Lima Alasan Siswa Memilih Masuk SMK



Banyak orang tua yang bingung menentukan jurusan untuk anaknya yang ingin masuk SMK karena jurusan di SMK itu puluhan jenisnya. Salah masuk jurusan berakibat anak kesulitan mengikuti pelajaran. Apalagi pelajaran di SMK lebih banyak praktek ketimbang teori, karena siswa lulusan SMK memang dipersiapkan untuk bisa bekerja.


Saya punya 3 anak yang semuanya lulusan SMK. Saya sendiri juga dulu bersekolah di SMK (di masa saya namanya SMEA). Saya memilih memasukkan anak saya ke SMK karena pertimbangan mereka akan cepat mandiri dan bisa cepat bekerja. Tentu saya berdiskusi dulu dengan anak-anak saya dan mereka memang lebih suka masuk SMK.


Berdasarkan pengalaman saya, saya melihat minat anak-anak saya sebelum memutuskan masuk ke jurusan apa. Anak sulung saya masuk ke SMK pariwisata dan memilih jurusan perjalanan wisata. Karena dia suka bergaul dan suka travelling. Sementara anak tengah dan anak bungsu memilih jurusan animasi karena mereka menyukai dunia digital. Selain itu mereka juga suka menggambar anime serta membuat video.



Dari puluhan jurusan yang ada di SMK, ada lima jurusan yang punya peluang besar di masa depan. Ini bisa menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih jurusan untuk anaknya. Lima jurusan itu adalah :


1. Jurusan animasi dan multimedia


Saat ini hampir semua sektor menggunakan cara digital seiring berkembangnya dunia digital. Karena itu lapangan kerja terbuka luas untuk mereka yang mempunyai kemampuan di bidang digital. Banyak perusahaan membutuhkan desain grafis, animator atau programmer. Jika anak suka mengutak atik program atau menggambar, jurusan ini cocok untuk mereka. Jika anak suka bermain game, bisa masukkan mereka ke jurusan ini juga, karena banyak peluang kerja untuk pembuat program game. 


2. Farmasi


Dunia kesehatan membutuhkan tenaga medis yang kompeten dan ahli di bidangnya. Tingginya kebutuhan medis akan para tenaga ahli farmasi membuat para lulusan jurusan farmasi selalu dibutuhkan setiap tahunnya. Lulusan SMK farmasi sudah tidak diragukan lagi bakal memiliki profesi yang potensial di dunia medis. Walau lulusan SMK Farmasi disarankan meanjutkan kuliah untuk makin memperdalam ilmu farmasi, namun jika ingin terjun langsung ke lapangan pun, lulusan SMK Farmasi bisa diandalkan.



3. Pariwisata


Pandemi memang memukul usaha pariwisata. Namun sekarang dunia pariwisata mulai bangkit lagi. Semakin berkembangnya sektor pariwisata belakangan ini juga membuat para lulusan pariwisata akan semakin banyak dibutuhkan. Apalagi banyak orang yang hobi jalan-jalan dan banyak negara memasukkan sektor pariwisata sebagai pendapatan utama negaranya. Lulusan jurusan pariwisata juga bisa bekerja secara mandiri misalnya menjadi tour guide, dengan demikian bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.


4. Tata Boga


Dunia kuliner tidak akan mati selama orang masih membutuhkan pangan setiap hari karena itu tenaga kerja di bidang kuliner selalu dibutuhkan. Lulusan tata boga bisa bekerja di hotel atau restoran. Keahlian masak yang diajarkan di sekolah juga bisa membuat lulusan tata boga membuka bisnia kuliner sendiri. 


5. Tata Busana


Industri fashion selalu mengalami perkembangan dan tren berbeda setiap tahunnya. Maka para lulusan tata busana akan selalu memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Jika anak suka dengan fashion dan berniat menjadi seorang desainer, pastikan langkah anak dimulai sejak awal dengan memilih jurusan Tata Busana.


Nah itu lima jurusan yang punya prospek cerah di masa depan. Namun perlu diingat, jangan memaksakan kehendak pada anak. Jika anak masuk ke jurusan yang tidak ia minati, maka proses belajarnya akan terganggu. Biarkan anak memilih jurusan yang ia mau. Orang tua boleh mengarahkan namun tidak boleh memaksakan kehendak. 


8 komentar

  1. Sepertinya SMK jurusan animasi & multimedia sekarang lagi banyak peminatnya ya mba .. Beberapa anak teman dan kerabat yg sekolah SMK memilihnya jurusan itu. Tapi, apapun jurusannya insyaallah bisa sukses jika sesuai dengan minat dan bakat anak ya mba...

    BalasHapus
  2. Saya tuh penasaran ya, Mbak Yayat, dari sekian banyak jurusan yang ditawarkan SMK ini, jurusan mana yang memasukkan ilmu kewirausahaan ke kurikulumnya?

    BalasHapus
  3. Alhamdhulilah sekarang kualitas SMK udh makin baik ya mbak. Kuqlitas lulusanya pun ga kalah dr anak SMA. Aku sendiri udh 3tahun ngajar di Sekolah Vokasi di Undip mbak dia setara D4 nanti lulusannya setara dengan S1 hanya disebut sarjana ilmu terapan. Jurusannya beragam dan aplikatif bgt dgn dunia kerja saat ini. Ada mata kuliah kewirausaahn juga jd bisa mempwesiapkan mereka jd.pengusaha juga

    BalasHapus
  4. Baca artikel dr mba Yayat sambil ngebayangin pendidikan buat anak nih mba.. Wah padahal anak saya masih TK tp pikiran saya udah melayang sampai jauh haha yah karena menurut saya pendidikan krusial bgt dan harus dipikirkan secara matang sejak jauh hari. Tapi apapun itu yang jelas dana pendidikan harus ada jelas itu hihi..

    BalasHapus
  5. saya selalu kagum pada lulusan SMK. Di saat lulusan SMA belum punya keahlian yang bisa dipakai dalam dunia kerja, lulusan SMK udah siap terjun ke dunia kerja

    BalasHapus
  6. Smk sekarang bagus² jurusannya dan kualitasnya. Pas zaman mau milih sma malah bingung soalnya smk nya gak sebagus sekarang. Ilmunya juga lebih terassh dan praktiknya juga.

    BalasHapus
  7. Cita-cita anakku ini, dulu masuk ke manajemen perkantoran, karena SMK punya bidang yang satu ini, dan ini keren banget

    nah sekarang si bontot yang bercita cita masuk SMK jurusan animasi

    BalasHapus
  8. jaman saya dulu SMK yang jadi incaran itu SMK Telkom sama Farmasi. Kalau SMK yang umum rasanya masih belum dilirik. Tapi kalau sekarang kayaknya SMK juga sudah semakin bagus ya mbak lulusannya jadi bisa jadi pilihan jika anak sudah tahu bakat dan minatnya di mana

    BalasHapus