Jelang Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022, untuk Tingkatkan Literasi tentang Zakat



Tahun 2023 sudah menjelang, bagaimana perjalanan teman-teman di tahun 2022? Pastinya banyak momen sedih dan bahagia ya. Bagaimanapun kondisi kita, kita wajib bersyukur, karena setiap cobaan yang diberikan Allah SWT punya hikmah yang luar biasa. Sebagai ungkapan rasa syukur, kita bisa berbagi dengan orang lain, percayalah, berbagi dengan orang lain membuat hati kita tenang dan malah membuka pintu rezeki yang lain. 


Salah satu bentuk berbagi adalah dengan cara membayar zakat. Dalam Islam, zakat menjadi bagian dari lima rukun Islam. Hukum zakat sendiri adalah wajib tanpa pengecualian bagi setiap umat Islam yang mampu. Dari penjelasan berbagai sumber disebutkan bahwa zakat adalah kewajiban individu (fardhu 'ain) yang dikeluarkan oleh semua muslim yang memiliki harta.


Masih banyak orang yang belum mengerti tentang zakat, ini menjadi dasar diadakannya Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022. Indonesia Giving Fest bertujuan menumbuhkan literasi tentang zakat pada masyarakat. Acara ini akan diadakan pada tanggal 23-25 Desember 2022 bertempat di Tenis Indoor Senayan Jakarta. Saya hadir pada acara diskusinya kemarin. 



Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022

Festival kebaikan pertama dan terbesar di Indonesia ini akan menampilkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota Forum Zakat (FOZ) dengan berbagai program unggulan yang dikelola melalui Gerakan Zakat. Bapak Udhi Tri Kurniawan selaku Pengurus FOZ di acara kemarin mengatakan Indonesia Giving Fest menunjukkan kepada masyarakat bahwa mengelola dana publik harus kembali ke publik dengan konsep kekinian dan digital serta harus ada impact yang dicapai. 


Sementara bapak Risyad Iskandar selaku Direktur Marcomm & Network BSI Maslahat menjelaskan tentang ISDP (Islamic Sociopreneur Development Program) yaitu program beasiswa dari BSI Maslahat untuk para mahasiswa yang mempunyai potensi tapi mengalami kesulitan finansial. Mahasiswa ini akan dibiayai dan didampingi untuk menjadi pengusaha. ISDP adalah program pembinaan mahasiswa yang tidak ingin menjadi pekerja. 


Program ISDP hadir tidak hanya memberikan beasiswa namun juga program pembinaan untuk membentuk pemimpin masa depan umat yang berkarakter, amanah dan dapat menjadi teladan yang berkontribusi dalam industri ekonomi syariah. ISDP sendiri ada di seluruh Indonesia. 


Kemarin juga hadir mbak Aliyah Sayuti seorang influencer kebaikan. Ia berbagi pengalaman bergabung di lembaga filantropi dan melihat manfaat gerakan zakat. Mbak Aliyah merasa terketuk hatinya karena sekama ini ia hanya memikirkan diri sendiri. Setelah berbagi, ia mendapat rezeki yang berlipat. Memberi zakat adalah ungkapan rasa syukur untuknya. Selain itu ia terbebas dari penyakit hati yang tidak bisa diobati yaitu kikir dan pelit. 



Mbak Aliyah bilang literasi literasi terhadap Gerakan Zakat, Infak, dan Sedekah seharusnya sudah diajarkan sejak dini. Dari situ kita akan merasakan bahwasanya berbagi itu bukan untuk orang lain akan tetapi kebahagiaan bagi diri kita sendiri. Zakat adalah warisan dan ia berharap akin banyak orang yang terpanggil untuk bergabung dalam gerakan zakat. 


Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 adalah momentum untuk menunjukkan dampak positif dari zakat, kata ibu Agustin Santriana selaku Brand Management Division Head Rumah Zakat. Rumah Zakat punya berbagai prograam yang akan ditampilkan di Indonesia Giving Fest yaitu Desa Berdaya yaitu program pembinaan masyarakat, ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana melalui pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan donatur Rumah Zakat.


Para UMKM juga akan hadir di Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022. Para pelaku UMKM akan menunjukkan dampak zakat bagi usahanya. Selain itu juga ada seminar, challenge membuat program yang unggul dan berdampak jangka panjang. Serta ada pameran dan aneka program pembiayaan. Yuk datang ke Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 tanggal 23-25 Desember 2022. 

Tidak ada komentar