya tinggal, banyak yang telah menyadari tentang pentingnya mengurangi sampah plastik dan ikut mengelola sampah plastik yang mereka hasilkan. Namun edukasi untuk mengurangi sampah plastik masih terus dilakukan agar makin banyak ibu-ibu yang ikut serta mengelola sampah plastik. Mengingat sampah plastik dari rumah tangga sungguh besar jumlahnya. 



Masalah sampah akan menjadi besar jika terus dibiarkan, hal ini tentu akan berdampak pada kelangsungan hidup manusia dan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan. Permasalahan sampah bisa menjadi berat dan sulit terselesaikan bila hanya mengandalkan satu pihak saja. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung upaya untuk mengelola sampah secara bertanggung jawab agar tidak mencemari lingkungan, baik itu daratan maupun perairan Indonesia. Tidak hanya pemerintah, tetapi dari pihak swasta, asosiasi, komunitas, dan masyarakat Indonesia sebagai aksi kolaborasi dalam penurunan sampah plastik di laut.


Banyak perusahaan yang juga berperan dalam mengurangi sampah plastik dengan cara menyediakan tempat sampah khusus untuk sampah plastik, membuat kampanye penggunaan tempat minum sendiri,ajakan mendaur ulang sampah plastik atau membuat program pengumpulan botol kemasan plastik. Seperti yang dilakukan oleh PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”). PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) melalui produk unggulannya Blackmores Odourless Fish Oil kembali meluncurkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’.



Tukar Botol Bekas Vitamin Dapat Voucher Belanja


Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ berlangsung sejak 1 September hingga 30 November 2022. Program ini merupakan salah satu bentuk wujud komitmen kepedulian Blackmores Indonesia terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut. Melalui program ini, masyarakat diajak untuk ikut bertanggung jawab atas sampah plastik dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya sampah botol plastik bekas vitamin dari merek apapun agar bisa dikelola atau didaur ulang dengan baik sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut. 


Permasalahan sampah plastik memang masih menjadi salah satu isu lingkungan yang dihadapi Indonesia dan harus segera dituntaskan. Untuk mengatasinya, ada beberapa permasalahan yang perlu jadi perhatian mulai dari jumlah sampah yang besar, pengelolaan sampah yang kurang bertanggung jawab, dan perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan sehingga mencemari lingkungan, terutama lingkungan laut Indonesia. Blackmores tergerak untuk ikut berkontribusi dengan membawa dampak baik yang nyata dalam membantu mengurangi jumlah sampah botol plastik yang dapat mengotori laut demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.


Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition, Astrid Prasetyo mengatakan bahwa secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh. Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. 



Hal inilah yang mendasari Blackmores Indonesia untuk terus mendukung segala upaya dalam menurunkan sampah plastik di laut dengan kembali menghadirkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Program ini merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan Blackmores Indonesia untuk mendukung pemerintah dan mengajak masyarakat Indonesia peduli menjaga kebersihan lingkungan laut, karena menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan.


Adapun mekanisme penukaran botol plastik dalam program Blackmores Peduli sangat mudah. Konsumen yang memiliki botol plastik bekas vitamin merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya ke apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores dan juga Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik mall di Indonesia. 


Ibu Astrid Prasetyo juga bilang bahwa Blackmores juga telah menyiapkan bentuk apresiasi bagi masyarakat untuk setiap keikutsertaannya pada kegiatan ini, dimana setiap botol plastik dapat ditukarkan dengan voucher belanja. wahhhh asyik banget kan. Selain itu untuk membantu proses pendauran ulang botol plastik yang telah terkumpul, Blackmores Indonesia juga menggandeng organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle. 



Pemerhati Lingkungan, Tasya Kamila ikut berpendapat nih.  Tasya Kamila bilang bahwa sampah plastik telah menjadi permasalahan yang harus dituntaskan bersama, karena lingkungan yang bersih tanpa sampah plastik merupakan keinginan semua makhluk hidup. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Tasya Kamila mengajak kita semua menjadi agen perubahan dengan mengumpulkan sampah botol plastik bekas vitamin untuk menjaga laut tetap bersih. 


Tasya Kamila sangat mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif dari Blackmores yang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan masalah sampah plastik, dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Misi dari penukaran botol plastik vitamin ini jelas, yaitu mengurangi sampah botol plastik bekas vitamin, dengan mengurangi sampah, berarti memberi kontribusi pada kelestarian lingkungan. 



Diana Agustina, seorang konsumen wanita berusia 36 tahun yang ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ menyambut baik adanya program ini. Selaku konsumen, Diana Agustina sangat senang ada program seperti yang dilakukan Blackmores ini. Dengan partisipasi dalam program Blackmores Peduli, ia bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kerbersihan ekosistem laut dari sampah botol plastik. Ia menyadari kalau banyak sumber alami dari laut yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti minyak ikan yang sering ia gunakan. 


Program Blackmores Peduli menjadi komitmen berkelanjutan jangka panjang untuk selalu peduli dan akan terus melakukan lebih demi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan. Melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ menjadi komitmen dan harapan Blackmores untuk semua pihak ikut berpartisipasi menjaga lingkungan. Seperti yang diingatkan oleh Ibu Astrid Prasetyo, jika semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan, terutama lingkungan laut, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga. 


8 komentar

  1. Bagus nih programnya buat mengurangi sampah plastik, ya. Moga membantu bumi menjadi lebih baik

    BalasHapus
  2. Luar biasa ya emang limbah plastik tetap jadi perhatian kita bersama, program yg jadi pemicu semangat juga ini tuk kita sama2 jaga lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa karena jaga lingkungan itu wajib buat semua pihak

      Hapus
  3. Apotek independent ini maksudnya seluruh apotek yang jual blackmores ya, Kak? Semoga langkah ini segera diikuti produsen lain. Soalnya kadang ragu juga kalau asal buang. Selain sampah, Khawatir juga dipakai pemalsuan.

    BalasHapus
  4. kalau gitu tiap minum botol plastik - terima kantong plastik bersih langsung aja dimasukkan jadi satu terus ditaro di satu tempat ya nanti tinggal disetorkan

    BalasHapus
  5. Keren programnya Blackmores. Ikut jaga lingkungan meminimalisir sampah plastik. Tukar botol dapet voucher, mantap 👍

    BalasHapus
  6. Suka dengan programnya. Terkadang suka bingung juga dengan botol yang isinya udah habis. Kalau begini kan jadinya menyenangkan. Bijak juga dengan sampah

    BalasHapus