Penyebab Jerawat dan Cara Mencegahnya



Jerawat yang timbul di wajah memang bikin kesal. Selain mempengaruhi penampilan, jerawat di wajah membuat kita tak percaya diri. Kita juga jadi serba salah menggunakan make up. Bila jerawat ditutupi make up tebal, bisa membuat jerawat makin parah, namun kalau tidak ditutupi maka penampilan jadi tidak menarik.


Jerawat timbul karena berbagai sebab. Ada yang timbul karena wajah memproduksi minyak secara berlebih. Kulit kita mempunyai kelenjar minyak yang bertugas melumasi kulit agar tidak kering. Minyak yang dihasilkan bernama Sebun. Pada orang yang rentan berjerawat, kelenjar minyak memproduksi terlalu banyak sebum. Sebun ini menyumbat pori-pori dan bakteri menginfeksi sumbatan ini. Kemudian timbulan jerawat.


Peningkatan hormon testosteron juga memicu timbulnya jerawat. Pada masa pubertas, hormon testosteron meningkat yang membuat kelenjar minyak menjadi sensitif karena perubahan hormon. Akibatnya kelenjar minyak memproduksi banyak sebun. 


Siapa yang senang gonta ganti kosmetik dan skincare? Hati-hati lho, karena gonta ganti kosmetik dan skincare menyebabkan jerawat. Karena sejumlah produk kosmetik dan skincare mengandung bahan-bahan yang bisa menyumbat pori dan menimbulkan alergi. Makanya kalau ingin ganti produk kosmetik atau skincare, teliti dulu ya apakah kandungannya bisa menyumbat pori-pori.


Hal lain yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat adalah stres. Stres mempengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk dalam pola makan yang dapat memicu jerawat. Jika wajah sudah timbul jerawat, maka stres akan makin memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada. 


Pada dasarnya jerawat termasuk kondisi kulit yang bisa disembuhkan dan tidak bersifat menular. Bahkan ada juga yang mengalami jerawat hormonal yang hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja. Pada fase hormonal biasanya hanya muncul satu hingga dua jerawat. Namun jerawat bisa menjadi masalah ketika jumlah jerawat muncul dalam jumlah banyak dan ukuran yang besar.


Jika sudah terlanjur sampai di tahap jerawat batu atau jerawat meradang, harus waspada dan sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter atau ahlinya untuk mendapatkan perawatan atau treatment yang tepat. Karena jika salah tindakan, bisa memperburuk kondisi jerawat atau meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan dan bisa mengganggu penampilan. 


Asley Acne Expert Clinic bisa membantu orang yang mengalami jerawat dan membutuhkan perawatan. Melalui “Medical Acne Treatment”, Asley Acne Expert Clinic dapat membantu para pejuang jerawat dalam mengatasi jerawat meradang, jerawat batu hingga bekas jerawat. Tindakan Medical Acne Treatment ini merupakan tindakan yang hanya dilakukan oleh dokter yang berpengalaman karena proses yang diperlukan dalam mengatasi jerawat dianggap cukup kompleks. 


Treatment tersebut menawarkan perawatan yang dapat disesuaikan dengan kondisi jerawat masing-masing pasien. Anda akan mendapatkan perawatan dari doktor yang telah berpengalaman lebih dari 13 tahun praktek estetika medis khusus nya dibidang penyembuhan jerawat dan beautician yang terlatih dan berpengalaman lebih dari 5 tahun. 


Pengalaman treatment jerawat di Asley Acne Expert Clinic sudah dijajal oleh ribuan orang para pejuang jerawat. Kini Klinik Asley menjadi pilihan nomor 1 di kota Karawang sebagai Klinik Kecantikan untuk mengatasi jerawat. Asley Clinic berlokasi di Ruko Bharata, Blok U, Jl. Bharata Raya, Sukaluyu, Telukjambe Timur, Karawang, West Java 41361. Bisa juga dihubungi melalui nomor WA 081293027007 atau ke instagram @asleyclinic. 


Cara Mencegah Jerawat


Kita dapat mengurangi peluang timbulnya jerawat yaitu dengan cara menjaga kebersihan wajah. Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Jaga kebersihan wajah dengan membersihkan wajah dua kali dalam sehari, untuk mengangkat sel-sel kulit mati, minyak yang berlebihan, serta sisa kosmetik di permukaan kulit.


Segera mandi setelah berkegiatan agar kebersihan tubuh terjaga. Bersihkan make up dengan benar sehingga tak ada sisa make up yang menyumbat pori-pori. Bersihkan juga peralatan kosmetik dengan menggunakan sabun dan air hangat secara rutin. Make up yang menumpuk pada peralatan kosmetik bisa mengundang bakteri yang akhirnya menimbulkan jerawat di wajah. 


Mengurangi konsumsi kacang-kacangan juga bisa mencegah jerawat. Beberapa jenis kacang bisa mengundang jerawat, seperti kacang mete dan kacang kulit. Hindari konsumsi kacang-kacangan agar wajah bersih dari jerawat. Kurangi juga makanan asin dan pedas. Makanan pedas seperti sambal dan semacamnya dapat memicu pertumbuhan jerawat di wajah. Makanan asin juga bisa menyebabkan tubuh menahan air dan pembuluh darah membengkak, terutama di bawah mata dan di atas pipi.


Kelola stres dengan baik. Olahraga secara rutin bukan hanya membuat tubuh menjadi sehat namun juga kita terhindar dari stres. Jalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari rokok serta minuman beralkohol. Dengan pola hidup sehat, wajah bisa terhindar dari jerawat. 


Tidak ada komentar