Empat Panduan UKM untuk Memilih Jasa Pengiriman


Saya paling senang belanja di UKM karena barang yang dijual bagus dan murah. Saat ini banyak sekali UKM yang menjual barang dagangannya melalui online. Ini memudahkan pembeli seperti saya berbelanja barang idaman. Kebanyakan barang yang saya beli dari UKM adalah barang kerajinan atau makanan. 

Kemudahan menjual barang di era digital tentu harus dibarengi dengan pelayanan yang cepat. Pembeli di era digital maunya memang serba cepat. Belanja cepat dan ingin mendapat barangnya juga cepat. Karena itu UKM selaku penjual juga harus cepat dan tepat dalam melayani pembeli. 

Banyak faktor yang bisa membuat pembeli puas dan akhirnya jadi langganan. Barang yang berkualitas dan harga yang murah itu adalah faktornya. Faktor lain adalah proses pengiriman yang cepat. Pengiriman yang lama, akan membuat pembeli kecewa dan akhirnya kapok berbelanja. 


Para UKM penting untuk memperhatikan kualitas pengiriman, karena itu tak bisa sembarang memilih jasa pengiriman. Salah memilih, akan berpengaruh pada hasil penjualan. Kan sayang kalau barang bagus berkualitas dan mampu bersaing di pasaran, tapi konsumen malas membeli karena pengiriman barang pesanan yang lama. 

Ada empat faktor yang bisa dijadikan panduan para UKM dalam memilih layanan jasa pengiriman :

1. Tepat waktu

Ini menjadi faktor utama dalam memilih jasa pengiriman. para UKM bisa melihat track record sebuah layanan pengiriman. Era digital membuat informasi mudah didapatkan. Cari tahu pengalaman orang dalam menggunakan sebuah jasa ekspedisi. Bisa juga melakukan diskusi dengan teman atau mitra bisnis yang pernah menggunakan jasa pengiriman tersebut. 

2. Biaya layanan

Biaya layanan menjadi faktor penting juga karena biaya pengiriman yang besar membuat barang menjadi mahal harganya. Biaya pengiriman dibayar oleh pembeli, jika mahal, maka pembeli bisa mengurungkan niat untuk berbelanja. Lakukan kerjasama dengan jasa pengiriman. Biasanya dengan kerjasama seperti ini, UKM bisa mendapatkan harga spesial atau diskon untuk biaya pengiriman. Berikan beberapa alternatif jasa pengiriman kepada pembeli agar pembeli bisa memiilih sesuai kebutuhan. 

3. Barang dikirim dengan aman

Pertimbangkan faktor keamanan dalam mengirim barang. Jika barang pesanan sampai ke pembeli dalam keadaan rusak, ini akan membuat pembeli kecewa. Pilih jasa pengiriman yang mempunyai servis tambahan misalnya memberi packing kayu. Akan lebih baik jika jasa pengiriman memiliki asuransi yang akan mengganti kerusakan barang jika barang rusak ketika proses pengiriman.

4. Punya sistem pelacakan real time

Sistem pelacakan membuat pembeli tahu progres pengiriman barang yang dipesan. Pilih jasa pengiriman yang mempunyai fitur pelacakan real time. 


JNE Raih Penghargaan “Brand Pemberdaya UKM” Kategori Ekspedisi Logistik

Salah satu jasa pengiriman yang memenuhi 4 faktor di atas adalah JNE. Saya sering menggunakan jasa pengiriman JNE dan selalu puas dengan pelayanannya. Barang pesanan cepat sampai, mudah ditracking dan jika ada masalah customer service membantu dengan respon yang cepat. Dukungan JNE pada UMKM bisa terlihat dengan diraihnya penghargaan "Brand Pemberdaya UKM" kategori ekspedisi logistik. 

“Brand Pemberdaya UKM” adalah sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus bagi perusahaan dari berbagai kategori hingga pemerintah daerah yang aktif dalam berkontribusi, mendukung dan memberdayakan UKM agar dapat menopang langsung ekosistem UKM demi kebangkitan ekonomi Indonesia. Award Ceremony dilangsungkan pada (11/3), penghargaan ini diberikan oleh Prof Rhenald Khasali, Founder Rumah Perubahan kepada Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto.  

Komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional untuk berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis sesuai dengan tagline “Connecting happiness”, untuk memberikan manfaat seluas-luasnya dan dapat menjadi peluang bagi masyarakat. Salahsatunya adalah tetap konsisten mendukung aktivitas UKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. 


Di saat kondisi perekonomian dan bisnis dunia yang mengalami penurunan karena pandemic Covid-19, JNE tetap mempertahankan kapabilitas dan kapasitasnya. Berbagai program dilaksanakan diantaranya edukasi digital marketing dalam roadshow webinar JNE Ngajak Online di seluruh Indonesia. Kolaborasi dalam berbagai program bersama UKM lokal dan brand artisan ternama untuk meningkatkan daya saing dan daya jual agar UKM naik kelas. 

JNE juga telah mengembangkan UKM Fulfillment Center yang diharapkan dapat mendorong kemajuan bisnis pelaku usaha terutama UKM, sehingga tidak perlu lagi menangani aktifitas logistik yang memerlukan effort besar di dalam proses bisnis. Dalam fasilitas ini sudah tersedia warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM lokal. 

Penghargaan yang diraih  ini menjadi motivasi  seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Dengan penghargaan ini JNE berharap berbagai program dan langkah JNE, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan UKM khususnya, hingga usahanya bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. 





2 komentar

  1. Kalau untuk jasa pengiriman saya pilih yang paling bagus aja sih. Biar menjaga kepercayaan konsumen. Jadi makin laris juga kan dagangannya. Sampai stock-an banyak banget nggak ketampung lagi, harus beli kotak penyimpanan/ kotak kontainer baru lagi nih di Toko ACE Hardware. Kalau banyak yang beli kan jualan jadi happy.

    BalasHapus
  2. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:



    MCA good for you is it really helping you to develop your future career?


    Top 10 Bachelors in Computer Application (BCA) Colleges Or Universities in India

    BalasHapus