Lima Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi


Pandemi yang tidak juga berakhir memang membuat banyak orang merasa lelah secara fisik dan mental. Tak sedikit saya membaca curhatan teman-teman di social media yang mengeluh dengan kondisinya. Buat saya ini tak masalah. Kadang kita tak tahu harus bicara dengan siapa, akhirnya curhat di media social. Ada kalanya orang datang membantu setelah membaca curhatan tentang kondisi kita. 

Keharusan beradaptasi dengan cara hidup yang baru dan terus menjaga Kesehatan namun dibayangi dengan penularan virus, membuat kita mengubah cara beraktivitas. Kita tak bebas lagi untuk bergaul dengan orang secara dekat. Saya sendiri mengurangi pertemuan dengan orang secara langsung. Kalaupun harus bertemu, pasti fisik harus berjarak. Jujur, ini tidak menyenangkan. 

Kita seringkali berfokus pada masalah Kesehatan fisik, padahal Kesehatan mental juga mempengaruhi Kesehatan fisik. Perasaan lelah, jenuh, stress, itu akan mempengaruhi Kesehatan fisik yang akhirnya membuat imun kita menurun. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mental kita. 


Ada lima tips atau cara menjaga kesehatan mental yang bisa kita lakukan, yaitu :

1. Eksplorasi diri

Pembatasan kegiatan selama pandemi membuat kita lebih banyak beraktifitas di rumah. Jika kita tak punya banyak kegiatan, hal ini tentu membosankan. Cobalah mulai menggali kemampuan diri kita atau mencoba hal-hal yang baru misalnya membuat kue atau menanam tanaman hias. 

Seorang teman yang tadinya jarang membuat kue, akhirnya rajin membuat kue selama pandemic. Awalnya untuk dikonsumsi sendiri, akhirnya ada teman yang tertarik dan minat membeli. Sekarang teman saya rutin menjual kue buatannya. Lumayan untuk menambah pemasukan kan.

2. Mendengarkan lagu

Jika kita merasa cemas dan stress, cobalah menenangkan diri dengan cara mendengarkan lagu. Lagu yang menenangkan dan menyenangkan membuat mood kita balik lagi. Salah satu ahli psikologi, Emmeline Edwards mengungkapkan  bahwa sistem pendengaran kita terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat  motivasi, dan pengendalian emosi. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau  musik dapat membantu seseorang mengurangi stres, kecemasan, dan depresi ringan. 

3. Bermedsos dengan positif

Saat ini orang banyak aktif di social media, salah satunya untuk menghilangkan kebosanan dan mencari informasi. Namun derasnya informasi di social media membuat fakta dan hoaks hampir tak ada bedanya dan ini bisa membuat kita stress karena takut dan khawatir. 

Jadikan media social sebagai hiburan dan jangan terlalu larut di dalamnya. Gunakan media social untuk mencari video lucu, tutorial memasak, tutorial memotret dan hal-hal bermanfaat lainnya. Menonton konten yang menghibur bisa menaikkan mood kita. 


Dengan memiliki asuransi bisa menghindari risiko diri dan finansial di masa depan. Untuk kamu yang sudah membeli produk asuransi FWD Insurance periode kegiatan  26 Juli - 31 Desember 2021 tahun lalu ada kabar gembira, Tahun baru, mobil baru! Cari tahu apakah kamulah yang akan menjadi pemenang dari mobil Toyota Raize?

Tonton pengundian Grand Prize #ProteksiOn Lucky Draw di vidio.com pada tanggal  28 Januari 2022 pukul 15.00 WIB dan saksikan keseruan talkshow dari Dee  Lestari dan Reza Chandika. Untuk info program cek di fwd.co.id/proteksion! 

Jadi, tidak perlu khawatir, kamu dapat terus fokus menjalani hidup dan passion karena  kamu sudah terlindungi dari risiko kesehatan terutama risiko finansial. Maka aktifkan  perlindungan sekaligus rayakan kehidupan dan menangkan hadiah untuk dukung  passion-mu! 

4. Jaga relasi dengan keluarga dan teman

Keterbatasan ruang gerak social karena pandemic membuat kita tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan keluarga dan teman. Namun di era digital ini semua interaksi bisa dilakukan secara online melalui telephone atau video call. Dengan  berinteraksi secara virtual, kita tetap dapat bersilaturahmi tanpa harus meninggalkan  rumah dan kesehatan mental tetap terjaga, karena kita tidak akan merasa melalui semua ini sendirian. 


5. Menjaga kesehatan mental dengan asuransi rawat jalan

Aspek finansial merupakan main issue yang jadi keresahan banyak orang sejak tahun  lalu, saat pandemi Covid-19 melanda. Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan,  terkena kebijakan pengurangan gaji, dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Makanya, nggak heran kalau kesehatan mental kita akan terganggu, karena stres  memikirkan biaya kehidupan sehari-hari. 

Manfaat rawat jalan seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah ingin manfaat rawat  jalan langsung ke dokter spesialis atau ke dokter umum dulu baru berjenjang ke dokter  spesialis dalam kondisi khusus? Bila mengutamakan kenyamanan dan kecepatan  tindakan, memilih manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis akan lebih efektif  bagi kebutuhanmu. 

Salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, FWD  Insurance, menghadirkan FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care  Protection memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis  rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan  ekstra. Para nasabah dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah  geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko  kesehatan mereka.  


Selain manfaat rawat inap dan rawat jalan biasa, produk ini juga dilengkapi dengan  manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan juga manfaat rehabilitasi,  konsultasi ahli gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan nasabah. Selain  itu, produk ini juga memberikan manfaat tambahan lain yakni limit booster, no claim  bonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah,  produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan  klaim melalui aplikasi FWD MAX. 

Situasi pandemi seperti sekarang memberikan pelajaran berharga kepada  kita agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Mulailah dengan membuat  perencanaan keuangan sederhana yang bisa jadi pegangan kamu setiap menerima gaji atau sumber income lain. Jangan lupa alokasikan sebagian income untuk dana darurat,  asuransi dan investasi. Keadaan memang tidak menentu, tetapi kita harus tetap  mempersiapkan dana untuk tujuan-tujuan keuangan di masa mendatang, kan? 

Kondisi finansial yang sehat membuat  kita menjalankan hidup dengan nyaman dan kondisi  kesehatan mentalmu tetap terjaga.  Kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas mungkin bisa membantu menjaga kesehatan mental kita di tengah pandemi. Stay safe dan tetap taati protokol kesehatan, ya. Kalau bukan diri kita yang menjaga kesehatan fisik dan mental sendiri, siapa lagi?


Tidak ada komentar