Tips Agar Single Mom Tidak Kesepian




Tidak ada yang ingin menjadi ibu tunggal, namun sebuah kondisi bisa membuat itu terjadi. Ketika seorang wanita terpaksa menjadi ibu tunggal, ia akan mengerjakan semi sendirian. Mulai dari mengurus anak, mengurus rumah, hingga mencari penghasilan.


Ibu tunggal kerap merasa stress dan kesepian karena banyak hal yang harus dilakukan sendirian. Untuk menghindari stress dan kesepian, ini yang bisa ibu tunggal lakukan :


Tetap Jaga dan Cintai Diri 

Selalu makan makanan yang bergizi, berolahraga, dan cukup istirahat. Ini adalah landasan penting bagi Anda untuk tetap dapat mengasuh anak-anak dengan baik. 


Kelola Waktu dengan Lebih Baik 

Manajemen waktu penting dimiliki seorang ibu tunggal. Setelah mempelajari cara mengelola waktu, Anda akan lebih menikmati kehidupan dan menyelesaikan semua tugas dengan baik. 


Siapkan Makanan untuk Satu Minggu

Single mom umumnya harus bekerja dan tidak punya waktu untuk memasak setiap hari. 

Solusi terbaiknya adalah menyiapkan makanan dalam jumlah besar di akhir pekan, lalu menyimpannya di freezer. Saat anak-anak mau makan, bisa tinggal dihangatkan saja. 


Tetap Ikuti Kata Hati 

Sebagai ibu tunggal, pasti Anda sering akan mendapatkan banyak nasihat pengasuhan. Tidaklah apa-apa untuk mendengarkan saran tersebut. Namun, penting untuk tidak pernah meragukan intuisi diri sendiri. 


Me Time Wajib Ada

Dengan stres yang Anda hadapi di tempat kerja dan rumah, Anda berhak mendapatkan me time untuk mengelola kondisi fisik dan emosional. 


Minta Bantuan Orang yang Dipercaya

coba libatkan orang sekitar dalam mengasuh anak, misalnya nenek dan kakeknya atau kakak atau adik Anda. Jadi ketika kita sedang butuh waktu mengerjakan suatu hal atau me time, anak kita bisa bersama orang terdekat.


Jangan Pusing terhadap Hal yang Tak Bisa Anda Kendalikan

Masalah di dalam hidup biasanya datang tanpa diundang. Untuk masalah-masalah yang tidak bisa Anda cegah, tak perlu ambil pusing. 

Jangan sampai Anda kehilangan waktu istirahat karenanya. Fokus saja pada hal yang bisa dikendalikan.


Hitung sampai 10

Ada kalanya hal-hal kecil dapat membuat Anda kehilangan kesabaran. Anda perlu tahu bagaimana tetap tenang. Jangan meneriaki anak-anak. Tinggalkan ruangan sejenak dan hitung sampai 10 supaya lebih tenang. 


Selalu Terbuka kepada Anak-Anak

Penting bagi Anda dan anak-anak untuk selalu terbuka. Anda juga harus mendorong semua orang di keluarga Anda untuk mengekspresikan diri dengan bebas. “Lalu sebisa mungkin, banyak lakukan kegiatan bersama anak supaya dapat mengurangi rasa kesepian,” sarannya. 


Bertemu Rutin dengan Sahabat

Apabila sampai sekarang memiliki satu atau dua sahabat yang masih dekat, cobalah untuk bertemu mereka sebulan sekali untuk saling update tentang kehidupan. 

Momen ini sangat berpengaruh untuk mengurangi rasa sepi Anda sebagai orang dewasa. 


Jangan Terlalu Cemas dengan Masa Depan

Melakukan perencanaan dan menyiapkan banyak hal memang penting. Tetapi, jangan sampai itu bikin Anda tertekan! 


Jika sudah berusaha sebaik mungkin, langkah terakhir adalah memasrahkannya kepada Tuhan. 

1 komentar

  1. Nggak mudah ya Mba. Semoga Mba tetap dikuatkan oleh Sang Maha Pemberi Hidup. Aamiin.

    Ngobrolin soal me time, memang seperti kebutuhan khusus untuk setiap orang, bagaimana pun rupa kondisinya di keseharian sih ya.

    BalasHapus