Referensi Investasi : 5 Rekomendasi Buku Tentang Reksadana



Ilmu investasi Reksadana dapat diperoleh dari buku-buku yang reliable. Begitu pula halnya saat Anda ingin mempelajari strategi investasi lewat Reksadana Pendapatan Tetap


Sekalipun belajar investasi Reksadana sudah sangat mudah dilakukan melalui banyak kanal sosial media hari ini, tak ada salahnya juga untuk menambah insight dari buku-buku investasi paling populer dari para investor ternama dunia.





5 Rekomendasi Buku Tentang Investasi Reksadana


Butuh buku untuk dijadikan panduan dalam berinvestasi? Rekomendasi buku belajar investasi berikut bisa menjadi referensi terbaik untuk Anda yang sedang berencana untuk mulai investasi. 


1. Rich Dad, Poor Dad (2000) – Robert Kiyosaki


Para pemula dalam dunia investasi bisa membaca buku Rich Dad, Poor Dad dari Robert Kiyosaki. Ilmu tentang cara investasi Reksadana Pasar Uang hingga saham dapat dengan mudah Anda pahami lewat gaya penulisannya yang sederhana. 


Robert Kiyosaki membahas sangat banyak tentang manfaat dan pentingnya untuk mulai berinvestasi. Tak salah jika banyak investor memulai langkah pertama investasi mereka lewat buku ini. 


2. The Essays of Warren Buffet: Lesson for Corporate America (1997) – Warren Buffet


Nama Warren Buffet tentu sudah tidak asing lagi di telinga para investor. Buku yang berjudul The Essays of Warren Buffet yang diterbitkan pada tahun 1997 silam termasuk buku populer yang banyak membuka mata orang untuk berinvestasi. 


Banyak kalangan menjadikan Warren Buffet sebagai acuan untuk mulai berinvestasi hingga berbisnis. Buku ini sangat wajib untuk Anda miliki jika memang ingin serius bergulat dalam dunia investasi, keuangan dan bisnis. 


3. The Intelligent Investor (1949) – Benjamin Graham


Rekomendasi buku untuk belajar cara investasi Reksadana Pasar Uang dan jenis instrumen investasi lainnya datang dari buku The Intelligent Investor karya Benjamin Graham. Meskipun buku dirilis tahun 1949, isi di dalamnya masih sangat relevan dengan perkembangan investasi hari ini. 


Benjamin Graham banyak digemari oleh para investor pemula karena memiliki penjelasan yang sangat mudah. Bahkan Graham juga menambahkan banyak ilustrasi di dalam bukunya. Jika Anda termasuk tipe investor pemula, buku ini bisa menjadi acuan untuk menggeluti dunia investasi.

 

4. Invested (2018) – Danielle Town


Buku yang diterbitkan pada tahun 2018 ini sangat cocok untuk pemula karena isinya masih sangat relate dengan dunia investasi yang berlangsung hari ini. Danielle Town menulis buku Invested sendiri dilatarbelakangi oleh rasa keingintahuannya tentang dunia investasi. 


Berhubung Danielle Town saat itu sebenarnya belum paham betul mengenai Reksadana, investasi dan keuangan, maka segala pertanyaan-pertanyaan yang muncul pun ia tuangkan ke dalam bukunya. Oleh sebab itu, Invested sangat menarik dibaca oleh para kalangan yang masih awam tentang dunia investasi. 


Isi buku ini memuat perjalanan panjang Danielle Town saat belajar investasi. Membaca buku ini seakan-akan memberikan gambaran tentang diri Anda sendiri saat belajar investasi dari 0.


Sejak diluncurkan pada tahun 2018 lalu, buku Invested karya Danielle Town ini sukses meraih best seller. Bahkan, buku ini dianggap sebagai buku investasi terbaik di zaman ini. 


Kaum milenial yang sedang belajar investasi tentu akan sangat cocok dengan beberapa pandangan Danielle Town mengenai investasi dan keuangan yang ia tuangkan di dalam bukunya ini.


5. The Money Game (1968) – George Goodman


Rekomendasi buku terakhir yang bisa Anda jadikan materi untuk belajar Reksadana dan Saham ialah buku karya George Goodman yang berjudul The Money Game. Sekalipun buku ini diterbitkan pada tahun 1968, isi di dalamnya masih sangat berkaitan dengan dunia investasi di era sekarang. 


Warren Buffet bahkan mengakui jika buku The Money Game memberikan pandangan yang sangat segar tentang dunia investasi. Perlu Anda ketahui, buku-buku lawas bukanlah menjadi alasan untuk tidak menjadikannya acuan karena zaman yang sudah modern. 


Literatur lama justru menjadi panduan Anda untuk mengenal dunia investasi secara mendalam. Sekalipun termasuk buku lama, penjabaran yang dituliskan oleh Goodman sangatlah mudah dipahami. Sehingga, para pemula pun sangat cocok menggali ilmu investasi lewat buku ini. 


Mulai Investasi Reksadana bersama Ahli Profesional


Jika berencana untuk memulai langkah pertama Anda dalam dunia investasi, maka silahkan mengawalinya lewat berinvestasi Reksadana bersama perbankan prioritas DBS Treasures. 


Beragam kemudahan dan keunggulan dihadirkan DBS Treasures untuk memudahkan para investor dalam berinvestasi. Keseluruhan dana investasi Reksadana Anda akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi berpengalaman yang bermitra dengan DBS Treasures. Anda juga bisa memilih berbagai pilihan investasi yang diolah oleh Manajer Investasi terbaik. 


Bukan hanya itu, Anda bisa dapat peluang terupdate yang sudah sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.


Selain membaca buku, lebih baik investasi Reksadana Pendapatan Tetap dan instrumen investasi lainnya bersama DBS Treasures saja. Segala proses transaksi Reksadana di dalamnya dijamin lebih praktis dan simple. Jika tertarik untuk berinvestasi,  silahkan mengecek informasi selengkapnya di sini.

Tidak ada komentar