Lima Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Online


 

Masa pandemi yang tak kunjung berakhir membuat kegiatan pembelajaran secara online atau daring masih terus berlangsung. Ada kekurangan dan kelebihan dari metode pembelajaran daring ini. Kekurangannya, anak-anak bisa dilanda kebosanan karena minimnya interaksi. Kelebihannya, anak-anak jadi lebih kreatif dalam belajar.

Bosan dengan metode pembelajaran online memang sesuatu yang wajar. Anak-anak terbiasa bersekolah dan berinteraksi secara penuh dengan guru dan teman-temannya. Jika tak mengerti dengan pelajaran yang diajarkan, anak-anak bisa langsung bertanya dengan bapak atau ibu guru.

Sementara saat belajar online, banyak kendala yang membuat anak-anak malas bertanya, misalnya kendala jaringan atau terganggu dengan suasana sekitar. Orangtua sebaiknya mendampingi anak ketika belajar online agar anak bersemangat mengikuti pelajaran.



Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebosanan anak dalam belajar online, yaitu :

1. Buat suasana belajar yang menyenangkan

Beri anak area khusus untuk belajar online, misalnya kamar anak. Rapikan area untuk belajar online agar anak merasa nyaman. Sediakan juga cemilan dan minum di tempat yang mudah dijangkau oleh anak. Pastikan anak tidak mendengar suara-suara berisik dari lingkungan sekitar.2

2. Buat jadwal belajar

Adanya jadwal belajar membuat anak bisa membagi waktu. Kapan waktu belajar, kapan waktu beristirahat dan kapan waktu untuk main. Pembagian waktu seperti ini juga untuk menjaga psikis anak tetap sehat.

3. Pastikan jaringan internet lancar

Jaringan yang tak lancar sangat mengganggu proses belajar. Kadang ada provider yang sinyalnya lemah di area tertentu. Ketahui mana provider yang sinyalnya lemah dan mana yang sinyalnya bagus. Memasang wifi menjadi salah satu solusi untuk kendala jaringan.


4. Ikut sertakan anak dalam bimbel online

Mengikuti bimbingan belajar secara online memberi keuntungan pada anak. Anak bukan saja mendapat banyak ilmu namun juga mendapat metode pembelajaran baru.

Banyak bimbel online tersebar di internet, namun ikut sertakan anak dalam bimbel online yang punya metode belajar kreatif. Salah satu bimbel online yang mengajak anak agar kreatif dan berpikir kritis adalah Kelas Pintar.

Kelas Pintar adalah sebuah solusi belajar online dengan metode pintar, personal dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Belajar di Kelas Pintar membuat anak-anak punya pengalaman belajar yang menyenangkan karena belajar bisa di mana saja dan kapan saja dengan sistem belajar terintegrasi. Anak-anak juga bisa belajar sesuai karakter melalui visual, audio dan kinestetik.



Metode belajar di Kelas Pintar adalah Metode Pintar yaitu Learn, Practice, Test. Learn adalah mempelajari materi menyeluruh dalam bentuk video belajar, audio visual dan buku pelajaran elektronik. Practice adalah penguatan konsep melalui soal latihan yang bervariasi. Test adalah evaluasi proses pembelajaran melalui soal tes yang bervariasi.

Dengan belajar di Kelas Pintar, anak-anak bisa mengembangkan kemampuannya dan selalu berpikir kreatif. Anak-anak juga tak bosan lagi karena pembelajaran di Kelas Pintar sangat bervariasi.

5. Berikan Reward untuk anak

Ketika anak-anak menyelesaikan proses belajarnya dengan baik, berikan reward atau hadiah untuknya agar ia merasa bahwa usaha belajarnya dihargai. Hadiah kecil juga membuat anak semangat menjalani proses belajar.

Reward bisa berupa apa saja, misalnya ibu membuatkan kue kesukaan anak atau ibu membelikan buku cerita yang jadi favorit anak. Namun jangan lupa untuk memberi pengertian pada anak agar ia tak melakukan tugas karena berharap hadiah.

Demikianlah lima tips yang bisa dijalankan oleh orangtua agar anaknya tak bosan belajar online.




Tidak ada komentar