Etika Meminjam Barang



Suatu hari, anak tetangga saya yang duduk di kelas 1 sekolah dasar menangis ketika tiba di rumah. Sang ibu yang sedang berbincang dengan saya dengan rasa sedikit panik bertanya padanya, kenapa ia menangis. Si anak bercerita, ada seorang teman yang meminjam kotak pensil warna miliknya. Ketika kotak pensil warna dikembalikan si teman, ada sebuah pensil warna yang tidak ada. Pensil warna tersebut hilang dan si teman hanya meminta maaf tanpa membantu si anak mencari pensil warna tersebut. 


Sang ibu menenangkan si anak sambil berkata pensil warna itu mungkin terbawa oleh seorang teman dan minta si anak untuk menanyakan pensil warna itu ke teman-temannya esok hari. Tangis si anak terhenti. Sang ibu memandang saya sambil menggelengkan kepala, dasar anak-anak, katanya. Saya tersenyum melihatnya. 


Etika meminjam barang harus diajarkan sejak dini. Karena meminjam barang dan mengembalikannya kembali adalah bentuk tanggung jawab. Jika anak tidak diajarkan tanggung jawab sejak dini, maka ketika dewasa ia akan menjadi orang yang tak peduli dengan tanggung jawabnya. Ini etika dasar yang bisa diajarkan pada anak ketika ingin meminjam barang :


1. Minta ijin


Terkadang anak tidak merasa bahwa meminta ijin sebelum meminjam barang itu penting. Ajari anak untuk sopan dan menghargai orang lain dengan  cara meminta ijin ketika akan meminjam barang. Tak peduli si pemilik barang adalah keluarga dekat. Ajarkan anak untuk tak memaksa bila si pemilik barang tak mau meminjamkan barangnya.


2. Menjaga dengan baik


Ketika barang diijinkan untuk dipinjam, ajari anak untuk menjaganya dengan baik. Jangan sampai hilang, rusak atau kotor. Ajari juga anak untuk tak meminjamkan barang tersebut ke orang lain lagi kecuali si pemilik barang mengijinkan. Menjaga barang dengan baik adalah bentuk menjaga kepercayaan pemilik barang. 


3. Kembalikan tepat waktu


Ketika meminta ijin meminjam barang, anak juga harus mengatakan kapan barang tersebut akan dikembalikan. Ajari anak untuk mengembalikan barang tersebut tepat waktu. 


4. Ucapkan terima kasih


Jangan lupa ingatkan anak untuk mengucapkan terima kasih ketika mengembalikan barang. Ucapan terima kasih membuat pemilik barang merasa dihargai. Mengembalikan barang tepat waktu juga merupakan pemenuhan janji. 


Tidak ada komentar