Lima Jurusan di SMK yang Punya Prospek Cerah



Banyak orang tua yang bingung menentukan jurusan untuk anaknya yang ingin masuk SMK. Karena jurusan di SMK itu puluhan jenisnya. Salah masuk jurusan berakibat anak kesulitan mengikuti pelajaran. Apalagi pelajaran di SMK banyak prakteknya. Karena siswa lulusan SMK memang dipersiapkan untuk bisa bekerja.


Saya punya 3 anak yang semuanya lulusan SMK. Saya sendiri juga dulu bersekolah di SMK (di masa saya namanya SMEA). Saya memilih memasukkan anak saya ke SMK karena pertimbangan mereka akan cepat mandiri dan bisa cepat bekerja. Tentu saya berdiskusi dulu dengan anak-anak saya dan mereka memang lebih suka masuk SMK.


Berdasarkan pengalaman saya, saya melihat minat anak-anak saya sebelum memutuskan masuk ke jurusan apa. Anak sulung saya masuk ke SMK pariwisata dan memilih jurusan perjalanan wisata. Sementara anak tengah dan anak bungsu memilih jurusan animasi karena mereka menyukai dunia digital. 


Dari puluhan jurusan yang ada di SMK, ada lima jurusan yang punya peluang besar di masa depan. Ini bisa menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih jurusan untuk anaknya. Lima jurusan itu adalah :


1. Jurusan animasi dan multimedia


Saat ini hampir semua sektor menggunakan cara digital seiring berkembangnya dunia digital. Karena itu lapangan kerja terbuka luas untuk mereka yang mempunyai kemampuan di bidang digital. Banyak perusahaan membutuhkan desain grafis, animator atau programmer. Jika anak suka mengutak atik program atau menggambar, jurusan ini cocok untuk mereka.


2. Farmasi


Tingginya kebutuhan medis akan para tenaga ahli farmasi membuat para lulusan jurusan farmasi selalu dibutuhkan setiap tahunnya. Lulusan SMK farmasi sudah tidak diragukan lagi bakal memiliki profesi yang potensial di dunia medis. Basic ilmu Farmasi bisa semakin dikembangkan saat anak memasuki bangku kuliah. Kalau ingin terjun langsung ke lapangan pun, lulusan SMK Farmasi bisa diandalkan.


3. Pariwisata


Pandemi memang memukul usaha pariwisata. Namun sekarang dunia pariwisata mulai bangkit lagi. Semakin berkembangnya sektor pariwisata belakangan ini juga membuat para lulusan pariwisata akan semakin banyak dibutuhkan. Apalagi banyak orang yang hobi jalan-jalan dan banyak negara memasukkan sektor pariwisat sebagai pendapatan utama negaranya.


4. Tata Boga


Dunia kuliner tidak akan pernah mengalami mekanisme pasar yang kerap lahir lalu mati. Semua orang membutuhkan pangan setiap hari sehingga jurusan ini sangat cocok untuk anak yang ingin memiliki masa depan cerah. Jurusan ini juga bisa membuat anak memiliki keahlian masak yang berguna untuk dirinya sendiri ataupun jika anak ingin membuka bisnis kuliner.


5. Tata Busana


Industri fashion selalu mengalami perkembangan dan tren berbeda setiap tahunnya. Maka, para lulusan tata busana akan selalu memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Berniat menjadi seorang desainer, pastikan langkah anak dimulai sejak awal dengan memilih jurusan Tata Busana.


Nah itu lima jurusan yang punya prospek cerah di masa depan. Namun perlu diingat, jangan memaksakan kehendak pada anak. Jika anak masuk ke jurusan yang tidak ia minati, maka proses belajarnya akan terganggu. Biarkan anak memilih jurusan yang ia mau. Orang tua boleh mengarahkan namun tidak boleh memaksakan kehendak. 


Tidak ada komentar