Jangan Remehkan Nyeri Wajah Sebelah (Trigeminal Nueralgia), Segera Obati di RS Pusat Otak Nasional



Punya kondisi badan yang selalu sehat adalah keinginan semua orang, tapi apa daya terkadang sakit kita alami juga. Beruntung jika hanya sakit ringan, namun banyak orang mengalami sakit parah hingga bertahun-tahun dan harus menjalani proses pengobatan yang lama dengan biaya yang tidak sedikit. Sakit parah dan lama ini membuat penderitanya kerap mengalami depresi. Salah satu penyakit yang parah dan membuat penderitanya sangat menderita adalah nyeri di satu sisi wajah atau Trigeminal Neuralgia. 

Banyak orang yang masih awam dengan penyakit ini, termasuk saya. Makanya saya senang sekali hadir di Blogger Gathering yang diadakan oleh Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) beberapa waktu lalu. Talkshow ini membahas tentang Trigeminal Neuralgia dan pengobatan melalui operasi Micro Vascular Decompression (MVD). Hadir sebagai narasumber di acara tersebut adalah dr. Adi Sulistyanto, SpBS, FINPS dan dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS yang merupakan dokter spesialis bedah saraf di RS PON,  juga Bapak Abdullah dan Ibu Novita penyintas Trigeminal Neuralgia yang sembuh dengan MVD di RS PON. 

Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kepedulian Trigeminal Neuralgia Sedunia yang jatuh pada tanggal Okober 2022. Edukasi mengenai Trigeminal Neuralgia gencar dilakukan karena penyakit ini bisa memicu bunuh diri akibat penderitanya mengalami depresi. Rasa nyeri luar biasa dan rasa tersayat yang dirasakan oleh penderitanya menimbulkan kecemasan dan stress berkepanjangan.
 



dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS Direktur RS PON ketika membuka acara mengatakan bahwa RS PON adalah rumah sakit khusus syaraf dan otak yang menjadi rujukan nasional. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa banyak penderita Trigeminal Neuralgia yang datang ke rumah sakit setelah mengalami nyeri bertahun-tahun. Bila orang mengalami nyeri di salah satu sisi wajah maka ia tak bisa produktif dan mengalami penurunan kualitas hidup. 

Bebas dari rasa sakit adalah hak asasi manusia. Jika permasalahan tidak diatasi maka pasien bisa mengalami nyeri seumur hidup. Akibatnya pasien akan merasa putus asa dan depresi. Penanganan jika nyeri sudah di kondisi parah bisa menimbulkan komplikasi. Karena itu datanglah ke rumah sakit untuk didiagnosis dan dilakukan pengobatan, lanjut dokter Mursyid.

Apa sih Trigeminal Neuralgia itu?


dr. Adi Sulistyanto, SpBS, FINPS menjadi pembicara pertama yang menjelaskan tentang Trigeminal Neuralgia. Trigeminal Neuralgia adalah nyeri di satu sisi wajah yang disebabkan oleh gangguan pada saraf Trigeminal (saraf kepala). Gangguan ini menyebabkan rasa nyeri yang amat sangat jika dipicuoleh kegiatan sehari-hari yang seharusnya tidak menimbulkan rasa nyeri. Bahkan sentuhan selembar rambut dan hembusan angin saja bisa membuat penderitanya menderita. 




Banyak penderita Trigeminal Neuralgia yang datang terlambat ke rumah sakit. Ia dirujuk setelah mengalami nyeri bertahun-tahun. Keterlambatan ini salah satunya disebabkan oleh salah diagnosis dan penderitanya tidak mengetahui penyakit Trigeminal Neuralgia. Gelaja Trigeminal Nueralgia memang mirip dengan gejala penyakit lain seperti migrain, nyeri kepala tension, sakit gigi, glaucoma, sinusitus dan lain-lain. 

Waspadai jika penderita mengalami ciri-ciri di bawah ini, karena ini adalah gejala Trigeminal Neuralgia :

1. Seperti kesetrum, disayat benda tajam, ditusuk.
2. Terasa di area wajah sesuai dengan cabang saraf trigeminal, yaitu dahi, mata, dan dagu. Bisa pada sebagian atau keseluruhan daerah setengah wajah.
3. Aktivitas mengunyah, minum, mencukur jenggot, memakai make up, minum, gosok gigi, berbicara, terkena angin dingin, tertawa dan lainnya, dapat memunculkan nyeri luar biasa.
4. Bisa berlangsung berhari-hari, minggu dan bahkan berbulan-bulan lamanya.
5. Nyeri dapat juga terasa tumpul dan menetap (jenis atipikal).
6. Umumnya terasa hanya di salah satu sisi wajah.

dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS menjadi pembicara kedua yang menjelaskan pengobatan Trigeminal Neuralgia dengan operasi Micro Vascular Decompression (MVD). dr. Mustaqim mengingatkan bahwa Trigeminal Neuralgia bisa disembuhkan dengan metode penyembuhan yang tepat. Salah diagnosis menyebabkan akar permasalahannya tidak ditangani dan akhirnya menyebabkan nyeri berkepanjangan. 




Karena itu dr. Mustaqim menyarankan pasien untuk mencari second option jika menderita penyakit yang mirip dengan Trigeminal Neuralgia. Pasien itu seperti puzzle yang diagnosisnya dilakukan bersama-sama agar pengobatannya maksimal. Urutan pengobatan yang dilakukan di RS PON adalah :

1. Konsultasi dokter mencakup pemeriksaan fisik dan neurologis secara komprehensif untuk menentukan penyebab dan menegakkan diagnosis TN.  
2. Pemeriksaan penunjang radiologis (+neurodiagostik) untuk memastikan ada tidaknya penekanan pada saraf trigeminal dan struktur yang menyebabkan penekanan. 
3. Pengobatan berupa MVD atau intervensi nyeri sesuai indikasi. Dokter akan menyusun pengobatan yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan.
4. Kontrol berkala, prosedur ini dapat membantu dokter mengevaluasi kemajuan dari tindakan yang telah dilakukan.




Mengapa harus operasi Micro Vascular Decompression?


Penyebab Trigeminal Neuralgia adalah gangguan pada saraf Trigeminal. Setelah melalui diagnosis dan pemeriksaan medis, dokter akan menyarankan pasien menjalani operasi MVD untuk mengatasi masalah utama penyebab nyeri. MVD adalah sayatan kecil di belakang telinga untuk membebaskan saraf trigeminal yang tertekan oleh pembuluh darah sehingga dapat menghilangkan nyeri. Pada MVD, pembuluh darah yang berhubungan dengan saraf trigeminal akan diangkat atau dipindahkan, lalu akan diberikan sebuah bantalan (teflon) yang ditempatkan di antaranya sehingga pembuluh darah tidak menekan saraf trigeminal lagi dan rasanya nyeri akan hilang. 

Bedah Micro Vascular Decompression disebut juga The Happy Surgery karena : 
- Dilakukan oleh tim dokter spesialis bedah saraf yang berpengalaman dalam menangani kasus trigeminal neuralgia.
- Hanya memerlukan sayatan kecil di belakang telinga.
- Dipandu dengan Intraoperative Monitoring (IOM) yang dilakukan oleh spesialis saraf ahli neurofisiologi untuk mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi.
- Menggunakan alat canggih navigasi 3D untuk perencanaan pra-bedah dan panduan saat pembedahan agar tepat sasaran dan mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan sehingga tingkat keberhasilan tindakan menjadi lebih optimal.
- Masing-masing perangkat berteknologi yang digunakan selama proses MVD berlangsung, dimonitor oleh tim dokter yang kompeten.
- Bedah mikro ini dapat membebaskan saraf trigeminal yang tertekan oleh pembuluh darah sehingga dapat menghilangkan nyeri.




Dengan faktor-faktor inilah banyak pasien sembuh dengan MVD di RS PON. Seperti yang dialami oleh bapak Abdullah dan ibu Novita. Bapak Abdullah mengalami nyeri yang luar biasa di sisi kanan wajahnya. ia mengalami nyeri ini selama 7 tahun. Berkali-kali berobat ke dokter dan diagnosisnya adalah sakit gigi. Pak Abdullah sungguh stress dan merasa depresi karen tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Akhirnya pak Abdullah dirujuk ke RS PON untuk diperiksa sarafnya. Pengobatan intensif ia lakukan karena ingin kesembuhan. Akhirnya setelah menunggu jadwal selama 7 bulan, pak Abdullah menjalani operasi MVD. Setelah operasi, nyerinya hilang dan pak Abdullah bisa beraktifitas lagi. Hal yang sama dialami ibu Novita. Ia juga menderita nyeri di satu sisi wajah. Ia berobat kemana-mana namun tak sembuh juga. Akhirnya ia menjalani pengobatan intensif di RS PON. Pada Desember 2021 ibu Novita melakukan operasi MVD. Sejak itu ia tak mengalami nyeri lagi.

Apakah resiko terkena Trigeminal Neuralgia bisa diminimalisir? Bisa, caranya adalah dengan menjaga tekanan darah, menjaga kesehatan pembuluh darah dan menjalani pola hidup sehat. Kemudian ketika merasa nyeri, segera berobat ke dokter dan cari informasi dari sumber yang tepat,agar masalah nyeri bisa segera diatasi. Jangan biarkan nyeri ini berkepanjangan, segera cari solusi terbaik di bedah saraf RS PON.  



5 komentar

  1. Aku baru tau ada penyakit ini mungkin kaitannya memang dengan syaraf ya kayak stroke itu kan memang ada kaitan sama gangguan otot dan syaraf. Makasih informasinya Kak semoga sehat selalu

    BalasHapus
  2. Aku baru tau dan dengar penyakit ini. Kalau hanya sering sakit kepala sebelah aja masih aman ya? Kadang2 jari2 tangan kesemutan. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya, AMIN 🙏

    BalasHapus
  3. Serngkali yang terlupakan oleh kita adalah pola hidup sehat.
    Rasanya sakit jadi mudah menempel kalau kita kurang memperhatikan apa yang kita makan dan minum setiap hari.

    Alhamdulillah,
    Kini jadi tahu mengenai penyakit Trigeminal Neuralgia dari mulai gejala hingga pengobatannya.
    Terima kasih, kak.

    BalasHapus
  4. Saat tahu info tentang penyakit Trigeminal Neuralgia aku tuh smpe was was karena sering ngalamin sakit gigi gejala awalnya katanya mirip kalau bisa sembuh saat kita minum obat masih aman tapi kalo sudah minum obat gejalanya berlanjut itu harus diwaspadai.alhamdulilah ada MVD pasien bisa disembuhkan

    BalasHapus
  5. Sebegitu dahsyatnya Trigeminal Nueralgia, maka kita harus mengenal gejala dan cara penangananya. Serta gercep bertindak membawa ke RS .

    BalasHapus