Tiga Alasan Pentingnya Financial Check Up



Pernahkah teman-teman mengalami, uang di rekening tiba-tiba habis padahal masih harus membayar ini itu. Keasikan belanja ini itu jadi lupa mengecek kondisi keuangan dan akhirnya kehabisan dana. Padahal tanggal gajian masih lama, gimana nih. Inilah pentingnya financial check up. 


Financial check up atau pengecekan kondisi keuangan perlu dilakukan karena ada risiko masalah keuangan yang tiba-tiba. Misalnya kita mengalami sakit. Kalau kita melakukan financial check up secara rutin maka risiko keuangan bisa kita atasi dan kehabisan uang di tengah bulan bisa kita hindari. 


Financial check up tidak bergantung pada besaran penghasilan. Namun bergantung pada kedisiplinan kita mengatur uang. Ada yang bilang bahwa uang cepat habis karena penghasilannya kecil. Ini tidak benar. Penghasilan besar juga tidak berarti semua kebutuhan terpenuhi kalau pengelolaannya tidak tepat.


Dengan melakukan financial check up, kita dapat mencatat segala hal yang berhubungan dengan  keuangan dan kekayaan. Banyak hal bisa diketahui, seperti jumlah aset yang dimiliki, adakah utang yang  perlu dilunasi, serta ke arah mana pergerakan arus keuangan berjalan saat melakukan financial check up. 



Oleh karena itu, FWD Insurance akan membagikan beberapa alasan agar kita perlu membuat financial  check up.


1. Mengetahui Semua Penghasilan dan Pengeluaran


Sebagian dari kita mungkin merasa terbebani dengan banyaknya uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan setiap bulannya. Bahkan, beberapa dari kita mungkin juga  merasa bahwa jumlah penghasilan tidak sebanding dengan jumlah pengeluaran. Kadang baru terima slip gaji tapi uang sudah harus disalurkan ke pos pos pengeluaran. Jadi gaji hanya numpang lewat saja.


Jika ini yang terjadi, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena  tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi keuangan. Financial check up berguna untuk  melakukan rekap ulang pada segala jenis pengeluaran serta pemasukan rutin. Dengan melakukan pengecekan keuangan, tentu akan dapat dengan mudah mengetahui  pengeluaran apa sajakah yang berhasil membuat penghasilan habis terkuras. Hal ini tentu dapat  memberikan informasi penting tentang bagaimana seharusnya mengatur keuangan dengan lebih  baik.


Tak hanya mengetahui pengeluaran pokok seperti untuk membayar tagihan dan kebutuhan sehari hari, pengeluaran untuk kebutuhan sekunder, tersier, maupun untuk kegiatan refreshing pun bisa segera diketahui dengan melakukan pengecekan keuangan. Hal ini tentu dapat memberikan penjelasan tentang keperluan apa saja yang membuat penghasilan  “hilang” selama ini. Oleh karena itu, usahakan untuk rutin melakukan financial check up guna mengetahui segala penghasilan serta pengeluaran yang dimiliki setiap bulannya.



2. Lebih Handal Dalam Mengendalikan Keuangan


Dengan mengetahui seluruh pengeluaran, kita tentu dapat dengan mudah memperkirakan  nominal uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Hal ini tentu  akan membuat kita lebih memahami dengan kondisi keuangan dan bisa menjadi pengelola  keuangan yang lebih handal.


Jika saat melakukan financial check up pengeluaran terlalu banyak dan dapat  mengancam kondisi keuangan, cari  segera cara terbaik agar pengeluaran bisa dikurangi. Periksa ulang dan menghilangkan pengeluaran yang  sepertinya kurang penting agar kondisi keuangan tetap terjaga.


Tak jarang pula pengurangan pada jumlah kebutuhan yang dilakukan malah berimbas positif pada  kondisi keuangan. Alhasil, keuangan akan memiliki surplus yang bisa dipergunakan pada hal-hal  yang jauh lebih penting guna menambah penghasilan maupun untuk tabungan di masa mendatang.


Kelebihan uang tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memulai investasi jika memang  memungkinkan. Jadi, saat secara rutin melakukan pengecekan kondisi keuangan, secara tidak  langsung akan membuat kita menjadi pengelola keuangan yang lebih baik karena dapat  mengontrol jumlah penghasilan dan pengeluaran.



3. Merencanakan Kehidupan di Masa Depan


Setelah mengetahui jumlah penghasilan serta pengeluaran, kita akan menjadi lebih handal dalam mengontrol keuangan. Akan diperoleh gambaran seberapa besar kemampuan  untuk dapat mengelola serta menyisihkan sisa penghasilan. Melakukan financial check up dapat membantu untuk mempersiapkan kemampuan finansial di  masa depan. Kamu akan menyadari bahwa hal ini penting untuk dilakukan guna merencanakan  kehidupan selanjutnya.


Perlu dipahami juga saat mengetahui siklus keluar-masuk kekayaan yang dimiliki akan membuat  kita memikirkan  impian apa yang mungkin bisa dilakukan. Tentu impian tersebut bisa  diwujudkan jika siklus keuangan bisa tetap terjaga dengan baik.


Kita  bisa juga merencanakan masa depanmu dengan memiliki perlindungan ketika mengalami risiko di kemudian hari. Dengan perlindungan dalam bentuk asuransi, kita dan  keluarga bisa menikmati hidup berkualitas bebas dari rasa khawatir. Pas banget, FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan bernama FWD Critical First Protection. Produk ini memberikan  solusi proteksi yang tidak hanya mudah dipahami dan terjangkau preminya, tetapi juga mudah  diklaim serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun  kecelakaan. Selain itu, apabila tidak pernah mengajukan klaim, kamu tidak perlu khawatir karena  uang premi dapat kembali 100% diakhir masa asuransi.



Saat ini FWD Insurance sedang memiliki promo gajian lho, jadi jangan sampai ketinggalan. Diskon hingga 30% untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas  Handal FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi dengan periode hingga 31 Mei  2022. Informasi lebih lanjut, silahkan cari tahu di fwd.co.id.


Jadi bagaimana kondisi kesehatan keuangan saat ini? Sudah sehatkah? Segera lakukan  pemeriksaan kesehatan keuangan, jika  tidak dapat melakukannya sendiri maka bisa hubungi  perencana keuangan profesional yang berada di kota kamu. Lakukan sekarang, atau kamu tidak akan  pernah tahu seberapa sehat kondisi keuangan kamu.

Tidak ada komentar