Cara Danone Indonesia Mendukung Perempuan Pekerja


Bekerja di perusahaan yang ramah keluarga adalah idaman para ibu bekerja. Ibu yang mempunyai rangkap tugas sebagai ibu rumah tangga dan wanita bekerja tentu butuh dukungan agar bisa melakukan tugasnya dengan baik. Di satu sisi, pekerjaan ibu di kantor lancar dan di sisi lain tugas ibu di rumah untuk mengurus anak dan keluarga juga lancar. Peran berjalan sempurna salah satunya didukung oleh lingkungan kerja yang ramah keluarga.

Perusahaan yang mendukung peran ibu seperti itu juga ada di Indonesia, salah satunya adalah Danone Indonesia. Bukan hanya berkomitmen menjadi perusahaan yang punya misi melestarikan lingkungan hidup, Danone Indonesia juga menjadi perusahaan yang ramah keluarga, mendukung ibu melakukan perannya sebagai ibu bekerja dan ibu rumah tangga.

Saya makin mengetahui bagaimana Danone Indonesia peduli dengan perempuan pekerja ketika mengikuti Webinar yang diadakan oleh Danone Indonesia pada tanggal 8 Maret 2022 bertema Perusahaan Ramah Keluarga, Bantu Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju. Hadir dalam acara tersebut Bapak Indra Gunawan Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementrian PPPA, Ibu Vera Galuh Sugijanto VIP General Secretary Danone Indonesia, Ibu Maya Juwita Direktur Eksekutf IBCWE, Ibu Rosdiana Setyaningrum Psikolog dan ibu Flora Pramasari Head of Careline and Community Danone SN Indonesia. 


Aturan dan Undang-undang untuk Melindungi Perempuan Pekerja

Data Sensus Penduduk 2021 menunjukkan dari total penduduk Indonesia, sekitar 49,5%-nya adalah perempuan, sementara 32%-nya adalah anak-anak. Sayangnya masih banyak kelompok perempuan dan anak yang masuk dalam kelompok rentan. Isu perempuan dan anak merupakan isu yang kompleks. Terlebih lagi, situasi pandemi COVID-19 mengharuskan untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru yang juga meningkatkan kerentanan pada perempuan dan anak. 

Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak melalui adaptasi layanan untuk memastikan terjaganya kesejahteraan (wellbeing) dan terpenuhinya hak-hak mereka. Pemenuhan hak perempuan merupakan kunci pembangunan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi, serta perdamaian dan keamanan. Sementara berdasarkan laporan badan pusat statistik, ada 50-70 juta perempuan usia lebih dari 15 tahun yang bekerja, naik 2,63% dibanding tahun 2019. 

Hak seorang wanita sebagai seorang ibu adalah untuk membawa semua haknya sebagai seorang wanita dan memastikan bahwa hak-hak anaknya dilindungi dan dipenuhi. Hak tersebut harus tetap dipenuhi walau ibu bekerja di luar rumah. Menyadari pentingnya peran perempuan dalam pembangunan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menjalankan lima program prioritas pertama Presiden Joko Widodo dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), 2020-2024. 


Diantaranya peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan berorientasi gender dan upaya peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan anak. Bapak Indra mengatakan bahwa Kementrian PPPA berkoordinasi dengan kementrian lain untuk mendorong Gerakan Pekerja Buruh Perempuan yang sehat dan produktif. Gerakan ini berfokus pada kesehatan perempuan pekerja sehingga bisa mempengaruhi peningkatan produktivitas dalam bekerja. 

Saat ini sudah ada beberapa kebijakan yang melindungi hak perempuan bekerja yaitu :

- Kebebasan mobilitas perempuan

- Perlindungan dalam bekerja 

- Kesetaraan upah

- Kesetaraan dalam perkawinan

- Pengasuhan anak

- Kepemilikan aset 

- Kesempatan berbisnis 

- Tunjangan pensiun

Kemudian berlaku juga undang-undang di Indonesia yang mengharuskan perusahaan untuk memberikan hak pada perempuan berupa :

- Cuti mens

- Perlindungan selama hamil

- Cuti melahirkan

- Memberikan ASI

- Biaya melahirkan 

- Cuti keguguran

- Larangan PHK

- Hak jam khusus 

Penelitian dari McKinsey & Company (2021) menunjukkan bahwa saat diberikan support, perusahaan dengan lebih banyak perempuan executive punya performa lebih tinggi. Salah satu support adalah lingkungan yang lebih fleksibel dan empati. Lingkungan kerja yang baik dengan peer suport. support yang baik terhadap ibu bekerja akan meningkatkan kinerja perusahaan. Peer support adalah sebuah kondisi di mana tiap orang merasa aman secara psikologis dan saling membantu. 


Ibu Rosdiana Setyaningrum menjelaskan bahwa perusahaan bisa menjadi perusahaan yang ramah keluarga dengan melakukan :

- Menyelenggarakan workshop yang temanya mengedukasi laki-laki dan perempuan mengenai perannya baik di kantor maupun di rumah.

- Memberikan fasilitas seperti mengizinkan cuti melahirkan untuk ibu dan ayah, menyediakan daycare dan tempat menyusui dan lain-lain. 

- Membentuk lingkungan yang fleksibel dan memiliki empati untuk para pekerja agar pekerja khususnya perempuan bisa saling memberi support.

Cara Danone Indonesia Mendukung Perempuan Pekerja 

Ibu Vera Galuh mengatakan perusahaan harus bisa memberikan konsep kerja yang fleksibel untuk perempuan dan laki-laki. Memberikan konsep kerja yang ramah gender dan ramah keluarga. Pandemi membuka mata bahwa cara bekerja yang fleksibel dan adaptif membawa keuntungan untuk perusahaan dan lingkungan. 


Danone Indonesia menerapkan kebijakan ramah gender. 48% level manajerial dan 58% dewan direksi danone adalah perempuan (2020). Danone Indonesia juga menerapkan budaya inklusif, beragam dan ramah keluarga dengan memberikan hak berupa :

- Memberikan 6 bulan cuti hamil berbayar untuk karyawan wanita dan 10 hari cuti sebagai ayah bagi karyawan pria.

- Mendukung pemberian ASI eksklusif di tempat kerja dengan menyediakan ruang laktasi.

- Menyediakan asuransi untuk persalinan untuk karyawan wanita dan istri karyawan pria.

- Waktu kerja yang fleksibel.

- Menjamin hak karyawan untuk kembali di posisi yang sama atau setara pasca melahirkan.

- Penyediaan pemantauan status gizi karyawan seperti dalam pengukuran kadar zat besi dalam tubuh.

- Program Duta 1000 Pelangi yang menjadikan karyawan sebagai agent of change dalam memberikan edukasi kepada lingkungan internal maupun masyarakat tentang masalah gizi dan kesehatan pada 1000 HPK. 

Tahun ini, Danone Indonesia memulai inisiatif baru melalui program dukungan untuk karyawan terkait pemberian ASI eksklusif dan kelanjutannya serta pemantauan tumbuh kembang anak. Program ini bertujuan untuk menyukseskan kegiatan menyusui, meningkatkan rasa percaya diri karyawan perempuan sebagai seorang ibu. Dalam mendukung lingkungan eksternal, Danone Indonesia melalui Danone Specialized Nutrition (SN) menjalankan inisiatif-inisiatif terkait kegiatan edukasi dan pemberdayaan masyarakat khususnya para ibu di seluruh Indonesia tentang pentingnya gizi, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Antara lain Bicara Gizi, Isi Piringku, Warung Anak Sehat, Rumah Bunda Sehat dan Rumah Tempe.


Siap Wujudkan Generasi Maju, Danone Indonesia Hadir 24 Jam Menjadi Partner Ibu di Seluruh Indonesia

Untuk memperluas kontribusi dalam memberikan akses terhadap kesehatan ibu dan anak, Danone SN menyediakan layanan Careline. Melalui layanan ini, 62 careliners yang terdiri dari para profesional (bidan, perawat, nutrisionis, dan psikolog) disiagakan untuk melayani konsultasi maupun mendengar keluh kesah para ibu dalam perjuangannya memberikan nutrisi baik di awal kehidupan anaknya. Para ibu dapat menghubungi careline melalui telepon bebas pulsa, email, media sosial dan WhatsApp selama 24 jam. 

Setiap harinya, Careline Danone Indonesia menerima lebih dari 2.000 pertanyaan dari orang tua di seluruh Indonesia dengan topik pertanyaan yang paling banyak adalah terkait tumbuh kembang anak dan pemenuhan nutrisi si Kecil sesuai tahapan usianya. Dalam melayani konsultasi, para Careliners memberikan edukasi dan merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun serta asupan nutrisi yang bergizi sesuai dengan tahapan usia anak.

Careline Danone Indonesia menjadi no 1 Customer Service Champion Across Categories 2021 by SWA Magazine. Pelayanan konsultasi multichannel 24 jam bagi semua ibu bisa dihubungi melalui nomor  0-800-1-360-360 (bebas pulsa), WA,  email dan social media. Sinergi multipihak dalam mendukung langkah perempuan dari segala bidang sangat dibutuhkan agar mereka dapat dengan mudah dan optimal menjalankan perannya. Pemerintah bersinergi dengan berbagai pihak. salah satunya Danone Indonesia, untuk memenuhi hak-hak perempuan dan anak, terutama pada fase perkembangan awal anak seputar ASI, parenting, dan pendidikan.

Tidak ada komentar