Wedang Uwuh, Minuman "Sampah" Kaya Manfaat

dok.kompas.com

Januari 2020, sore itu gerimis tipis. Saya duduk santai menikmati suasana di sebuah restoran berlantai dua. Restoran ini ada di Jalan Malioboro, jalan terkenal di Yogyakarta. Setiap saya ke Yogyakarta, saya selalu menyambangi kawasan Jalan Malioboro. Saya suka keramaiannya. Keramaian yang mungkin hilang saat pandemi menyerang.

Di hadapan saya ada meja terbuat dari papan panjang. Papan menempel pada pagar besi yang menjadi penghalang sekaligus pengaman pengunjung yang ada di balkon lantai dua restoran. Di atas meja, ada segelas wedang uwuh panas yang saya pesan beberapa menit sebelumnya. Wedang uwuh disajikan dalam gelas bening berukuran besar. Sepiring kecil pisang goreng juga saya pesan sebagai cemilan.

Wedang uwuh adalah minuman yang wajib saya minum ketika di Yogyakarta. Rasa wedang uwuh sungguh khas. Ada manis, pedas dengan aroma bermacam rempah yang ada di dalamnya. Meminumnya membuat saya menemukan energi yang hilang setelah lelah berkegiatan seharian. Badan segar setelah meminum segelas wedang uwuh yang kaya dengan khasiat. 

 

dok.yayat


Minuman "Sampah" yang Kaya Manfaat


Wedang uwuh adalah racikan minuman kesehatan khas Yogyakarta. Minuman ini mudah ditemui dan dijual dengan beraneka merk. Wedang uwuh diracik oleh industri rumahan. Saya kerap membeli wedang uwuh di pasar Beringharjo, kawasan Malioboro. Di pasar ini tersedia wedang uwuh berbentuk racikan asli dan bubuk.

Wedang uwuh berisi berbagai macam rempah. Ada serutan kayu secang, potongan jahe, pala, kayu manis, cengkeh, potongan sereh, kapulaga serta gula batu untuk rasa manis. Sepintas terlihat seperti sampah, makanya wedang uwuh kerap disebut minuman sampah. Paduan rasa berbagai rempah inilah yang menjadikan wedang uwuh rasanya otentik original aestetik dan penampakannya cantik (halah). Seduh dengan air mendidih agar semua bahan tercampur maksimal.

Manfaat wedang uwuh banyak sekali, saya berikan lima diantaranya yaitu :


1. Antioksidan


Antioksidan dibutuhkan untuk mencegah penyakit kronis. Secang dan cengkeh dalam racikan wedang uwuh mengandung antioksidan alami yang bisa menangkal radikal bebas. Eugenol yang terkandung dalam cengkeh menghentikan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas lima kali lebih efektif daripada vitamin E atau antioksidan kuat lainnya.

 

dok.kompas.com


2. Anti inflamasi


Wedang uwuh dapat meminimalisir peradangan yang bisa menjadi masalah jika kronis. Kayu manis dan kapulaga dalam wedang uwuh punya sifat anti inflamasi yang kuat. Anti inflamasi, ditemukan berlimpah di kapulaga dan mampu melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan peradangan yang terjadi.

3. Membuat pencernaan lancar


Secangkir wedang dengan sereh dapat menjadi obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Minyak atsiri daun serai yang bisa dimasukan pada wedang uwuh, dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol.

4. Melawan infeksi bakteri dan jamur


Cinnamaldehyde, salah satu komponen aktif utama kayu manis dalam wedang uwuh, dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis ini telah terbukti efektif mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur. Sifat anti bakteri juga terdapat dalam kandungan rempah pala. Pala telah terbukti memiliki efek antibakteri terhadap strain bakteri yang berpotensi berbahaya.

 

dok.freepik.com 


5. Menstabilkan gula darah


Jahe dalam wedang uwuh ternyata mampu meningkatkan gula darah puasa pada penderita diabetes. Tidak hanya rempah jahe, menurut penelitian, pala dan cengkeh juga punya senyawa yang dapat membantu mengendalikan gula darah.

Harga Murah Meriah, Membuat Sejahtera


Harga racikan wedang uwuh teramat murah. Satu pak wedang uwuh berisi 10 bungkus, bisa dibeli dengan harga 15 ribu rupiah di pasar Beringharjo. Ketika saya sedang blusukan ke kawasan Imogiri, sepanjang jalan menuju pemakaman Imogiri banyak penjaja wedang uwuh. Harganya malah lebih murah, 10 ribu untuk 10 bungkus kecil wedang uwuh.

Harga murah ini dimungkinkan karena bahan untuk meracik wedang uwuh mudah didapat. Penjual wedang uwuh banyak yang menanam bahannya sendiri. Seperti yang saya lihat di kawasan Imogiri. Halaman belakang dan depan rumah penjualnya penuh dengan tanaman rempah. Sungguh menyenangkan untuk dilihat sekaligus membuat lingkungan terjaga.


dok.yayat



Saya sempat ngobrol dengan mbok penjual wedang uwuh di pinggiran jalan Imogiri, harga wedang uwuhnya murah, apa dirinya bisa mendapat untung. Si mbok lanjut usia namun masih terlihat sehat ini mengatakan, ia sudah berpuluh tahun menjual racikan wedang uwuh. Alhamdulillah bisa hidup nyaman dan bahagia hingga sekarang.

Terkadang bagi kita yang hanya mengejar materi, keuntungan beberapa ratus perak tak akan dilirik. Mana bisa kaya kalau jualan untuknya cuma dua ratus perak. Namun si mbok membuktikan, keuntungan yang teramat minim bisa menjadikan hidupnya bahagia dan sejahtera, jika prosesnya dijalani dengan ikhlas hati. 

uk dukung majunya komoditas lokal yang bisa membuat masyarakat sejahtera. Salah satu caranya, beli wedang uwuh tanpa menawar.

2 komentar

  1. wedang uwuh nikmat dan juga berkhasiat untuk tubuh yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. minuman kesehatan alami yang pastinya aman buat badan yaaaa

      Hapus