All New Ertiga dan Fitur-fiturnya yang Keren

Idul Fitri adalah momen paling pas untuk bersilaturahmi. Juga untuk saya yang menjadwalkan pulang kampung setiap Idul Fitri demi menengok bapak di kampung saya di Jogja. Berkumpul bersama anak cucu adalah momen yang paling ditunggu oleh orang tua yang tinggal berjauhan dengan anaknya dan momen yang paling ditunggu juga oleh sang anak.


Dengan jumlah keluarga lima orang, agak sulit bagi saya mudik menggunakan kereta api. Saya selalu nggak kebagian tiketnya. Sewa mobil adalah pilihan terbaik. Maka saya jadwalkan juga untuk menyewa mobil guna keperluan mudik lebaran. Karena mudik jarak jauh maka saya pilih dong mobil yang nyaman dan tentu irit bahan bakar.

Tahun lalu saya mudik menggunakan Suzuki Ertiga. Perjalanan jauh dengan kondisi jalan yang nggak selalu mulus lancar dijalani oleh Suzuki Ertiga. Kondisi di dalam kabin juga tidak pengap karena mobil yang dari luar kelihatan kecil ternyata kabinnya tidak kecil. Kami yang berlima cukup bisa bernafas dengan lega di dalam kabin yang juga banyak berisi barang-barang.

Saya cukup senang bisa mengalami mudik pakai Suzuki Ertiga. Makanya senang juga ketika Suzuki Ertiga mengeluarkan produk All New Ertiga. Penasaran dengan fitur-fitur yang ada dalam mobil ini, saya antusias buat datang ke acara Blogger Gathering bersama Kompas.com dan Suzuki Indonesia sekalian test drive mobil All New Ertiga yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong pada tanggal 14 Mei 2018.



Suzuki menjual All New Ertiga yang jauh lebih baik dari produk sebelumnya. Teknologi dan mesinnya lebih berkembang. Mobil ini adalah jenis mobil keluarga karena itu Suzuki membuat kabin All New Ertiga lebih lapang dari kabin sebelumnya hingga bisa memuat lebih banyak penumpang. Konsep mobil ini adalah Togetherness yang artinya kebersamaan.

Pada saat saya masuk ke kabin All New Ertiga, terasa banget emang kabin lebih luas karena jarak tempat duduk ke atap kabinnya tinggi. Buat orang yang tinggi ini enak banget karena kepala nggak menyentuh atap kabin. Meraba tempat duduk di All New Ertiga lapisan joknya halus banget dan model seat nya bener-bener elegan.Seat begini biasanya ada di mobil premium. 



Mobil All New Ertiga emang termasuk mobil premium yang eksterior dan interiornya modern. Chasis dan mesinnya baru kemudian bensin juga lebih irit. Yang menarik nih fitur-fitur nya keren. Fitur-fitur dalam mobil All New Ertiga dibagi dalam 3 jenis.. nih ya fitur-fiturnya :

1. Fitur-fitur di body eksterior
Bagian depan : Halogen Projector Head Lamp, Grille depan, Fog Lamp
Bagian samping : Turning lamp on mirror, Chrome handle door, ukuran ban 185/65 R15
Bagian belakang : High mount stop lamp and wiper, Lampu belakang LED dengan guide line, bumper belakang sporty dengan sensor parkir

2. Fitur-fitur interior
- push start button
- ventilated cup holder
- power outlet dan aux
- audio switches control
- bluetooth switch connection
- tilt steering
- head unit touch screen 6,8"
- high seat adjuster
- reclining seat 3rd row

3. Fitur-fitur keselamatan
- Antilock braking system
- Electronic brakeforce distribution
- Electronic stability program
- Hild hold control
- Tect body
- Platform heartect
- Immobilizer
- Dual SRS Airbag
- Isofix and tether

Test drive walau hanya sekitaran Summarecon Mal Serpong namun lumayan lah ya buat merasakan berkendara menggunakan All New Ertiga. Saya kebagian duduk di row dua. Lutut saya nggak menyentuh kursi di bagian depan, nyata masih ada ruang cukup lebar antara row kedua dengan row depan. 



Kalo duduk di row tiga yang paling terasa biasanya adalah posisi seat yang cenderung tegak ya.. bikin punggung pegel kalo berkendara jarak jauh. Nah yang paling oke di All New Ertiga adalah seat row ketiga reclining seat juga, sandaran bisa dimundurin so bikin punggung bisa bersandar dengan nyaman.

Trus yang paling jadi perhatian saya soal keamanan adalah kuncinya. Di All New Ertiga pintunya bisa dibuka tanpa memasukkan kunci asal kunci aslinya masih di jarak dekat. Misal kunci di kantong kita nah kunci memancarkan sinyal ke pintu hingga pintu bisa terbuka. Ini bermanfaat banget kalo kondisi buru-buru. Nggak repot masukin kunci ke pintu. Tenang aja.. kalo kuncinya jauh ya pintu nggak bakal kebuka juga.

Keunggulan lain All New Ertiga nih kalo seat row 2 dilipet maka lantainya datar. Bisa gelar karpet dan tidur dengan nyaman. Saya bayangin nih kalo mudik pake All New Ertiga bakal saya lipet 2nd row nya dan gelar kasur di situ. Bisa tidur leyeh-leyeh sampe Jogja.

Untuk kondisi jalan nanjak, saya suka takut kalo mobil start jalan setelah brenti. Kan mobil suka mundur dulu tuh yak.. nah kalo pas mundur ternyata mobil di belakangnya rapet kan bisa kesenggol tuh. Fitur hild hold control di All New Ertiga menghindari kondisi ini. Untuk menghindari cedera kepala akibat benturan, mobil ini aman lah ya karena ada air bag untuk sopir dan penumpang di sebelahnya.

Overall.. mencoba test drive dengan All New Ertiga cukup nyaman namun saya penasaran untuk membawa mobil ini menjalani rute jarak jauh dengan kondisi jalan yang macem-macem. Mudah-mudahan sih mudik tahun ini bisa kebagian bawa All New Ertiga.

20 komentar

  1. Tahun ini mudik pakai all new ertiga dong yaah....

    BalasHapus
  2. All new Ertiga mobil keluarga banget ini, muat banyak tapi tetap lega bagasinya juga lega.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Asyik nya mbak yayat jalan-jalan mencoba new ertiga. daku doain supaya punya new ertiga, biar ngajak saya jalan bareng rossi, cieea

    BalasHapus
  5. Aaakk, kecee banget ya brem bremnyaa, looks nyaman dan kece pokoknya.

    BalasHapus
  6. Kabin yang luas bikin mudah bawa barang bekal untuk saudara saudara di kampung dan bawa oleh oleh buat mpo. :)

    BalasHapus
  7. Gagah banget ini model New Ertiga. Kayaknya buat perjalanan jauh bakal nyaman. Bisa bawa barang banyak kalau kabinnya luas kayak begitu :)

    BalasHapus
  8. Luas banget dalemnya, kuncinya canggih, kelihatan dari foto dan ceritanya kaya nyaman banget pake Suzuki Ertiga ini. Aduuhhh bikin mupeng *harus rajin menabung*

    BalasHapus
  9. Kebetulan nih. All new Ertiga baru dilaunching besok si Bengkulu. Jadi dapet informasi duluan nih dari mbak Yayat terkait fitur fiturnya. Besok mau coba juga ah.. siapa tau cocok ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca2 artikel tentang mobil gini jadi mupeng lagi nih. Kapan aq bisa beli? 😅 namanya manusia, banyak pengennya. Uda keturutan keinginan yg satu, maunya keinginan yg satunya lagi jg keturutan. Gak ada abisnya...

      Hapus
  10. Waaaaah bagasi nya luasss banget. Memang ini suzuki ertiga dijamin irit bensin nya. Smooth juga nyetir pake ini c buat keluarga kecil. 2 anak dan 1 assistan rumah tangga. Cukuplah buat mudik ke jogja. Eeh Jogja nya dimana? Aku pengen donk ke kulon progo....

    BalasHapus
  11. Rasanya kok nyesel ya aku beli ayla. Ternyata gak ada salahnya beli mobil yang besar kayak ertiga ini. Huhuhu. Seneng banget liat dalemnya luas gitu. Apalagi dashboard nya deluxe Hihi

    BalasHapus
  12. Kak Yayat, padahal aku tadi baru banget lihat si Ertiga baru ini si Summarecon Bekasi dan naksir banget. Apalagi untuk yang berkeluarga cocok banget pakai si Ertiga ini, bentuknya sekarang semakin bagus.

    BalasHapus
  13. Kalau pesan taksi online kebetulan dapet suzuki ertiga rasanya eksklusif deh. Kayak milik mobil sendiri aja. Apalagi pakai yang seri baru ini ya, makin berkelas jadi penumpangnya.

    BalasHapus
  14. Wah kalau dilipet row kedua bisa datar gitu lantainya sama row tiga? Enak juga ya, Mba. Kita sehati nih ngebayanginnya kalau dikasih kasur buat leyeh2.. hahaha.. apalagi yg punya balita macam saya. Itu bocah nggak perlu uring2an krn tidur ga nyaman.

    Jadi makin mantab nih pilih suzuki ertiga. Pak suami emnmang incer ini.

    BalasHapus
  15. New Ertiga makin mewaaaahhh... aku suka kabinnya lega, cocok nih buat kendaraan mudik antar kota hehe. Plus bawa barang2 dan koper2 yang banyak ya mbak :D

    BalasHapus
  16. Interiornya mewah dan luas ya kak dalamnya. Soalnya kalo mudik gak asik kalo sempit sempitan karena bakal lama banget diperjalanan. Cocok banget buat keluarga.

    BalasHapus
  17. Mudik naik mobil pribadi memang lebih efektif dan hemat yaa. Cuma ya gitu, si bapak harus fit biar bisa nyetir PP selama mudik. Akupun berencana mudik ke Jawa pas lebaran nanti semoga rencana kita semua lancar yaa dan selamat sampai tujuan :)

    BalasHapus
  18. udah pernah beberapa kali naik ertiga
    nebeng mobil teman hehehe
    memang nyaman ya mobilnya
    jadi pengin punya

    BalasHapus
  19. Di rumah, papa juga pakai ertiga, tapi belum yanh sekeren ini. Cepet banget ya perkembangannya.

    BalasHapus