Resep Smoothies Buah dan Sayur untuk Remaja



Punya anak yang bosan atau bahkan malas makan buah? Coba buat smoothies buah aja bun. Anak-anak saya malas makan buah, alasannya adaaaa aja. Kalau disediakan buah potong, ujung-ujungnya saya juga yang makan. Saya coba membuat smoothies dari buah dan sayuran, ternyata mereka suka. Ya sudah akhirnya saya sering membuatkan mereka smoothie buah dan sayuran. 


By the way, banyak orang suka menyamakan smoothies dengan juice. Padahal smothies dan juice ini berbeda ya bun. Jus memiliki tekstur yang cair karena berasal dari sari-sari buah dan sayur yang disaring. Umumnya, jus dibuat dengan menggunakan juicer atau blender. Cara membuat jus pun cukup sederhana dan praktis karena tidak memakai campuran bahan lainnya.


Sedangkan smoothies, memiliki tekstur lebih kental karena tetap menyertakan ampas dari buah dan sayur yang telah dilumatkan. Biasanya, smoothies disajikan dengan mencampurkan bahan lain, seperti susu dan madu. Karena smoothies menggunakan berbagai bahan lain sebagai campurannya, maka minuman ini tentu memiliki kandungan kalori lebih tinggi daripada jus, yang hanya berisi sari buah dan sayur.



Juice mudah diserap tubuh karena tekstur cair dari sari buah dan sayurannya. Sedangkan smoothies memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena tekstur kental dan tambahan bahan lainnya. Smooties cocok untuk mereka yang sibuk. Seperti anak saya yang sibuk kuliah dan mengerjakan project pribadinya. Tambahan sayuran dalam smoothies juga bermanfaat buat anak saya yang susah makan sayuran. 


Smoothies dan juice sama-sama mengandung vitamin dan mineral ya bun. Kandungan nutrisinya tinggi karena terbuat dari buah dan sayuran segar. Ini beberapa resep smoothies yang saya buat. Resep ini saya dapat dari hasil browsing ke banyak website kuliner. Resep ini untuk 1 porsi ya. Yuk dicoba bun.


Smoothies Kiwi Apel

Bahan:

1/2 buah kiwi

1/2 buah mentimun beku

1/2 buah apel hijau beku

3 potong nanas kecil beku

3 lembar daun sawi, dicuci bersih dengan air garam

segelas air matang


Cara membuat smoothies kiwi apel:

1. Masukkan semua bahan ke blender.

2. Haluskan semua bahan dengan blender hingga halus.

3. Tuang ke gelas. Sajikan.



Smoothies Mangga Alpukat

Bahan:

1 cangkir kecil potongan daging mangga

1/2 cangkir es krim rasa mangga/vanilla

1/4 bagian daging alpukat ukuran sedang

1/4 cangkir skim milk

2 sdm madu

2 sdm air lemon

1/4 cangkir es baru


Cara membuat smoothies mangga alpukat:

1. Campur semua bahan menjadi satu dalam blender, lalu haluskan hingga semua bagian lembut.

2. Tuang ke dalam gelas, beri hiasan berupa potongan daging mangga pada bibir gelas sebelum disajikan.


Smoothie Sayur dan Apel

Bahan :

125 ml sari jeruk (bisa diganti dengan air kelapa murni)

Secangkir daun bayam

Secangkir timun yang sudah diiris tipis

¾ cangkir daun seledri

Satu buah apel merah (kira-kira 200 gram) yang sudah dipotong-potong

Es batu secukupnya


Cara membuat:

Campurkan semua bahan ke dalam blender dan hancurkan sampai lumat. Sajikan selagi dingin.


Smoothies Wortel Tomat Yogurt

Bahan:

200 ml air

2 buah wortel

1 bungkus yogurt plain

2 buah tomat


Cara membuat smoothies wortel tomat yogurt:

1. Cuci bersih buah wortel dan tomat lalu potong dan masukkan ke blender.

2. Masukkan air dan blender sampai halus.

3. Saring hasil blender dan tuang dalam gelas.

4. Tambahkan yogurt cair.

5. Minum dalam keadaan dingin.



9 komentar

  1. Wah, rekomendasi Kiwi Apel dan Mangga alpukat ini jadi pen coba. Mangga dan Alpukat ini lhooo, kan nyebrang itu tastenya. Makin penasaran. ingin cobaaa.. Terima kasih rekomendasinya, Mba :)

    BalasHapus
  2. jadi pengen buat smoothies, kuncinya di buah beku ya kak? duh jadi pengen beli blender baru. Tapi aku penasaran, antara smooties dan cold press juice bagusan yang mana ya mbak yayat?

    BalasHapus
  3. Smoothies memang lebih banyak diminati karena efek kenyang yang lebih lama, smoothies kiwi apel sepertinya cocok untuk dimakan siang hari, sangat segar dan meningkatkan semangat beraktifitas ya bund

    BalasHapus
  4. Wuih, liat foto-fotonya aja udah sueger banget. Bikin kemecer dan auto pengin bikin jugak. Menyehatkan sekali smoothies ini ya. Biasanya aku n family cuma buat juice buah aja sih. Fix, agenda selanjutnya mau nyobain resep smoothies mba Yayat yang wortel tomat yogurt ah. So simple..

    BalasHapus
  5. Kalau yang paling aku ingat saat dulu membuat smoothies itu adanya campuran es batu dan yogurt atau bisa juga pakai susu. Kalau jus biasa, biasanya cuma buah-buahan dicampur sayur. Sebenernya agak tricky bikin smoothies dari campuran dua buah atau sayur, takut rasanya gak enak karena nggak tahu takarannya. Jadi aku lebih suka beli kalau smoothies yang mix daripada membuatnya sendiri di rumah.

    BalasHapus
  6. Kak itu buahnya emang kudu dibekukan dulu sebelum masuk blender? Atau enggak harus?
    Makasih resepnya yaaa mau nyontek soalnya 2023 mau hidup sehat dengan konsumsi buah dan sayur serta nyoba bikin smoothies sendiri.

    Ada rekomendasi merek blender, Kak?

    BalasHapus
  7. Dengan banyak manfaat baik tsb, semoga suatu hari smoothies bisa sebiasa juice yang mudah ditemukan di banyak jenis warung.
    Sepertinya akan tetap ada yg rela membayar lebih mahal dari juice, timbang coba-coba resep sendiri

    BalasHapus
  8. wahh makasih resepnya, Mba. Jadi tertarik pengen coba buat smoothies mangga dan alpukat kebetulan sekarang lagi musim dua buah itu di sini

    BalasHapus
  9. kalau bikin smoothies ini harus ada sayurnya ya, mbak. ini bisa sih dicoba buat yang nggak doyan sayur cuma modalnya besar kayaknya soalnya banyak buahnya. he

    BalasHapus