Ini Bagian Motor yang Harus Diperiksa Saat Service Rutin, Perempuan Wajib Tahu



Memiliki motor membuat aktivitas saya menjadi lebih mudah. Saya mengendarai motor untuk ke kantor dan bepergian kemana-mana. Dengan mengendarai motor, waktu tempuh perjalanan saya menjadi lebih cepat. Supaya motor awet dan yaman dikendarai, saya rutin melakukan service.


Service motor adalah suatu proses pemeriksaan rutin untuk memastikan kondisi motor tetap baik, biasanya dilakukan setelah motor mencapai jarak tertentu. Beberapa bagian yang harus diperiksa meliputi saluran bahan bakar, kondisi mesin, sistem rem, tuas gas, oli mesin, oli gardan, dan ban, antara lain. 


Apa aja bagian-bagian motor yang diperiksa saat melakukan service motor? 


Berikut bagian-bagian motor yang diperiksa ketika melakukan service : 


Oli Mesin: Oli mesin memiliki beberapa fungsi, termasuk pelumasan, pendinginan, dan perlindungan mesin. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin mengganti oli sesuai dengan jarak tempuh yang disarankan oleh pabrikan, biasanya sekitar 2500 kilometer. Biaya penggantian oli meliputi biaya pembelian oli (tergantung merek) dan biaya jasa penggantian oli.


Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.


Oli Gardan: Pemilik motor matic perlu secara rutin mengganti oli gardan karena oli motor matic ini berfungsi untuk melumasi gigi dalam Continuously Variable Transmission (CVT). Umumnya, penggantian oli gardan dilakukan setelah dua kali penggantian oli mesin.





Busi: Busi adalah komponen penting dalam motor yang mengubah aliran listrik dari koil menjadi percikan api yang diperlukan untuk menghidupkan mesin. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, motor bisa sulit dinyalakan dan perlu diganti.


Kampas Rem: Sistem pengereman adalah faktor penting dalam keselamatan berkendara. Kampas rem yang sudah aus dapat mengurangi efektivitas pengereman, sehingga perlu diperiksa dan diganti jika diperlukan untuk mencegah potensi bahaya kecelakaan.


Filter Udara: Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran untuk mencegah masuknya kotoran yang dapat menyumbat sistem injeksi atau karburator. Filter udara perlu diperiksa dan mungkin dibersihkan atau diganti jika ditemukan kotoran yang mengganggu.


Aki atau Accu: Tegangan aki harus berada pada rentang yang ideal, yaitu 12,3-12,6 Volt ketika mesin mati dan 13,7-14,2 Volt ketika mesin menyala. Jika tegangan tidak sesuai, terdapat kebocoran, atau terminalnya berkarat, aki perlu diperiksa dan mungkin diganti agar motor tetap berfungsi dengan baik.





Ban: Pemeriksaan ban juga penting dan harus dilakukan secara berkala. Selain memeriksa tekanan udara dalam ban, kondisi fisik ban juga perlu diperhatikan. Ban yang aus atau rusak dapat memengaruhi keamanan berkendara.


Tune Up Motor Rutin: Layanan tune up motor melibatkan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua komponen yang memengaruhi performa motor. Ini mencakup tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, sistem rem, dan klakson. 


Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.


Planet Ban Tempat Service Terpercaya 


Penting untuk mencari bengkel servis motor yang terpercaya dan memiliki reputasi baik untuk mendapatkan layanan yang berkualitas. Salah satu pilihan adalah Planet Ban, yang menawarkan layanan "servis motor rasa mesin baru" yang melibatkan pembersihan menyeluruh mesin motor dan penggunaan teknologi tinggi untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor.


(Sumber : planet ban)



Manfaat melakukan servis motor secara berkala di Planet Ban meliputi:


  • Meningkatkan performa motor dan melindungi mesin.
  • Menjamin kenyamanan berkendara dan keamanan.
  • Mengurangi emisi dan polusi udara.
  • Menghemat biaya servis dengan interval penggantian oli yang lebih panjang.
  • Membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi polusi.


Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain


Jika saya servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.


Makanya saya lebih suka melakukan service motor rutin di Planet Ban karena seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 


Ya, service motor di Planet Ban bikin motor saya seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.


Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-


Jadi, jika motor Anda memerlukan perawatan atau servis, pertimbangkan untuk mengunjungi Planet Ban untuk mendapatkan layanan yang berkualitas dan harga terjangkau. Layanan yang baik akan membuat motor Anda tetap dalam kondisi terbaik dan lebih tahan lama.

9 komentar

  1. Setelah ini harusnya udah gak ada cewek yang gak ganti oli motor, ya gak sih? Soalnya gampang banget nemu planet ban. Di mana-mana ada, bisa ganti oli, deh! wkwk

    BalasHapus
  2. Baru aja kejadian pekan lalu. Motor matic tiba-tiba mati di jalan. Huhuhu setelah diperiksa ternyata jaringan udaranya kotor.
    Habisnya setelah becek-becekan di jalan (medan selalu hujan, bulan ini) saya lupa untuk membersihkan dan membawa ke bengkel untuk diservice.

    BalasHapus
  3. Harga servise di Planet Ban ini terjangkau banget ya, jadi gak ada istilah buat cari alasan lagi untuk gak melakukan perawatan rutin kendaraan kita.

    BalasHapus
  4. Harga servis terjangkau seperti ini pasti jadi tempat favorit ya, pantesan aja servis Planet Ban terdekat di kota saya ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi mekaniknya handal semua.

    BalasHapus
  5. servis motor di tempat yang terpercaya seperti ini, jadinya lebih menenangkan juga. Apalagi bisa dapat masukan positif juga lewat konsul gitu ya dan lokasinya terjangkau

    BalasHapus
  6. Saya juga lagi rutin perawatan motor di Planet Ban, apalagi sekarang lagi ada banyak penawaran khusus seperti diskon dan promosi lainnya

    BalasHapus
  7. Sering gitu yaa..
    Selama tarikan motor masih enak, rasanya gak perlu servis deh..
    Tapi ternyata, dengan service motor rutin di Planet Ban bisa membantu membuat mesin lebih awet dan motor bisa lebih powerful.

    BalasHapus
  8. Punya motor emang harus rutin nih perawatannya biar mesin motor selalu terjaga tapi kadangkala namanya mak2 suka cuek alhasil sering dah tuh mogok alhamdulilah skrang ada Planet Ban yang servis motornya bgus dengan harga terjangkau mesin motor terawat seperti mesin motor baru

    BalasHapus
  9. Motor matic merupakan salah satu kendaraan yg rutin di servis. Apalagi untuk oli dan bagian tertentu. Planet Bam hadir dengan biaya servis yg cukup terjangkau.

    BalasHapus