Belajar soal Keuangan dan Kesehatan dari Asuransi Astra dan Ajinomoto



Tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Tiap tahun, Hari Perempuan Internasional mengambil tema yang berbeda. Pada perayaan 2023 ini, Hari Perempuan Internasional mengusung tema "DigitALL: Innovation and technology for gender equality". Tema ini memiliki makna bahwa inovasi, perubahan teknologi dan pendidikan di era digital menjadi salah satu cara untuk mencapai kesetaraan gender.


Perempuan memang dituntut untuk melek digital karena pesatnya kemajuan dunia digital saat ini. Seorang ibu yang tau perkembangan dunia digital, akan mampu mempersiapkan anaknya bersaing di era digital. Perempuan juga punya kesempatan untuk maju dan mengembangkan kemampuannya untuk mendatangkan keuntungan, misalnya untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan cara berjualan secara online. 


Dalam rangka mempertingati Hari Perempuan Internasional, PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) bekerja sama dengan PT ASURANSI ASTRA BUANA (Asuransi Astra) menggelar KITA (Kesehatan & LITerasi keuAngan keluargA) Perempuan Bermakna yang dihadiri oleh komunitas para ibu. Saya beruntung diajak Komunitas Emak Blogger menghadiri acara ini. Acara berlangsung di Tamarind and Lime Restaurant di bilangan Jakarta pada 8 Maret 2023.



Acara talkshow ini dihadiri oleh mbak Nucha Bachri, seorang public figure yang concern dengan empowerment. Ada juga mbak Angela Anindita, Head of PR & Activations Asuransi Astra. Lalu dari Ajinomoto ada dr. Raissa Edwina Djuanda, M. Gizi, Sp. GK, mbak Mona Ratuliu dan Chef Andry Abboud. Acara berlangsung seru karena ada kuis dan demo masak dari Chef Andry. 


Perempuan Harus Paham Mengelola Keuangan


Dalam rumah tangga. ibu adalah pengatur keuangan. Supaya pengaturan keuangan lancar, seorang ibu harus bijak dan terampil mengatur uang. Mana pengeluaran yang penting, berapa yang harus ditabung untuk dana darurat dan lain-lain, diatur dengan cermat. Jika keuangan keluarga berantakan, akan berdampak pada kondisi keluarga itu sendiri. 


Mbak Nucha Bachri memberi kiat mengatur keuangan berdasarkan pengalaman yang ia jalani yaitu :


1. Terbuka soal mengelola keuangan dengan pasangan, hal ini agar tidak terjadi missed communication.

2. Bagi tugas tentang siapa yang akan mengatur keuangan. Ada keluarga yang menyerahkan pengelolaan keuangan pada ibu, namun ada juga yang dikelola oleh ayah. Tiap keluarga itu berbeda ya bun.

3. Buat daftar kebutuhan meliputi kebutuhan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. 

4. Cek mengenai proteksi keluarga atau asuransi. Asuransi penting untuk melindungi keuangan keluarga dari hal-hal tak terduga misalnya sakit. Biaya pengobatan mahal ya bun, kalau ada asuransi kesehatan maka keuangan keluarga tak terganggu cash flownya. 

5. Pikirkan tentang kemungkinan berinvestasi. Investasi perlu untuk menambah pendapatan janga panjang. Namun pastikan keuangan keluarga sehat ya sebelum memutuskan berinvestasi. 



Senada dengan kiat dari mbak Nucha Bachri, mbak Angela Anindita juga memberikan beberapa kiat untuk mengelola keuangan yaitu :


1. Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Hemat itu harus ya bun. bedakan antara keinginan dengan kebutuhan.

2. Jangan tergiur dengan promo dan diskon. Ini menjadi penyebab bocor halus di pengelolaan keuangan. Terlihat hemat karena diskon, padahal pengeluaran jadi besarakibat belanja barang.

3. Siapkan asuransi untuk proteksi. Kita tak ingin menderita sakit atau tertimpa musibah. Namun mempersiapkan proteksi untuk hal yang tak terduga itu penting.

4. Memastikan keluarga sehat dengan memberi asupan makanan bergizi dan mengandung nutrisi.


Asuransi Astra memiliki Asuransi Garda Healtech yang merupakan asuransi kesehatan bekerjasama dengan Halodoc. Asuransi Garda Healtech punya banyak keunggulan diantaranya asuransi rawat jalan anytime, jaminan konsultasi online dan tatap muka dengan dokter umum dan spesialis. Bisa telekonsultasi tanpa antri, obat langsung diresepkan dan diantar ke rumah. 


Untuk mendapat beragam keuntungan dari Garda Healtech, nasabah hanya membayar 300 ribuan setahun. Menarik ya. Untuk penjelasan dan ketentuan lebih lanjut, hubungi Garda Healtech ya. 


Tidak ada komentar