Wedang Jahe, Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Pancaroba



Belakangan ini cuaca sedang tidak menentu ya bun, kadang hujan, kadang panas. Kondisi cuaca seperti ini bisa membuat imun tubuh lemah dan akhirnya sakit. Seperti yang sedang terjadi di lingkungan rumah saya. Banyak yang mengalami sakit seperti flu, batuk dan pilek. Walau masih sakit ringan, namun penyakit ini mudah menular, jadi sakitnya gantian deh.


Untuk menjaga kesehatan keluarga di musim pancaroba seperti ini saya sering membuat minuman dari jahe. Jahe adalah salah satu jenis rempah yang punya banyak khasiat. Jahe punya aroma dan rasa yang khas, kerap digunakan untuk masak karena membuat rasa masakan jadi lebih sedap. Sering juga digunakan untuk membuat minuman. Khasiat jahe membuatnya sering digunakan sebagai obat untuk banyak penyakit. 


Jahe bermanfaat untuk kesehatan. Jahe bisa mengatasi masalah pencernaan. Jahe juga bisa mengatasi pusing dan mual. Jika saya bepergian jarak jauh menggunakan mobil, saya selalu sedia permen jahe untuk mengatasi pusing dan mual selama perjalanan. Jahe juga dipercaya mampu mencegah kanker, mengurangi rasa sakit dan anti peradangan.


Saya selalu sedia jahe segar di rumah. Saya gunakan untuk membuat minuman dan campuran memasak. Sebagai penikmat kopi, saya sering memasukkan irisan jahe segar ke seduhan kopi saya. Selain rasa kopi jadi lebih khas, kopi jahe juga bisa meredakan nyeri otot. Selain itu, minum kopi jahe membuat tidur saya di malam hari lebih lelap.


Apakah jahe aman dikonsumsi anak-anak? Meski minuman jahe identik dengan orang dewasa, jahe ternyata juga dianggap aman untuk diberikan pada bayi dan anak-anak. Food and Drug Administration (FDA) Amerika mengatakan jahe sebagai Generally Regarded as Safe atau GRASS. Namun meski aman diberikan pada anak-anak, sebaiknya pemberian jahe pada anak harus dibatasi ya, bun. Konsultasilah dengan dokter sebelum memberikan jahe untuk anak-anak dan bayi. 


Jahe sering saya gunakan untuk membuat wedang jahe. Wedang jahe membuat badan jadi segar. Minum wedang jahe saat hujan, menghalau dingin dan badan jadi hangat. Wedang jahe disukai oleh anak-anak saya. Makanya membuat wedang jahe jadi salah satu cara saya buat "memaksa" mereka menjaga daya tahan tubuh. 


Cara membuat wedang jahe sungguh mudah dan bahan-bahannya pun gampang didapat. Proses pembuatan wedang jahe mulai dari persiapan sampai wedang jahe siap diminum memakan waktu tidak sampai 30 menit. Ini alternatif minuman sehat yang murah dan mudah. Saya bagi resep saya dalam membuat wedang jahe ya.


Bahan-bahan :

750 ml air

3 ruas jahe segar, dikupas dan dibakar sebentar lalu iris

2 batang kayu manis

3 butir kapulaga

2 batang serai, potong-potong

3 lembar daun pandan, bentuk simpul

Gula jawa secukupnya, tergantung mau manis sedang atau manis


Cara membuat :

1. Didihkan air

2. Masukkan jahe, serai, kapulaga, kayumanis dan daun pandan

3. Biarkan mendidih dan air berubah warna

4. Masukkan gula jawa dan aduk

5. Masak lagi selama 15 menit

6. Matikan kompor dan tuang wedang jahe di gelas

7. Minum wedang jahe selagi hangat


Nah ini resep wedang jahe dari saya. Resep di atas bisa buat 2 gelas wedang jahe ya. Yuk bikin minuman sehat di rumah.


1 komentar

  1. Minumam ini sempat naik daun semenjak pandemic tahun lalu Mba, bahkan harganya sempat melonjak tinggi......Terima kasih udah diinfo resepnya Mba, jadi gak perlu beli lagi

    BalasHapus