Lima Tips agar Pakaian Lama Tetap Awet dan jadi Favorit



Teman-teman punya pakaian lama yang tetap jadi favorit nggak? Saya punya. Enam tahun lalu saya beli 2 kulot atau rok celana batik. Kedua rok celana batik ini saya beli di pasar Beringharjo Yogyakarta. Kalau menyambangi Jogja saya sering blusukan ke pasar Beringharjo dan sering menemukan pakaian dengan motif batik yang cantik, harganya juga murah. Lucky me menemukan dua kulot yang jadi favorit saya sampai sekarang.


Rok celana batik ini saya pakai di acara kasual dan acara resmi. Jika acaranya kasual, saya pakai dengan padanan kaos ditambah syal batik. Namun jika acaranya adalah resmi, saya padukan dengan kebaya modern. Masa dibeli 6 tahun lalu dan masih muat dipakai di badan saya? Syukurnya masih muat dan warna kain batiknya juga tidak pudar. Masih cerah seperti awal saya membelinya. 



Saya memang rajin merawat baju-baju yang saya miliki supaya kainnya awet dan warna serta motifnya tetap cerah. Nggak rumit kok, hanya perhatikan teknik mencuci dan menyimpannya. Saya bagikan tipsnya ya.


1. Sortir pakaian yang akan dicuci


Ketika mencuci, pastikan kita memisahkan baju yang mudah luntur supaya pakaian favorit tidak terkena noda luntur. Pisahkan juga dengan pakaian lain yang bahannya kasar seperti celana jeans. Pakaian berbahan kasar akan menggesek kain yang lebih lembut hingga kain menjadi cepat tipis dan tidak awet. Pisahkan juga dengan pakaian yang mempunyai resleting yang tajam, karena resleting tajam bisa mengoyak kain yang bahannya lembut.


2. Jangan terlalu banyak memasukkan baju


Kapasitas mesin cuci cukup besar tapi jangan mencuci baju terlalu banyak sekaligus. Memang mencuci bisa cepat selesai jika semua pakaian sekaligus dicuci. Tapi hal ini membuat baju banyak mengalami gesekan sehingga kain cepat rusak. Selain itu baju yang dicuci juga jadi tidak terlalu bersih. Cucilah baju tanpa melebihi batas maksimal kapasitas mesin cuci.


3. Gunakan deterjen dan pelembut pakaian secukupnya


Banyak deterjen tidak berarti membuat pakaian bersih, melainkan membuat pakaian kusam dan kaku karena sisa deterjen menempel di pakaian. Gunakan deterjen secukupnya saja. Sebagai panduan, bacalah aturan penggunaan deterjen yang tertera pada kemasan.


Pelembut kain bisa membuat kain lembut dan tahan lama. Kandungan pelicin yang ada di dalamnya membuat serat kain lebih mudah bergesekan satu dengan yang lain dan membuat kain jadi lebih lembut. Pengurangan gesekan membuat kain jadi lebih awet.


4. Jemur pakaian


Jika mencuci tanpa mesin, kuceklah pakaian dengan lembut. Saya mencuci menggunakan mesin. Namun saya gunakan pengering pakaian hanya selama 2 menit. Jadi sekedar mengurangi air perasan cucian saja. Sebaiknya jangan lama-lama mengeringkan pakaian menggunakan pengering, karena bisa membuat warna kain cepat pudar. 


Kemudian jemur di bawah sinar matahari dengan membalik pakaian. Jadi bagian luar pakaian ada di dalam. Pindahkan ke area teduh jika sinar matahari terlalu panas. Matahari yang terlalu terik akan cepat membuat kain pudar.



5. Simpan pakaian 


Setelah pakaian kering, setrika dan lipat pakaian lalu simpan di lemari yang bersih. Jaga lemari agar tidak lembab karena lemari yang lembab akan mengakibatkan jamur pada pakaian. 


Molto Korean Strawberry, Pelembut dan Pewangi Pakaian yang #wanginyabikinjatuhcinta


Untuk pewangi pakaian dan pelembut pakaian, saya gunakan Molto Korean Strawberry. Ini adalah produk pelembut dan pewangi pakaian korea terbaru dari Unilever, sebuah produsen perlengkapan rumah tangga. Saya suka sekali dengan wangi Molto Korean Strawberry yang harum banget. Wangi segar dan romantis nempel di baju bahkan setelah disimpan dalam lemari. Lemari jadi ikutan wangi. 


Nggak heran Molto Korean Strawberry wanginya awet karena Molto Korean Strawberry 7 kali lebih wangi dan 7 kali anti bau dengan aroma segar strawberry. Selain melembutkan pakaian, wangi Molto Korean Strawberry ampuh menghilangkan 7 jenis bau membandel yaitu bau keringat, bau apek, bau asap, bau amis, bau badan, bau bawang dan bau polusi. Tersedia dalam kemasan 680 ml.


Molto Korean Strawberry aman digunakan sebagai pelembut pakaian (bayi/anak/keluarga) dan pewangi pakaian (bayi/anak/keluarga). Buat saya, Molto Korean Strawberry adalah pelembut pakaian terbaik dan pewangi pakaian terbaik. Karena Molto Korean Strawbery wanginya manis dan menyegarkan, #wanginyabikinjatuhcinta deh. Molto Korean Strawberry membuat rok celana saya awet, lembut dan warnanya tidak pudar.



Selain Molto Korean Strawberry, Unilever juga punya produk lain yang bernuansa Korean Strawberry yaitu :


1. Superpell Korean Strawberry untuk mengepel lantai. Wanginya menyegarkan terinspirasi dari kemewahan Korean Strawberry. Wanginya tahan lama hingga 8 jam. Punya teknologi power clean yang membuat lantai kilau higienis maksimal. 


2. Sunlight Extra Korean Strawberry untuk mencuci perlengkapan makan. Membersihkan lemak dengan kesegaran Korean Strawberry yang menyegarkan dan #WANGINYABIKINJATUHCINTA. Tangguh bersihkan lemak membandel dengan ekstrak jeruk nipis asli. Piring jadi bersih, kesat dan makin segar. Harga hanya Rp13,500 saja.


3. Rinso Korean Strawberry Powder untuk mencuci pakaian. Tersedia dalam kemasan 700 gr. Memiliki 8 keunggulan yaitu : 

- Hilangkan bau tak sedap & bau apek pada pakaian 2. Hilangkan noda hanya 1x kucek.

- Jaga warna pakaian tetap cemerlang.

- Surfaktan mudah terurai.

- Mengandung ekstra pelembut, membuat serat kain lembut & halus.

- Lembut & tidak panas di tangan.

- Wangi Molto tahan lama hingga 21 hari.

- 99.99% efektif bunuh bakteri dan virus.


Semua produk Unilever ini bisa dibeli secara online di E-commerce (Tokopedia, Shopee dan JD.ID) & Supermarkets. Yuk mencuci dengan benar agar pakaian lama tetap awet dan selalu jadi pakaian favorit.


1 komentar

  1. Mbaaa.. aku naksir euy sama celana batiknya cakep banget. Beli di mana hehe. Aroma dari Molto Korean Strawberry ini emang seger dan naikin mood banget ya Mba, mana tahan lama lagi. Sunlight nya jugaaa bikin cuci piring lebih semangatt.

    BalasHapus