Tak Asal Gerak, Ini 5 Tips Agar Olahraga Memberi Manfaat

Olahraga tak melulu soal bergerak. Olahraga yang dilakukan dengan benar dan rutin membuat tubuh kita sehat dan bugar. Namun olahraga yang dilakukan dengan asal malah akan membuat tubuh menjadi lemas dan capek. Ada beberapa faktor yang membuat olahraga bisa memberi manfaat buat tubuh.


Siapa yang jadi rajin olahraga gara-gara ada Virus Corona? Saya salah satunya. Meski tidak 100% menjamin kita tak terkena virus Corona, namun tubuh yang sehat, setidaknya membuat daya tahan tubuh lebih kuat. Ingat ya himbauan GERMAS dari Kemenkes. Germas adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Olahraga adalah salah satu cara hidup sehat.



Di lingkungan rumah saya, sejak masa pandemi, banyak yang melakukan olahraga sederhana. Misalnya jalan pagi mengitari lingkungan rumah atau olahraga ringan di teras rumah. Ada beberapa faktor yang membuat olahraga yang kita lakukan bermanfaat dan bukan asal gerak. Olahraga dengan benar juga membuat kita terhindar dari cedera. Ini beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika kita berolahraga, saya rangkum dari berbagai sumber :

1. Persiapkan tubuh untuk berolahraga

Olahraga itu butuh energi, jadi sebaiknya tidak melakukan olahraga dengan perut kosong. Minumlah air putih dan makan makanan ringan yang punya nutrisi setidaknya satu jam sebelum berolahraga. Sediakan air putih selama berolahraga karena tubuh akan kehilangan banyak cairan dan kekurangan cairan bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Lalukan pemanasan sebelum melakukan olahraga untuk menghindari kram otot. Jangan lupakan juga niat dan motivasi untuk berolahraga. Niat ini penting agar kita tidak melakukan olahraga dengan terpaksa. Sejatinya olahraga itu adalah untuk fisik dan mental yang sehat. Jika kita melakukan olahraga dengan rasa gembira dan tidak terpaksa, maka olahraga akan terasa ringan.




2. Jangan terlalu jauh menentukan target

Dalam berolahraga sebaiknya tentukan target, misalnya target push up sekian kali atau target jalan kaki menempuh sekian kilo. Namun target tersebut juga harus sesuai dengan kemampuan tubuh kita. Jangan memaksa tubuh jika memang tak mampu. Push up 10 kali namun dilakukan secara rutin, lebih baik daripada push up langsung 50 kali. Ketika target telah tercapai, tambah lagi target per harinya.

Sama halnya dengan durasi olahraga. Jika kita hanya mampu olahraga selama 30 menit, ya sudah lakukan saja rutin 30 menit setiap hari. Lalu tambah sedikit jika ingin keluar dari zona nyaman, misalnya dari 30 menit menjadi 45 menit.

3. Pelajari teknik-teknik gerakan olahraga

Mengetahui teknik-teknik gerakan olahraga penting supaya kita terhindar dari cedera. Di youtube banyak sekali informasi mengenai teknik gerakan olahraga yang diberikan oleh para pelatih olahraga. Nah searching aja. Saya sendiri sering belajar teknik gerakan ini melalui youtube. Banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti plank, squat, jumping jack, push up dan sit up. Supaya tak cedera otot, ketahui teknik gerakannya ya. 




4. Olahraga secara konsisten

Baiknya olahraga pagi atau sore hari? Berolahraga di pagi hari atau sore hari sama-sama baik untuk tubuh jika dilakukan dengan porsi yang tepat. Ada kan ya yang nggak bisa bangun pagi dan nggak bisa beolahraga pagi-pagi. Untuk orang-orang seperti ini berolahraga pada sore hari akan lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali.

Namun saya lebih memilih olahraga di pagi hari. Selain karena saya memang rutin bangun pagi, olahraga di pagi hari sebelum saya melakukan aktivitas pekerjaan rumah, membuat tubuh saya segar dan tidak lemas. Sesungguhnya, olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan secara konsisten, entah itu pagi atau sore hari.

5. Pakaian olahraga yang tepat

Saat berolahraga, pakailah sepatu dan pakaian khusus untuk berolahraga. Pakailah sepatu dan pakaian olahraga yang ringan dan menyerap keringat. Pakaian dan sepatu olahraga hendaknya tidak menghalangi kita melakukan gerakan olahraga. Pakaian yang menyerap keringat membuat kita nyaman melakukan olahraga.

Selain itu pakaian yang kita kenakan hendaknya cocok dengan olahraga yang kita lakukan. Pakaian olahraga renang pasti bahannya beda dengan pakaian untuk joging. Pakai pakaian dengan bahan berkualitas agar olahraga makin nyaman. Pakaian berkualitas bukan untuk penampilan kita saat berolahraga jadi menarik, namun demi kenyamanan dan efektivitas dalam berolahraga.




Beli Pakaian Olahraga Berkualitas di Mapemall


Gimana cara beli baju olahraga berkualitas tapi nggak bisa kemana-mana karena lagi PSBB? Beli di aplikasi belanja online Mapemall aja. Mapemall.com adalah online pilihan pertama dengan kategori fashion dan lifestyle yang menyediakan brand original di Indonesia yang menawarkan lebih dari 150 merek internasional yang mencakup berbagai kategori seperti fashion untuk wanita, pria, & anak-anak, kecantikan, olahraga, rumah & tempat tinggal, mainan, perjalanan, alat tulis, elektronik & gadget, bekerja sama dengan berbagai merek internasional.

Diluncurkan kembali pada tahun 2018 oleh PT. Gcommerce Digital Asia, Mapemall hadir dengan desain teknologi O2O (online ke offline) yaitu aplikasi belanja online yang bisa ambil langsung, yang memudahkan konsumen untuk mengakses berbagai merek yang dipilih dengan fitur-fitur canggih dan mudah, seperti fitur "Click and Collect" untuk mengambil barang-barang yang dibeli langsung di tempat yang tersedia.

Ada 160 brand dengan 280 authentic brand yang ada di mapemall.com. Brand-brand ini menjamin barang yang dijual original dan tentunya berkualitas. Brand yang ada di situs belanja online mapemall antara lain, Mango, Mark & Spencer, Onitsuka Tiger, Calvin Klein, Converse, Pepe Jeans, Adidas by Planet Sports, Smiggle by Kidz Station, Tumi, Cotton On, Swarovski, Lego, Kipling, Oshkosh, Pacsafe from Travelogue, Lacoste, Swatch, Dr. Martens, Apple from Digimap, Ria Miranda by Sogo.  Wowww banyak pilihan. 




Asiknya lagi, barang-barangnya lagi didiskon. Ya sik karena lagi ada program Ramadan & Idul Fitri deals up to 70% off + cashback 40% off mulai 24 April- 24 Mei 2020. Kesempatan nih beli barang berkualitas dengan harga diskon. Ramadan dan Lebaran bisa punya baju olahraga baru dan harga diskon pula. Niatnya cari Legging, tapi liat pada diskon gini jadi kepikiran buat beli sepatu joging juga.

Oh ya, untuk yang punya voucher belanja MAP dan pemegang kartu anggota MAPCLUB, bisa mendapatkan SUPER DOUBLE BONUS Mapemall Gift Voucher, yaitu belanja online authentic brand di Mapemall dapat dengan menukarkan poin belanja dengan benefit Super Double Bonus, artinya poin yang ditukarkan tersebut bernilai dua kali lipatnya. Program promo ini berlangsung hingga akhir Juni 2020.

Mata saya tertumbuk pada Nike Yoga 7/8 Tight Woman's Black. Saya emang lagi cari legging yang nyaman buat Yoga. Lumayan euy diskon 30%. Trus saya liat T-Shirt Atletik dari Adidas, kece juga. Pas badan modelnya jadi nggak menghalangi ketika saya melakukan gerakan yoga. Cocoklah ya buat atasan legging Nike tadi. Diskonnya sama 30% juga. Wah easy shopping 2020 beneran. 



Kalau misal kita bingung dalam mencari barang, Mapemall punya fitur Mila yaitu Customer Personal Assistant. Milla akan merekomendasikan ukuran, berdasarkan umur, tinggi dan berat badan kita. Jadi kita punya pertimbangan saat memilih ukuran baju yang akan kita beli. Mila juga akan memberikan pilihan barang yang mendekati keinginan kita jika ukuran atau warna baju yang kita inginkan tidak tersedia. 

Setelah pilih-pilih barang yang kita mau dan bayar, kita tinggal tunggu barang dikirim ke rumah atau pick up di toko yang sudah ditentukan. Jadi keuntungan beli barang di Mapemall adalah praktis, bisa belanja 24 jam, belanja online barang original, home delivery atau pick up store. Kalau pick up store, enaknya kita nggak perlu pilih-pilih di toko yang mana akan makan waktu. Tinggal ambil pesanan kita dan  pulang deh.

So, kalo butuh belanja online baju original dan berkualitas langsung aja buka MAP Online Indonesia atau atau langsung download apps yang sudah tersedia di google play ataupun i-store. Siapa tau ketemu barang yang sesuai dengan #MapYourStyle sambil tetep #AtHomeWithUs.

Web : www.mapemall.com
Instagram : @Mapemall_com @Mapemall_shop

Tidak ada komentar