Tips Menjadi Single Mom yang Tangguh



Menjadi ibu tunggal tentu bukan keinginan banyak orang. Namun karena sebuah kondisi, pernikahan harus diakhiri. Bisa karena pasangan meninggal dunia atau mengalami perceraian. Tidak ada yang siap menjadi ibu tunggal. Tapi ketika kondisi memaksa, seorang ibu harus menjalankan rumah tangga sendirian. 


Menjadi ibu tunggal sungguh tidak mudah. Perhatian,waktu dan tenaga ibu harus terbagi antara menjadi pimpinan rumah tangga, pengurus rumah tangga dan pendidik anak. Wajar ada beberapa ibu tunggal yang merasa stress. Tak mengapa jika ibu tunggal merasa lelah dan stress, yang terpenting adalah cepat bangkit dan semangat lagi.


Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh seorang ibu tunggal, yaitu :


1. Jangan merasa bersalah


berpisah dengan pasangan dan menjadi orang tua tunggal bukanlah sebuah kesalahan yang harus disesali. Itu semua adalah pilihan yang sudah ditetapkan. Jauhkan perasaan dari rasa bersalah. Semua keputusan yang sudah diambil tentu hasil pemikiran dan merupakan keputusan yang terbaik. Menatap ke depan lebih baik ketimbang selalu melihat ke belakang. 


2. Miliki rutinitas


Saat menjadi orang tua tunggal, ibu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin nih. Pastikan ibu dan si kecil memiliki jadwal dan rutinitas yang selalu dilakukan. Jika ibu harus bekerja, atur waktu agaar perhatian pada si kecil tidak berkurang. Beri pengertian pada si kecil mengenai kondisi ibu yang harus bekerja. Tentu dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.


3. Jaga pikiran anak


Anak paling terkena dampak dari perpisahan orangtuanya. Saat seorang diri, tentu ibu tunggal harus memikirkan segala sesuatunya seorang diri juga. Ini akan membuat pikiran ibu menjadi  stress dan tertekan. ibu tunggal harus pisahkan pikiran ini dari pikiran si kecil. Jangan biarkan si kecil tahu apa yang terjadi pada ibunya. Ini akan berpengaruh pada mental dan perasaannya.


4. Tunjukkan cinta dan kasih sayang


Terkadang ibu tunggal merasa lelah dan akhirnya marah-marah. Hindari marah-marah pada anak ya. Jika ibu ingin marah, masuk kamar dan kunci pintu kamar. Tenangkan diri sejenak. Selalu tunjukkan cinta, kasih sayang, dan pujian pada anak. Bahkan setelah ibu menegur mereka, pastikan ibu mengakhirinya dengan sesuatu yang mereka sukai. Kecupan atau pelukan misalnya.


5. Bersandar pada orang lain


Ibu tunggal pasti sesekali merasa sedih dan kesepian. Karena itu, bercerita dengan orang lain tentu akan sangat membantu. Bercerita pada teman baik atau keluarga pasti bisa saling mendukung. ibu tunggal bisa mendapat nasihat dan dukungan dari orang-orang tersayang.


Tips ini adalah panduan dan terlepas dari ibu yang seorang orang tua tunggal, ibu perlu ingat bahwa menjadi orang tua adalah pekerjaan terbaik di dunia ini.

4 komentar

  1. Karena ibuku juga merupakan ibu tunggal, jadi nggak asing banget dengan hal ini
    Kunci biar tetap waras, sekalipun tidak ada pendengar selain pasangan, beliau sering curhat saat sedang beribadah, pun kadang cerita banyak hal ke anak-anaknya yang memang sudah pada dewasa semua. walau ada yang kadang dipendam aja sih, alhamdulillah beliau berhasil support anak2nya skalipun saat mendidik 2 anaknya tanpa sayap lain

    BalasHapus
  2. Salut dengan ibu tunggal karena memikul beban sebagai Ayah juga. Semoga semua ibu tunggal diberi kekuatan dan tak lupa beribadah agar hati tenang dan sekeluarga bahagia

    BalasHapus
  3. karena seorang ibu juga manusia yaa, Mba, jadi tak apa bila ia memperlihatkan kesedihannya, namun tentu gak boleh lama-lama karena anak-anak butuh sosok ibu yang selalu ada buat mereka

    BalasHapus
  4. menjadi ibu tunggal ini memang besar sekali ya, mbak tantangannya. perannya dobel-dobel sebagai ibu dan juga pencari nafkah. semoga saja semua ibu tunggal di dunia diberikan kemurahan rezeki dan kemudahan dalam membesarkan anak-anaknya

    BalasHapus