7 Manfaat Kopi, dari Menenangkan Hingga Antioksidan


Minum kopi sejatinya bukan hanya untuk menghilangkan kantuk, namun kopi juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengurangi resiko diabetes, membantu mencegah kanker sampai membantu mencegah penyakit jantung. Saya kerap minum kopi untuk menenangkan diri, terlebih di situasi pandemi seperti sekarang.

Sudah tiga bulan ini saya di rumah saja. Biasanya hampir tiap bulan saya bertugas keluar kota. Masa pandemi membuat kegiatan bepergian saya terhenti. Saya ikhlas saja demi ikut menghentikan penyebaran virus Covid-19. Saya putuskan juga mengikuti himbauan pemerintah untuk tak keluar rumah kecuali untuk urusan penting, itupun dengan perlengkapan kesehatan untuk keamanan diri.

Tinggal di rumah aja, memang kadang membosankan untuk orang yang biasa bepergian seperti saya. Saya hilangkan kebosanan itu dengan rutinitas memasak, berolahraga dan minum kopi. Ya saya suka sekali minum kopi. Tiga bulan tanpa ngopi di cafe merupakan rekor buat saya. Ngopi di rumah ternyata sama enaknya.


Minum kopi itu menenangkan. Terlebih di situasi saat ini yang gampang membuat panik. Saya biasa minum kopi setelah makan siang. Biasanya makan membuat saya ngantuk. Namun masih ada pekerjaan yang harus saya lakukan. Seruput kopi nikmat membuat kantuk saya hilang.

Banyak sekali manfaat kopi, di antaranya adalah :
1. Anti diabetes dan penyakit jantung karena kopi mengandung asam klorogenat yang berhubungan dengan penurunan resiko penyakit jantung dan diabetes.
2. Antioksidan, kafein dalam kopi mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit terutama kanker.
3. Daya ingat dan kemampuan kognitif, mengonsumi kopi setiap pagi membuat orang cenderung punya kemampuan kognitif dan daya ingat lebih baik daripada yang tidak minum kopi.
4. Mengontrol berat badan, kafein dalam kopi bisa menstimulasi terjadinya termogenesis yaitu proses pengubahan makanan menjadi panas dan energi dalam tubuh. Karenanya berat badan dapat dikontrol.
5. Meredakan nyeri otot, kafein dalam kopi dapat meredakan gejala sakit otot yang biasa muncul setelah berolahraga.
6. Mencegah penyakit Alzheimer, penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kopi bisa menyebabkan penurunan resiko penyakit Alzheimer.
7. Mengobati sakit kepala, kafein dalam kopi bisa memberi efek menenangkan pada pembuluh darah sehingga mengurangi dan membantu meredakan sakit kepala.


Kondisi pandemi membuat saya rajin membaca artikel soal kesehatan. Dengan membaca artikel kesehatan, saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan agar saya dan keluarga tetap sehat. Kebanyakan artikel kesehatan yang saya baca adalah yang berhubungan dengan kebiasaan saya sehari-hari, minum kopi contohnya.

Website yang artikel kesehatannya sering saya baca adalah halodoc. Banyak sekali artikel kesehatan yang bermanfaat di website ini. Saya juga bisa melakukan chat dengan dokter melalui website ini. Saya pernah memberi pertanyaan kepada dokter melalui fitur chat dan dijawab dengan cepat dan jelas. Enak ya bisa berkonsultasi dengan dokter.


Di halodoc kita bisa membeli obat. Ada fitur obat dan vitamin. Di dalam fitur ini terdapat daftar keluhan kesehatan yang biasa kita alami seperti batuk dan flu, demam, saluran pernafasan, hipertensi, asma, diabetes dan lain-lain. Nanti keluar deh list obat-obatannya, pilih dan masukan keranjang lalu bayar. Tunggu di rumah dan barang akan diantar ke rumah kita.

Di halodoc kita juga bisa tahu berapa biaya untuk Rapid Test dan di rumah sakit mana Rapid Test bisa dilakukan. As we know, Rapid Test itu pengecekan awal apakah kita tertular virus Covid-19 atau tidak. Jika hasil Rapid Test reaktif, maka kita harus melakukan tahap pengecekan selanjutnya yaitu swab test. Hasil swab test akan lebih meyakinkan apakah kita negatif atau positif tertular Covid-19. Untuk Jakarta, coba cek biaya dan lokasi Rapid Test Jakarta.

Sekarang masa New Normal. Mall dan perkantoran sudah dibuka. Jalan raya sudah ramai lagi. Jika teman-teman harus melakukan kegiatan di luar rumah, bawa selalu perlengkapan kesehatan seperti masker, hand sanitize, face shield dan lain-lain. Semoga kita selalu sehat ya.. stay healthy stay happy.










Tidak ada komentar