Cara Membuat Buah Kering



Buah-buahan harganya sangat murah. Saking murahnya, orang senang membeli buah. Di rumah saya, pedagang buan mengemas 3 buah apel dan menjualnya seharga 10 ribu rupiah. Buah-buahan lain dikemas juga dan dijual sepuluh ribuan seperti jambu, kelengkeng, jeruk, pisang dan lain-lain.


Saya sering membeli buah untuk anak-anak saya. Sayangnya seringkali karena mereka sibuk jadi buah lupa dimakan hingga berhari-hari dan akhirnya busuk lalu dibuang. Sedih ya bun membuang makanan tuh. 


Hingga saya memiliki ide untuk mengeringkan buah hingga lebih awet dan anak-anak bisa ngemil buah kapanpun mereka mau. Cara membuat buah kering ini mudah kok. Begini caranya :


  1. Pilih buah yang akan dikeringkan, misalnya apel, pisang, pir, kulit peruk lemon, nangka matang atau mangga. Pilih yang kondisinya bagus ya, matang, tidak busuk dan tidak ada serangga di dalamnya.
  2. Cuci buah tengan bersih. Gosok kulit buah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, tapi kalau pisang tijdvak perlu dicuci ya. 
  3. Potong-potong buah dengan tipis dan satu ukuran. Memotong setipis mungkin membuat proses memasak buah kering menjadi lebih cepat.
  4. Buah bisa ditaburi gula putih sedikit agar rasanya manis. Contoh buah yang bisa ditaburi gula adalah kulit lemon. Untuk buah lain jika ingin rasanya lebih manis, bisa dicelupkan ke dalam air gula. Namun selain kulit lemon, saya biasanya membuat buah kering tanpa tambahan gula.
  5. Letakkan buah yang akan dikeringkan di atas loyang datar yang dialasi kertas kue. Susun dan beri jarak ya sorta jangan ditumpuk.
  6. Ada dua cara mengeringkan buah yaitu tengan cara dipanggan di oven dan mengeringkan dengan panas matahari. Proses mengeringkan dengan oven relatif lebih cepat sementara jika dengan matahari butuh waktu berhari-hari. Saya sih sarankan mengeringkan tengan oven ya bun.
  7. Jika dikeringkan dengan oven, atur suhu ke 50 derajat celcius agar buah kering sempurna dan tidak gosong.
  8. Panggang selama 4-8 jam. Durasi pemanggangan tergantung jenis buah, suhu oven dan ketebalan buah.
  9. Keluarkan buah dari oven ketika buah sudah kering, kenyal dan kandungan airnya berkurang. Tidak perlu sampai terlalu kering ya.
  10. Taruh buah kering salam wadah kedap Udara yang tertutup rapat. 


Nah itu cara membuat buat kering. Yuk buat bun, supaya buah tidak terbuang percuma.

Tidak ada komentar