Danone SN Indonesia Bangun Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi




Penggunaan sekam padi selama ini masih terbatas. Sekam padi biasanya digunakan untuk media tanam yang baik karena sekam padi mengikat unsur hara dalam tanah sehingga membuat tanaman menjadi subur. Sekam padi juga biasa digunakan untuk mengusir bekicot sehingga tidak mengganggu tanaman. Masih terbatasnya penggunaan sekam padi, membuat sekam padi banyak terbuang sia-sia. 


Teknologi yang terus berkembang membuat sekam padi menjadi lebih bermanfaat. Seperti yang dilakukan oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia yang baru-baru ini membangun Bolier Biomassa menggunakan bahan baku sekam padi. Inovasi dari Danone Specialized Nutrition Indonesia yang bekerjasama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS) ini dilakukan karena Danone Indonesia berkomitmen untuk ikut menjaga alam sesuai misi One Planet One Health. 


Peresmian pembangunan Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi, di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan berlangsung tanggal 15 Juni 2022. Dihadiri oleh Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Edi Wibowo, Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM dan Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS.


Kita tahu pemerintah Indonesia punya target meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada tahun 2025 dan mencapai karbon netral pada tahun 2060. Pemeintah juga punya ambisi penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050. Sebagai perusahaan yang peduli lingkungan, Danone SN Indonesia berupaya mendukung program pemerintah tersebut.



Penggunaan sekam padi untuk Boiler Biomassa sebagai komitmen perusahaan memitigasi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbonnya melalui penyediaan produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan fokus Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia pada penyediaan produk nutrisi untuk ibu dan anak yang mendukung terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat. Produk sehat bernutrisi tetap bisa diproduksi dengan menggunakan proses yang ramah lingkungan. 


Seperti yang diutarakan oleh Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto dalam sambutannya, perubahan iklim merupakan tantangan yang kian mengemuka dan efeknya sangat kita rasakan saat ini. Sebagai perusahaan yang mengusung Visi One Planet One Health, Danone percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan, serta mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat.



Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sungguh mengapresiasi terobosan yang dilakukan Danone SN Indonesia.  Dalam sambutan yang dibacakan oleh bapak Sumarno, pak ganjar berharap inisiatif ini turut mengembangkan produk pertanian serta menginspirasi badan usaha lainnya di Indonesia karena ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk praktek yang berkelanjutan dan juga menimplementasikan konsep Circular Economy.


Saat ini sekam padi kurang dimaksimalkan penggunaannya, padahal sekam padi memiliki banyak potensi untuk lingkungan, salah satunya dapat bermanfaat sebagai bahan bakar Boiler Biomassa. Abu sekam yang dihasilkan dari produksi Boiler Biomassa ini juga bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi oleh petani sebagai pupuk pertanian organik. Ini merupakan salah satu solusi untuk penggunaan Energi Baru Terbarukan di mana isu ini menjadi isu yang cukup krusial di Indonesia.


Sedangkan Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS mengatakan bahwa BECIS percaya bahwa dekarbonisasi, desentralisasi dan digitalisasi energi menjadi kunci bagi perusahaan-perusahaan untuk menjalankan operasionalnya secara berkelanjutan. BECIS sangat antusias karena dapat mendukung Danone di Indonesia dalam mewujudkan visinya dalam pemanfaatan energi terbarukan melalui pembangunan dan operasional Boiler Biomassa ini. Adapun fasilitas ini juga telah didukung dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atap yang menjadikannya pengoperasiannya sangat ramah lingkungan.




Beberapa Keuntungan Penggunaan Sekam Padi untuk Boiler Biomassa


Sekam padi yang merupakan limbah pertanian ini didapatkan dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Tengah, termasuk dari lahan pertanian di sekitar fasilitas Boiler Biomassa, yang merupakan salah satu penyumbang produksi padi terbesar secara nasional. Boiler Biomassa ini dapat menurunkan emisi karbon sebesar 8.300 Ton CO2 atau setara dengan emisi karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon, sehingga dapat mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari proses produksi di Pabrik Prambanan hingga 32%.


Boiler Biomassa akan menggunakan sekam padi sebanyak 10.500 Ton/Tahun dan mampu menghasilkan energi hingga 6 Ton Steam per jam, sehingga menjadikannya Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi yang pertama di Jawa Tengah. Pemanfaatan terbesar bioenergi khususnya biomassa saat ini adalah sebagai pembangkit listrik biomassa yang mencapai 2.116 MW, sehingga peluang pengembangan bioenergi masih sangat terbuka, terlebih didukung isu lingkungan, perubahan Iklim, kesadaran masyarakat untuk mewujudkan transisi energi menuju energi bersih dan peningkatan konsumsi listrik per kapita.



Selain dampak ke lingkungan, Boiler Biomassa ini juga menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar dengan mengambil bahan baku sekam padi dari penggilingan beras, dan memberikan abu sekam yang dihasilkan, kembali kepada petani yang berguna sebagai pupuk organik. Jadi tak ada sisa sekam padi yang terbuang percuma. 


Abu sekam yang dihasilkan dari proses produksi Boiler Biomassa ini mengandung Silika yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian hingga 10 ton/Ha. Danone dan BECIS telah mendistribusikan abu sekam ini bagi kelompok tani dan mendampingi aplikasinya bersama pupuk ke lahan pertanian padi seluas 159 Ha.


Danone SN Indonesia berharap dengan dibangunnya Boiler Biomass ini, tujuan perusahaan sebagai penyedia produk bernutrisi, dan turut memitigasi perubahan iklim dengan penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050 dapat tercapai.


Tidak ada komentar