Empat Tips Mengatur Biaya Imlek


Seperti hari raya lainnya, tahun baru Imlek juga akan lebih khidmat bila dirayakan bersama  keluarga besar. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada banyak biaya yang  dikeluarkan selama perayaan ini berlangsung. Seperti biaya untuk membuat makanan, biaya untuk angpau dan membeli baju baru.

Oleh karena itu, kamu harus mulai mengatur anggaran Imlek, nih. Mulai dari angpao, membeli  pakaian baru yang akan dipakai saat Imlek, membeli makanan dalam jumlah besar untuk  dimakan bersama, sampai berjalan-jalan bersama kerabat. Hitung dengan cermat agar pengeluaran Imlek tak lebih besar daripada pendapatan.

Tenang saja, kali ini kamu tidak perlu khawatir uang kamu terkuras habis karena banyaknya  pengeluaran pada saat tahun baru Imlek. FWD Insurance punya beberapa tips keuangan agar dompet kamu tetap aman, lho. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

1. Memberi angpao sesuai budget

Memberi angpao saat Imlek adalah tradisi turun temurun. Biasanya, orang yang  sudah menikah akan memberikan angpao berisi sejumlah uang kepada sanak  saudara atau bahkan temannya yang belum menikah. Untuk menekan budget angpao, berilah angpau hanya kepada keluarga inti yang belum menikah.

Selain itu batasi jumlah angpao kepada sanak saudara. Tidak perlu malu atau gengsi, karena sanak saudara yang  mendapatkan angpao dengan nominal relatif kecil juga umumnya tidak berkecil hati  mendapatkannya. Tujuan dari pemberian angpao pada saat Imlek adalah doa dan  kasih sayang yang diberikan lewat angpao tersebut. Dengan jumlah angpao yang  dibatasi, kamu pun jadi bisa mengalokasikan budget untuk keperluan lainnya. 


2. Makan Bersama di rumah

Seperti umumnya perayaan, di hari Imlek biasanya digelar makan Bersama dengan beragam menu. Menu makanan yang umum disajikan adalah mie panjang umur, ikan bandeng utuh,  dan sayuran khas imlek. Makanan tersebut merupakan simbol dari pengharapan agar  keberuntungan tidak pernah habis. 

Budget yang dikeluarkan untuk jamuan makan  malam keluarga ini akan sangat bergantung pada menu makanan dan jumlah anggota  keluarga yang dijamu. Tujuan makan bersama adalah untuk lebih mempersatukan dan mempererat hubungan keluarga. Meski persiapannya agak merepotkan, makan bersama di rumah lebih hemat daripada makan di restoran. Usahakan makanan dihabiskan agar tak terbuang sia sia. 

3. Berburu diskon saat Imlek

Warna merah identik dengan perayaan Imlek. Maknanya adalah symbol pengharapan di tahun yang baru di mana semua kesedihan akan diganti dengan kebahagiaan. Karena akan jadi ajang kumpul keluarga, wajar jika orang yang merayakan Imlek berburu baju baru. Membeli baju dengan harga diskon akan membuat budget pengeluaran tidak terlalu besar.



Tidak hanya pakaian saja yang menawarkan promo  pada saat imlek, salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital FWD Insurance  juga menawarkan Diskon 30% dari periode 25 – 31 Januari 2022 untuk  pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD  Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash)  dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id

Tidak hanya sebagai gaya hidup dan penjamin masa depan karena dengan  memiliki asuransi hati akan merasa bahagia dan tenteram. Oleh karena itu, pastikan  keranjang belanjaan kamu hanya terisi dengan produk yang kamu butuhkan saat  Imlek. Think smart dalam berbelanja ya!

4. Perhatikan gaya hidup

Berdasarkan artikel yang dilansir dari national geographic, Gaya hidup orang Tionghoa  kebanyakan sederhana. Mulai dari memasak dan mengonsumi makanan di dan dari  rumah, menghemat, dan mengalokasikan dana lebih yang dimiliki untuk ditabung atau  “diputar” menjadi modal bisnisnya. Baik bukan?

Seperti yang dikatakan Dr. Maoshing  Ni: “Kesederhanaan membawa kepuasan dan semua hal akan tumbuh dengan baik”. Yang terpenting adalah buatlah target yang realistis dan konsisten mengikuti rencana yang sudah dibuat.


Tidak ada komentar