Berbagai Program Zakat Menebar Manfaat di Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022



Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 resmi dibuka pada hari Jumat 23 Desember 2022. Bertempat di Tennis Indoos Senayan, pembukaan festival zakat ini berlangsung meriah. Ada tari Saman yang menjadi hiburan untuk membuka acara. Stand pengisi pameran siang itu juga ramai pengunjung. Mereka ingin tahu tentang program-program zakat yang sedang dijalankan.


Mengusung tema The Superb Beginning of Zakat Expo 2022 di hari pertama, Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 diresmikan langsung oleh Drs. H. Tarmizi Tohor, MA selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kemenag RI. Sebanyak 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota Forum Zakat (FOZ) dari seluruh Indonesia hadir untuk menunjukan dampak positif dari Gerakan Zakat melalui program-program yang inovatif.



Menurut bapak Bambang Suherman selaku Ketua Umum FOZ, tujuan utama dari diselenggarakannya festival kebaikan pertama dan terbesar di Indonesia iniadalah untuk meningkatkan eksposur bagi para Gerakan Zakat yang dilakukan oleh seluruh OPZ Anggota FOZ. Selanjutnya, Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 diharapkan mampu menjadi wadah interaksi bagi masyarkaat dan OPZ selaku pengelola zakat secara langsung. 



Karena selama ini sesama lembaga zakat hanya bertemu dari forum dan semacamnya, akan tetapi melalui kegiatan ini semuanya bisa saling melihat dan saling mengukur produk yang telah dihasilkan. Tentunya ini bisa meningkatkan kualitas dari produk-produk lembaga zakat satu sama lain. Diharapkan kegiatan ini menjadi pijakan yang baik untuk menguatkan Gerakan Zakat ke depan, demikian bapak Bambang Suherman menjelaskan.



Bapak H. Tarmizi Tohor juga menyambut baik kehadiran LAZ (Lembaga Amil Zakat) dan keikut sertaannya dalam membangun Gerakan Zakat di Indonesia. Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 yang diadakan oleh FOZ merupakan langkah yang tepat untuk memberikan edukasi generasi muda dalam tata kelola zakat dan kontribusinya dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia, kata pak Tarmizi.


Dr. Taufik Hidayat, M.Ec. selaku Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) jugaa memberikan apresiasi digelarnya acara ini. Beliau mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Forum Zakat atas inisiatifnya dalam menggelar Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 dengan meningkatkan ekspos dan gotong royong. Kegiatan ini diharapkan dapat berdampak bagi Gerakan Zakat Indonesia untuk kepentingan para mustahik. Ini adalah repesentatif Indonesia benar-benar layak dianugerahkan negara paling dermawan di Dunia, katanya. 




Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 Berlangsung Meriah


Banyak sekali acara yang diadakan dalam Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022. Ada seminar, charity concert, pengenalan program zakat, pemberian zakat award dan lain-lain. Saya yang hadir di acara pembukaan tersebut merasa senang bisa mengetahui aneka program zakat yang telah dijalankan para organisasi pengelola zakat(OPZ). Sedikit zakat yang kita jalankan ternyata membawa manfaat luar biasa untuk para penerima zakat.



Di Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 juga banyak dijual produk-produk dari para OPZ. Seperti di stand BSI Maslahat. Di sini dijual tas buatan para mahasiwa yang mendapat beasiswa Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP). Mahasiswa ISDP memang diajarkan untuk menjadi pengusaha, selain mendapatkan beasiswa. Selain bisa mandiri, menjadi pengusaha juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. 



Saya juga mengecek kesehatan di stand Kesehatan Dompet Dhuafa. Kesehatan Dompet Dhuafa memberikan layanan kesehatan cuma-cuma untuk masyarakat. Kesehatan Dompet Dhuafa juga sering terjun ke lokasi bencana dan memberikan pengobatan pada masyarakat yang tertimpa bencana. Saya mengecek gula darah dan tensi darah di stand ini. Alhamdulillah tekanan darah dan gula darah saya normal. 


Di stand Laznas Sahabat Yatim Indonesia, saya mengambil celengan untuk sedekah. Celengan ini diisi uang seribu rupiah dan setelah celengan penuh bisa diantarkan ke kantor Laznas atau kita bisa meminta pengurus Laznas untuk mengambilnya. Sedekah yang dikumpulkan akan digunakan untuk menjalankan program anak yatim. 



Lalu di stand Lazismu saya mencicipi rendang kalengan. Rendang ini terbuat dari daging sapi Kurban. Kita berkurban melalui Lazismu, lalu dagingnya diolah menjadi rendang dan dikemas dalam kaleng lalu disebarkan ke pelosok Indonesia. Dengan menggunakan kemasan kaleng dan sudah dimasak, maka daging Kurban bisa lebih memberi manfaat. Rasa daging rendangnya enak lho.


Saya bersyukur bisa datang ke acara ini dan makin yakin kalau zakat yang kita bayarkan itu disalurkan dengan baik kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga acara Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 bisa berlangsung tiap tahun ya sehingga makin banyak orang yang menyadari pentingnya Zakat. 


Tidak ada komentar