Wow, Blackmores Peduli "Tukar Botol" Berhasil Kumpulkan 3.783 Botol Plastik Bekas Vitamin



Indonesia darurat sampah. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut total sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton, disumbang oleh sampah plastik. Kok bisa naik? Tentu bisa, mengingat gaya hidup masyarakat yang maunya serba praktis. Kemana-mana malas bawa botol minum dan lebih suka membeli minuman kemasan dan membuang kemasannya sembarangan. 


Kesukaan masyarakat untuk belanja online juga menyumbang peningkatan sampah plastik. Paket yang kita terima seringkali dibungkus dengan plastik yang berlapis-lapis. Ya memang membuat barang yang kita beli menjadi aman, namun kebayang nggak tuh, berapa banyak sampah plastik dari satu paket saja. Kalikan dengan jutaan paket yang terkirim setiap bulan. Luar biasa besar jumlahnya kan.



Banyak banget bahaya sampah plastik terhadap lingkungan. Sampah plastik dapat menimbulkan pencemaran, baik di tanah, air, maupun udara. Dilansir dari National Geographic, hampir 700 spesies hewan, termasuk yang terancam punah, diketahui telah terkena dampak sampah plastik. Mikroplastik pun telah ditemukan di lebih dari 100 spesies air, termasuk ikan, udang, dan kerang yang umum dikonsumsi oleh manusia. So mikroplastik bisa jadi sudah ada di dalam tubuh kita. Hiyyy seram ya.


Mengurangi sampah plastik merupakan kewajiban semua pihak. Jangan melemparkan tanggung jawab ke pihak lain ya, karena kita ikut bertanggungjawab menanggulangi sampah plastik. Saya membiasakan diri membawa botol minuman jika pergi keluar rumah. Selain mengurangi sampah plastik, air minum juga lebih hygienis karena botol minumannya bersih dan milik sendiri.


Saya juga membiasakan diri membawa tas ulang pakai jika bepergian. Kalau saya membeli sesuatu, saya taruh di tas ulang pakai tersebut, jadi penjualnya nggak perlu memberikan kantong plastik untuk barang yang saya beli. Kantong plastik memang masih digunakan oleh para pedagang di warung eceran dan toko kecil, sementara toko-toko besar sudah tidak menggunakan kantong plastik. 



Karena saya peduli dengan persoalan sampah plastik, maka saya senang sekali ada perusahaan yang peduli juga dengan sampah plastik. PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) melalui produk unggulannya Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. 


Blackmores Peduli "Tukar Botol" demi Lingkungan yang Lebih Baik


Sampah plastik, termasuk botol plastik masih menjadi isu penting sekaligus tantangan bagi Indonesia dan perlu menjadi prioritas semua pihak, sebab dapat berdampak luas terhadap ekosistem laut dan kesehatan manusia. Dari 10 juta metrik ton sampah yang terhanyut ke laut, 10 persennya berasal dari daratan. Padahal, jika diolah dengan baik, sampah plastik daur ulang dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 16.379.472 per bulan dari produksi 48 ton sampah plastik. 


Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi serta komitmen dari semua pihak untuk mengatasi permasalah sampah plastik agar bisa dikelola atau didaur ulang baik. Melalui program Blackmores Peduli "Tukar Botol", Blackmores Indonesia telah berhasil mengajak masyarakat mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin yang nantinya akan dikelola atau didaur ulang sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut. 



Country Head Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto mengatakan, Blackmores percaya bahwa menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan. Untuk itu, sejalan dengan target pemerintah dalam menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025, Blackmores Indonesia telah menjalankan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang merupakan langkah bersama untuk mempermudah masyarakat mengelola sampah botol plastik untuk kualitas lingkungan dan kehidupan Indonesia yang lebih baik.


Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. 



Maka dari itu, Blackmores terus mendukung berbagai upaya yang dapat mendorong penurunan atau pencemaran sampah plastik di laut. Melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang berlangsung sejak 1 September hingga akhir tahun 2022, Blackmores Indonesia telah berhasil mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin. Selanjutnya, botol-botol plastik yang telah terkumpul tersebut akan dikelola dan didaur ulang oleh eRecycle (organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik), guna mencegah sampah botol plastik mencemari laut. 


Bapak Dickson Susanto mengucapkan terima kasih kepada semua konsumen yang telah ikut berpartisipasi serta para mitra yang sudah mendukung program ini, sebagai upaya bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan. Blackmores berharap, inisiatif kolaborasi yang dilakukan melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk bekerjasama memperbaiki kualitas lingkungan, terutama ekosistem laut. 


Bapak Dickson Susanto bilang bahwa kedepannya, Blackmores Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan. Sebab, Blackmores meyakini jika semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga. So.. yuk ikutan tukar botol plastik bekas vitamin dan menjaga keberlangsungan lingkungan. 


28 komentar

  1. Program tukar botol ini bagus dan patut diapresiasi ya karena kita jadi ikut berkontribusi meminimalisir penggunaan sampah plastik . Bisa dibayangin kalau lingkungan tercemar gegera banyak botol plastik bekas vitamin yang terbuang sia-sia, wah pasti nya lingkungan jadi kotor dan tidak sehat untuk mahluk sekitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa Indonesia darurat sampah so kita kudu dukung perusahaan yang peduli dengan sampah seperti Blackmores

      Hapus
  2. Wow.. angka yang sangat fantastis. Sejumlah 700 species bahkan udah terkena dampak sampah plastik. Yang pasti lambat lauk dampak nya buat manusia juga. Pantas aja hal ini menggugah PT. Blackmores Indonesia peduli terhadap kebersihan laut dengan program tukar botol. Semoga dapat menginspirasi yang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kebayang ya kalo mikroplastik masuk ke tubuh kita akibat mengonsumsi hewan laut yang makan sampah plastik

      Hapus
  3. saya sekarang kalau belanja ke kios dekat rumah sebisa mungkin gak ambil kantong plastiknya lagi karena sayang banget itu plastik jadi numpuk di rumah, sayang juga mau langsung dibuang begitu saja.
    kalau lagi keluar rumah pun dan harus mampir belanja di toko/swalayan, kalau cuma beli barang kecil saya tolak kantong plastiknya, langsung masukin ke dalam tas aja. Masih sering lupa nih bawa tas ulang pakai, huhuh.

    keren ya Blackmores peduli dengan lingkungan lewat campaign tukar botol produknya ini, semoga perusahaan lain juga bisa mengikuti jejak baik dari Blackmores.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, saya juga bawa tas ulang pakai kemana mana, apalagi kalo berbelanja, jadi meminimalisir pemakaian kantong plastik

      Hapus
  4. Program tukar borol yang diadakan Blackmores perlu didukung semua pihak agar pencemaran sampah plastik bisa diminimalkan karena pencemarannya sudah memprihatikankan sekali, smoga perushaan lainnya bisa peduli lingkungan juga seperti Balcmores

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kita harus bersama-sama mengurangi sampah plastik

      Hapus
  5. Ikutan Happy dengan program Blackmores yang ini karena selain bermanfaat untuk menjaga kelestarian alam, para pelanggan juga ikut bahagia karena dapat potongan harga dengan menukar botol bekas kemasan vitamin

    BalasHapus
  6. Gak semua sampah bener-bener jadi sampah. Maish banyak yang bisa didaur ulang. Apresiasi banget dnegan langkah Blackmores yang peduli akan hal ini. Semoga aja programnya terus berlanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener... daur ulang membuat sampah jadi bermanfaat

      Hapus
  7. wow sudah lebih dari 3500 botol Blackmores yang berhasil dikumpulkan dalam program ini ya, keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena masyarakat banyak yang mendukung yaaaa

      Hapus
  8. Seru banget ya Mbak program seperti ini kadang saya juga bingung di rumah banyak botol-botol blackmores geletak bingung mau diapakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah dengan ikut tukar botol kita ikut mengurangi sampah ya

      Hapus
  9. Semoga program dr Kalbe Blackmores ini tidak hanya semusim, namun bisa konsist jangka panjang sehingga benar benar mewujudkan kepedulian lingkungan

    BalasHapus
  10. Wow keren banget ini ya mbak Yayat ya campaign dari Blackmores hingga berhasil mengumpulkan 3.783 botol bekas vitamin, pencapaian yang luar biasa ya

    BalasHapus
  11. Bener banget ya Mba, kalau sekarang ini masalah sampah plastik semakin menumpuk. Seringnya bekas belanja sih. Beli makanan or berbelanja yang lain. Bagus banget programnya Blackmores Peduli Tukar Botol ini ya setidaknya bisa menginspirasi berbagai pihak agar lebih menjaga kelestarian lingkungan

    BalasHapus
  12. Keren ini konsistensi Blackmores yang tahun sebelumnya juga mengadakan program ini ya. Semoga terus berkelanjutan dan banyak yg ikut kontribusi juga

    BalasHapus
  13. keren banget program dari blackmores ini. saya berharap program ini bisa terus berkelanjutan sehingga semakin banyak orang yang bisa berpartisipasi dalam upaya melestarikan lingkungan

    BalasHapus
  14. Senang sekali, pertanda baik karena keberhasilan program Blackmores Peduli "Tukar Botol" yang Berhasil Kumpulkan 3.783 Botol Plastik Bekas Vitamin. Semoga lebih banyak lagi yang peduli akan sampah plastik ini.

    BalasHapus
  15. Keren banget yah programnya keren nih semoga laut kita jadi bersih yah

    BalasHapus
  16. Progam tukar botol seperti yang dilakukan Blackmores ini emang patut ditiru, sebagai bentuk kepedulian lingkungan, agar lingkungan kita tetap bisa bersih dan sehat. Semoga program seperti ini akan terus berkelanjutan

    BalasHapus
  17. Banyak juga botol yang ditukarkan ya. Dan senengnya itu bisa berguna jadi tidak langsung dibuan begitu aja

    BalasHapus
  18. Tukar botol kosong dari vitamin kayK blackmores perlu banget, jadi ga sia2 aku punya 7 botol blackmores akhirnya dibuang ke tempat sampah. KLo skg udah tau dgn adanya program ini lebih bersih dan sehat

    BalasHapus
  19. Aku ga sabar program ini berlanjut dan ada di Bogor karena botol Blackmores masih ada nih di rumah. Sayang kalau dibuang begitu saja tanpa di-recycle :")

    BalasHapus