Selain Mandiri dan Menghargai Alam, ini Manfaat Camping untuk Anak



Camping atau berkemah adalah salah satu cara mengajak anak untuk berlibur sembari mendekatkan diri dengan alam. Selain itu, berkemah membuat anak belajar mengeksplorasi lingkungan. Mengenal lingkungan sejak dini membuat anak peduli dengan alam dan akan timbul kesadaran untuk merawatnya.


Saat ini banyak sekali tempat camping yang lokasinya nyaman dan mudah dijangkau. Selain itu mudah dijangkau, pegelola camping sudah menyediakan tenda dan perlengkapannya jadi acara camping bisa lebih praktis. 


Ada beberapa keuntungan mengajak anak camping atau berkemah yaitu :


1. Meningkatkan fisik dan mental


Anak-anak menerima peningkatan sistem kekebalan dari menghirup udara segar, serta menurunkan tekanan darah, pengurangan stres, dan perbaikan suasana hati.


2. Mengajarkan ketrampilan dasar dalam bertahan hidup


Setiap orangtua tentu ingin menjaga anaknya tetap aman, namun jika berlebihan hingga membatasi eksplorasi anak pada alam bebas, ada kemungkinan lebih besar bahwa ia akan kehilangan ketertarikan terhadap alam dan bahkan mungkin mengembangkan sikap fobia terhadap alam.


3. Membuat anak jadi mandiri


Anak-anak membutuhkan kesempatan untuk melakukan sesuatu sendiri, untuk membuat kesalahan dan belajar darinya, untuk memecahkan masalah, dan untuk berhasil mengatasi sesuatu tanpa campur tangan orang dewasa.


4. Hubungan keluarga jadi semakin erat


Meskipun menyenangkan, berkemah adalah pengalaman yang menantang, dan ini seringkali menjadi tantangan bersama. Dan akhirnya interaksi yang terjadi akan membentuk ikatan dan kenangan yang bertahan seumur hidup.


5. Anak mendapat pengalaman nyata


Anak-anak juga akan sangat menikmati hal-hal lain yang dapat dilakukan dalam hidup selama camping, seperti menemukan kayu bakar untuk api, menggali lubang api, menangkap katak, memanjat pohon, bermain permainan papan, dan memancing.


6. Mengajari anak untuk menghargai alam


Anak mungkin dapat menikmati menjelajahi alam bebas dan menemukan hal-hal baru di sekitar, mengumpulkan potongan-potongan alam, dan mempelajari mana yang tidak boleh diganggu atau disentuh.


7. Mengajarkan kesederhanaan


Berkemah tidak menawarkan banyak hal, tetapi anak-anak akan menyerap lebih banyak pengalaman yang mengajarkannya bahwa dalam kesederhanaan juga ada kebahagiaan.


Paseban Fly Resort, Camping dengan menyenangkan


Paseban Fly Resort adalah area camping yang terletak di Pondok Halimun Gunung Gede Pangrango Sukabumi. Kawasan Paseban Fly Resort milik Departemen Kehutanan namun dikelola oleh Bumi Paseban Alami (BPA) dalam bentuk Izin Usaha Sarana dan Pra-Sarana (ISWA) yang dikeluarkan oleh BKPN sejak tahun 2020 dengan jangka waktu selama 55 tahun untuk mengelola kawasan seluas 4,09 hektar ini.


Selain berkemah, aktivitas yang ditawarkan di Paseban Fly Resort adalah berbagai kegiatan outdoor, seperti kegiatan piknik keluarga, main di sungai, wisata air terjun, wisata ke kebun teh dan lain-lain. Paseban Fly Resort punya beberapa jenis penginapan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan yaitu rumah cabin kaca untuk 5 orang dengan harga 500 ribu rupiah, rumah cabin tanpa kaca kapasitas 5 orang dengan harga 400 ribu rupiah, rumah pohon kapasitas 7 orang dengan harga 600 ribu rupiah, glamping kapasitas 7 orang dengan harga 600 ribu rupiah, tenda dengan kapasitas 4 sampai 6 orang dengan harga mulai dari 150 ribu rupiah. Ini semua harga permalam ya. 


Fasilitas kamar mandi umum ada di 4 lokasi dengan masing-masing 4 kamar mandi di tiap lokasi. Tersedia Mushola juga. Sementara untuk rumah cabin, villa dan glamping ada kamar mandi di dalam dengan water heater. Untuk perlengkapan camping lain seperti kompor, peralatan masak, bahkan sleeping bag bisa disewa di lokasi. 


Lahan parkir sangat luas. Jadi untuk tamu yang datang rombongan, nggak kesulitan untuk parkir mobil. Untuk hiburan, Paseban Fly Resort menyewakan karaoke. Kita juga bisa minta disediakan api unggun supaya acara camping makin seru. Karena berada di kaki Gunung Gede Pangrango maka udara sangat dingin. Bawalah jaket tebal atau selimut tebal supaya tidur nyaman tidak kedinginan. 


Paseban Fly Resort cocok untuk tempat berkemah keluarga karena lokasinya mudah dijangkau, aman dan nyaman dengan area yang luas sehingga anak-anak bisa mengeksplorasi alam. 

Tidak ada komentar