Rabu, 04 April 2018

Hindari Stress dan Lelah Dengan Bunga Indah

"Flowers always make people better, happier, and more helpful, they are sunshine, food and medicine to the soul" ~ Luther Burbank

Pernah merasa lelah nggak? Lelah banget sampe males mau ngapa-ngapain. Saya pernah. Biasanya rasa lelah melanda kalo saya lagi jenuh, tertimpa masalah berat atau lagi punya banyak kerjaan dan nggak tau mau ngerjain yang mana duluan. Kalau lelah... otak saya nggak bisa berpikir dengan jernih dan bawaannya males gerak aja gitu. Bad mood juga. 


Lelah yang terlalu berat bisa mengakibatkan stress dan meningkat menjadi depresi. Kondisi ini nggak bisa didiamkan, karena akan merugikan lingkungan sekitar. Sebagai seorang ibu, saya tak bisa membiarkan rasa lelah hinggap berlama-lama di dalam diri saya. Kalo meningkat menjadi stress kasian keluarga saya juga kan. Lagipula semua aktivitas saya akan terganggu.. aktivitas mengurus rumah tangga atau mengurus pekerjaan. 



Sebenernya wajar jika kita kadang merasa lelah dan stress, yang tidak wajar adalah membiarkan diri kita ada di kondisi itu terus menerus. Setiap orang pasti punya cara tersendiri untuk menangkal jenuh dan stress. Kalau saya... punya beberapa cara yang bisa saya lakukan. Lumayan.. lelah dan stress nggak meningkat jadi depresi.


Yang pertama... saya ambil colouring book dan spidol warna lalu mulai mewarnai. Mewarnai pekerjaan anak-anak? Tidak lagiiii. Di toko buku banyak dijual buku mewarnai untuk orang dewasa. Beberapa waktu lalu buku-buku seperti ini malah jadi trend di kalangan para wanita. Gambar-gambar yang ada di buku ini berbeda dengan gambar pada buku mewarnai milik anak-anak. 


Gambar dalam buku mewarnai untuk dewasa nih lebih detail.. banyak area-area kecil di gambarnya yang bisa diisi dengan macam-macam warna. Gambarnya sih bisa berbentuk binatang.. dan yang terbanyak berbentuk mandala. Tapi semua sama detail banget gambarnya. Mewarnai membuat saya fokus dan jadi tenang. Pikiran fresh lagi deh. Kebalikan kalau saya berikan colouring book ini ke anak saya.. dia malah jadi stress hehehehe. 


Yang kedua adalah pergi ke tempat baru. Kadang kondisi rumah bisa bikin tambah stress. Misal kerjaan banyak, punya masalah berat, cucian numpuk.. haduhhhh bisa jambak-jambak rambut. Just calm down.. dan pergilah ke sebuah tempat yang bikin tenang. Di Jakarta banyak bener tempat yang bisa kita datangi. Kalau saya.. saya akan datang ke perpustakaan. Tempatnya sepi, adem, banyak buku bacaan. Kita nggak perlu jajan asal bawa bekal dari rumah. 



Perpustakaan yang lagi hits tuh Perpustakaan Nasional yang berada di Jl Merdeka. Teman-teman sering ke sana karena tempatnya enak, sepi, nyaman buat bekerja. Kalau saya seringnya ke Perpustakaan daerah di bilangan Kuningan Jakarta. Tempatnya deket dari rumah. Nggak sebesar Perpustakaan Nasional sih.. tapi buat refresh pikiran sejenak worth it banget. 


Yang ketiga adalah liat yang indah-indah. Bisa liat pepohonan atau bunga-bungaan. Seperti quotes dari Luther Burbank di atas bunga selalu membuat orang kondisinya jadi lebih baik dan lebih bahagia. Yes.. bener banget. Melihat bunga hati kita jadi bahagia. Hati yang bahagia membuat rasa lelah atau stress pergi. Bunga disuka oleh siapa aja.. laki-laki maupun perempuan. Saya yang suka balapan dan oli aja suka bunga kok.

Area rumah di Jakarta biasanya ada di lokasi yang padat penduduknya seperti rumah saya. So mau bikin taman tuh susah banget karena lahannya sempit. Tanaman paling ditempatkan dalam pot. Berpikir soal kepraktisan, saya menanam tanaman hijau yang gampang buat diurus aja it means semua tanamannya bukan jenis tanaman berbunga.

Eitsss kondisi itu nggak jadi penghalang buat saya mendapatkan bunga dong. Di dunia serba digital gini, mendapatkan bunga-bunga indah sesuai keinginan itu gampang dan nggak membuang banyak waktu dan tenaga. Tinggal pesen dan bunga dikirim. Seperti di Flower Chimp



Flower Chimp adalah toko bunga online yang menyediakan berbagai jenis bunga untuk berbagai kesempatan. Warnanya bermacam-macam. Semuanya bagus dan indah. Dijamin bunganya segar banget dan bertahan hingga beberapa hari. 


Baca juga : Bunga hias Garbera yang cantik dan punya makna 

Karena online, kita bisa pesan bunga di Flower Chimp kapanpun juga. Kalau mau diantar di hari yang sama, kita kudu pesan di bawah jam 1 siang. Beli bunga di sini juga bebas ongkir lho. Saya pesan bunga diantar jam 2 siang ehhh bunga bener-bener saya terima jam 2 siang.


Bunga identik dengan event khusus seperti ulang tahun atau pernikahan. Tapi sebenernya nggak perlu menunggu event khusus jika kita membeli bunga. Menaruh rangkaian bunga di ruang tamu akan membuat ruang tamu jadi semarak. Menaruhnya di ruang kerja bikin hati senang dan kerja jadi semangat. Punya tanda-tanda lelah dan stress? Segera pesan bunga deh biar happy.

8 komentar:

  1. Kreatif banget buketnya yah dengan buah yang merah itu Mba. Keren jadinya! Emang bunga bisa bikin hati lebih hepi yah walopun lelah dan stress. Baca tulisan Mba Yayat jadi inget dulu aku suka mewarnai juga tapi udah lama stop karena kelupaan hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah colouring bisa kelupaan ya mbak hihihi

      Hapus
  2. Bunganya cantik banget mbak Yayat. Dan ternyata ukurannya besar yaa. Mendadak jadi kepingin lempar buket bunga (emangnya lagi kawinan?) Hehehe. Setuju banget bunga itu mood booster. Mbak Yayat ternyata suka mewarnai juga yaa. Samaan dong kitaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukurannya lumayan gede mbak... makin gede makin menyenangkan hihi... waaaahhh sama hobi kita

      Hapus
  3. Membaca artikel ini bikin gue pengen karaokean nyanyi lagu 'Bunga' band /rif & Dewa 19.. he hehe

    BalasHapus
  4. cakeppp banget bunganya mba Yat. Setuju, bunga itu menghibur dan bisa ngurangin stress

    BalasHapus