Pentingnya Sopan Santun pada Anak



Seorang tetangga, sebut saja ibu mawar, tertawa mendengar anaknya bercanda dengan berbicara kasar pada temannya. Tetangga lain yang sedang berkumpul juga tertawa geli. Lucu ya, kata mereka. Dahi saya mengerenyit, apanya yang lucu? Anak bicara kasar itu bukan lucu, meski hanya untuk bercandaan, kalau dibiarkan ini akan terbawa hingga ia dewasa karena ia menganggap bicara kasar itu wajar. 


Saya kerap mendengar anak-anak di lingkungan saya tinggal berbicara kasar dengan sesama temannya. Buat anak-anak ini bercanda dengan bicara kasar itu sudah biasa, karena orang tua mereka melakukannya juga. Saya sungguh prihatin dengan kondisi ini, tambah menyedihkan karena saya belum menemukan cara menegur ibunya dan memintanya mengajari anaknya kesopanan. Kalau mereka tersinggung, saya bisa jadi selebriti yang diperbincangkan selama seminggu.


Sesungguhnya mengajarkan anak untuk bicara sopan itu harus sejak dini dan caranya juga mudah. Mengajarkan anak bicara sopan juga untuk kebaikan si anak sendiri. Agar ia bisa berinteraksi dalam pergaulan sosial dan dihormati oleh orang lain. Berikut cara mengajarkan kesopanan pada anak ketika berbicara :


1. Orangtua harus jadi contoh yang baik


Anak adalah peniru, ia meniru apa yang dilakukan oleh lingkungan terdekatnya yaitu keluarga. Jika orangtua menyuruh anak berbicara sopan sementara orangtua tetap berbicara kasar maka anak tak akan melakukan hal yang diminta oleh orangtuanya. Karena itu ubahlah kebiasaan buruk berbicara kasar sebelum mengubah kebiasaan buruk pada anak.


2. Ajarkan kata sopan sederhana


Mulai ajari anak bicara sopan dengan 3 kata dasar yaitu tolong, maaf dan terima kasih. Ajari anak katakan tolong ketika meminta sesuatu, maaf ketika melakukan kesalah dan terima kasih ketika menerima sesuatu. Lalu lanjutkan dengan ucapan sopan lainnya seperti permisi, ketika berjalan melewati orang.


3. Ajarkan anak mengucapkan salam dan sapaan yang baik


Ucapan salam adalah standar kesopanan di negeri kita. Selamat pagi, selamat sore ata ucapan assalamualaikum ketika berkunjung ke rumah orang. Juga ajarkan anak memanggil orang yang lebih dewasa dengan sapaan sopan seperti bapak, ibu, kakak, tante dan lain-lain. 


4. Jelaskan pentingnya bersikap sopan


Anak itu kritis, ia akan bertanya kenama harus melakukan ini dan itu, atau kenapa harus berkata sopan. Jelaskan bahwa kita harus menghormati orang lain jika kita ingin dihormati oleh orang lain. Salah satu cara agar kita dihormati adalah dengan berkata sopan. 


Tidak ada komentar