Tujuh Keuntungan Belanja Stok dari Youtap, Pemilik Toko Wajib Punya



Teman-teman pernah berbelanja di sebuah toko dan ternyata barang yang ingin dibeli persediaannya habis? Saya pernah. Kecewa banget rasanya kan, apalagi kalau barang tersebut benar-benar kita butuhkan. Untuk pemilik toko, barang yang habis dan belum di re-stock merupakan masalah, karena pendapatan jadi berkurang. Hal ini bisa diatasi jika pemilik warung menggunakan fitur Belanja Stock dari Youtap.


Bibi saya memiliki toko yang cukup besar. Ia menjual aneka perlengkapan rumah tangga seperti bahan masakan dan perlengkapan mencuci. Tokonya ramai pembeli, karena pasar di perumahannya lumayan jauh. Untuk belanja harian, para tetangga biasa belanja ke toko bibi saya, termasuk saya.


Sebelum pandemi melanda, bibi saya berbelanja persediaan toko ke agen langganan secara rutin 2 bulan sekali. Sebelum berbelanja, bibi mencatat seluruh persediaan toko yang habis terjual. Juga yang persediaannya tinggal sedikit. Kemudian barang-barang yang sudah ia beli dari agen, dibawa pulang dengan menggunakan mobil.


Ketika pandemi, bibi tak lagi rutin berbelanja ke agen karena adanya pembatasan kegiatan. Biasanya ia memesan melalui WA dan barang diantar. Masalahnya, agen tersebut tak lengkap menjual barang yang diinginkan bibi. Banyak stok yang kosong. Akhirnya bibi mencari barang ke agen lain dan sungguh ini tak praktis karena membuang waktu, tenaga dan ada biaya tambahan pula.


Jadi ketika pembeli datang ke toko bibi dan barang yang ingin dibeli habis, bibi dengan menyesal mengatakan bahwa barang tersebut kosong dari agennya dan tak tahu kapan barang akan tersedia. Pembeli tentu kecewa. "Beli di agen lain aja bi", saran saya suatu ketika. "Harganya jadi mahal karena ongkos kirimnya mahal, habis lokasinya jauh, nanti harga barangnya jadi naik", kata bibi. Hmmm.. benar juga ya.


Suatu hari, bibi memberitahu saya bahwa beras dengan merk yang biasa saya beli stoknya sudah ada di tokonya. Dengan berseri-seri ia bilang, "mulai sekarang stock akan selalu ada karena bibi pakai Belanja Stok." Saya spontan bertanya, apa itu Belanja Stok?


Berkat Belanja Stok, Barang di Toko Selalu Ada Stok


Teman-teman pernah dengar tentang Youtap POS? Youtap POS atau aplikasi point of sales digital adalah Aplikasi dagang yang membawa sejumlah keuntungan bagi pelaku usaha. Keuntungan yang bisa diberikan antara lain pengelolaan bisnis yang cepat dan mudah, transaksi aman dari semua pembayaran non-tunai dan tunai, serta fitur-fitur yang meningkatkan produktivitas.


Aplikasi Youtap membuat pemilik warung memiliki pencatatan digital. Pemilik toko dapat dengan mudah memasukkan barang dagangan dengan scan barcode untuk mencatat harga, sehingga mereka dapat dengan mudah mengelola barang. Aplikasi POS juga akan memberikan laporan penjualan mingguan, bulanan atau tahunan hingga pemilik toko bisa membuat strategi pengembangan usaha.


Untuk membantu pemilik toko memaksimalkan usahanya, Youtap membuat fitur bernama belanja Stok. Belanja Stock memungkinkan pemilik toko terkoneksi dengan mitra suplier. Dengan fitur Belanja Stok, diharapkan Youtap bisa terus membuka rantai pasok baru yang mudah dan saling memberdayakan antar pelaku usaha. Belanja Stok memfasilitasi penjualan produk-produk dari mitra supplier melalui para merchant UMKM Youtap yang kini sudah tersebar di 510 kota.



Banyak keuntungan yang didapat pemilik toko jika belanja kebutuhan usaha melalui fitur Belanja Stok, yaitu :

1. Pemilik toko bisa berbelanja dari manapun dan kapanpun karena berbelanja melalui aplikasi dan hanya menggunakan handphone, dengan demikian menghemat waktu dan tenaga.

2. Mudah memilih barang yang akan dibeli karena daftar produk lengkap dengan deskripsi serta ada informasi ketersediaan stok.

3. Pemilik toko bisa membandingkan harga barang yang satu dengan yang lain jadi bisa membeli barang yang termurah.

4. Pemilik toko bisa menyetok barang secara terjadwal dan barang bisa dikirim dengan rutin misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali.

5. Harga barang cukup bersaing karena mitra suplier di Belanja Stok adalah suplier besar. Sering ada harga spesial dan promosi juga lho.

6. Transaksi belanja tercatat rapi, jadi pemilik toko bisa melihat history barang yang ia beli secara lengkap.

7. Barang di Belanja Stok dikirim langsung dari pabriknya oleh suplier terpercaya, sehingga kualitasnya terjaga.


Cara berbelanja di Belanja Stok juga mudah. Pemilik toko memilih barang-barang yang dibutuhkan. Setelah itu membayar barang yang dibeli dengan menggunakan QRIS dompet digital atau melalui Virtual Account yang telah terhubung dengan Youtap. Saat ini, Youtap telah bermitra dengan banyak mitra strategis seperti Bank Mandiri, LinkAja, OVO, CIMB Niaga, BNI, BRI, Kredivo, dan Telkomsel. Kemudian pemilik toko tinggal menunggu barang dikirimkan.


Belanja Stok membuat pelaku usaha seperti bibi saya tidak kehilangan pembeli karena stok barang yang dijual kosong. Pendapatan toko juga bisa maksimal karena stok barang selalu tersedia. Berkat Belanja Stok, bibi saya dan pelaku usaha lainnya bisa membuat usahanya makin berkembang.

Tidak ada komentar