Cara Mengajari Anak agar Sayang pada Hewan



Saya memiliki banyak kucing peliharaannya dan ini membuat seorang anak tetangga suka melihat kucing peliharaan saya. Kalau dia sedang menangis, ibunya membawanya ke rumah saya dan melihat kucing-kucing saya bermain. Tangisnya pun terhenti. Saya tak masalah dengan hal ini karena menyukai kucing sejak dini, membuat anak tumbuh menjadi anak yang sayang dengan hewan.


Ada banyak manfaat untuk anak yang sayang dengan hewan. Ia akan tumbuh menjadi anak yang penyayang. Ia juga tumbuh menjadi anak yang peduli pada makhluk hidup ciptaan Tuhan. Ia juga punya empati dan perhatian pada sesamanya. 


Lalu bagaimana cara mengajarkan anak agar sayang pada hewan? Berikut beberapa cara :


1. Ajarkan pada anak bahwa hewan juga adalah makhluk ciptaan Tuhan seperti manusia. Sayang pada hewan berarti sayang pada mahkhluk ciptaan Tuhan.

2. Membacakan dongeng tentang hewan pada anak. Banyak sekali dongeng edukasi yang mengambil perumpamaan soal hewan.

3. Menonton film tentang hewan. Kenalkan anak-anak pada film tentang hewan. Pada kegiatan ini, anak akan melihat hewan tersebut makan, tidur, atau bahkan bermain dengan sesama hewan lainnya. Hal ini akan membuat anak mengetahui

4. Hindari permainan anak yang mengeksploitasi hewan, seperti video games yang menyuruh anak untuk membunuh hewan.

5. Terkadang ada hewan yang masuk (atau tersesat) ke dalam rumah Anda, misalnya kecoak. Hindari memukul hewan tersebut di depan anak. Keluarkan mereka dari rumah dengan cara yang baik, sehingga anak melihat bahwa hewan juga perlu diperlakukan dengan baik.

6. Jangan menggunakan kata-kata yang merendahkan hewan. Contohnya, “Kamu penakut seperti ayam”, “Babi itu kotor”, dan sebagainya.

7. Mengajak anak ke tempat penampungan hewan. Di sini, anak bisa membantu merawat hewan tersebut dengan cara memberi makan dan minum. 

8. Menghadiahkan hewan peliharaan kepada anak bisa menjadi cara yang terbaik. Tunjukkan pada anak bahwa hewan juga membutuhkan kasih sayang. Selain itu, hewan pun harus dirawat dengan memandikan, memberi makan, atau diajak bermain untuk menjaga kelangsungan hidup mereka. Namun jangan lakukan ini jika kondisi rumah tidak memungkinkan ya. Karena mengurus hewan membutuhkan komitmen. 

Tidak ada komentar