Lima Persiapan Membangun Bisnis Percetakan Rumahan

 


Membuka usaha sendiri memang memberi banyak keuntungan salah satunya jam kerja yang feksibel dan ide bisnis yang bisa kita buat sendiri. Salah satu usaha yang bisa kita buat di rumah adalah usaha percetakan. Banyak orang membutuhkan jasa percetakan, misalnya untuk membuat kartu nama, mencetak brosur marketing, mencetak flyer dan lain-lain.

Jadi membuat usaha percetakan itu ada lho pasarnya. Tinggal mencari lokasi strategis. Lokasi dekat kampus, sekolah, atau perkantoran menjadi lokasi yang cocok untuk membuka jasa percetakan. Tak perlu perkantoran di daerah bisnis, karena perkantoran saat ini sudah menjamah area perumahan mengingat harga sewanya yang lebih murah.

Modal untuk membuat bisnis percetakan rumahan juga tidak besar. Modal yang paling dasar bisa mencapai 50 juta rupiah atau malah bisa kurang kalau menggunakan rumah sendiri sebagai tempat kerja. Profit bisnis percetakan juga lumayan apalagi bila punya banyak pelanggan. Karena rata-rata orang mencetak tidak dalam jumlah lembaran, namun belasan lembar.


Supaya bisnis percetakan berjalan lancar, ada lima hal yang perlu disiapkan yaitu :


1. Tentukan Jenis Jasa yang disediakan


Ada bermacam jenis jasa percetakan, mulai dari printing sampai jilid buku. Jenis printing juga terbagi lagi menjadi printing untuk kertas atau printing berbahan kain. Sesuaikan jenis usaha dengan kemampuan dan modal. Jika memang hanya mampu melayani cetakan di atas bahan kertas, maka informasikan dengan jelas jangan sampai konsumen yang datang kecewa. Jasa print dan fotokopi adalah jasa percetakan yang paling sederhana dan tidak membutuhkan mesin dengan spesifikasi khusus. Ini berpengaruh pada modal yang akan kita siapkan.

2. Pilih alat dan mesin yang sesuai


Alat dan mesin percetakan memegang faktor penting pada usaha percetakan. Pilih alat dan mesin yang sesuai dengan jasa yang disediakan. Pertimbangkan juga kualitas mesin tersebut karena kualitas mesin berpengaruh pada awet tidaknya mesin dan biaya untuk maintenance. Mesin yang berkualitas lebih awet dan biaya maintenance bisa ditekan karena ada garansi.

Mesin yang berkualitas juga berpengaruh pada hasil cetakan. Jika hasil cetakan bagus maka konsumen bisa puas dan kembali lagi. Ada mesin cetakan yang berkualitas dari Hewlett packard (HP). HP adalah merk printer dan scanner berkualitas. Ada mesin yang cocok untuk usaha cetak rumahan yaitu HP ScanJet Pro 2500 f1 Flatbed Scanner dan Printer HP Color Laser Jet Pro M454. Kedua mesin ini bisa dibeli melalui Solusi Arya Prima, tempat terpercaya penyedia produk elektronik dengan pelayanan terbaik. 



HP ScanJet Pro 2500 f1 Flatbed Scanner punya kelebihan :
- Kecepatan scan 20 ppm
- Duty Cycle 1500 halaman
- ADF kapasitas 50 lembar
- Scan file format : JPEG, PDF, PNG, BNP, TXT, RTF

Sementara printer HP Color Laser Jet Pro W454 punya kelebihan :
- Print warna
- Kecepatan cetak 28 ppm
- Duplex otomatis
- Duty cycle 50.000 lembar per bulan



3. Siapkan modal


Meski tak butuh modal untuk sewa toko, namun bisnis percetakan rumahan tetap butuh modal untuk lainnya seperti membeli mesin dan membeli alat-alat pendukung. Buatlah daftar barang yang harus dibeli dan buat daftar harga barang. Cari toko yang bisa memberikan harga barang dengan diskon atau cari satu toko yang menjual semua perlengkapan karena ini akan mengurangi biaya kirim dan biaya transportasi.

4. Tentukan harga


Menentukan harga bisa dari dasar biaya oeprasional dan modal yang dikeluarkan. Namun perlu juga mengetahui standar biaya percetakan agar kita tak memberi harga yang terlalu mahal atau terlalu murah.

5. Lakukan promosi


Promosi perlu dilakukan agar orang-orang tahu di lokasi tersebut ada jasa percetakan. Buat harga promosi saat percetakan baru dibuka untuk menjaring pelanggan. Promosi bisa dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Inilah 5 persiapan yang bisa dilakukan jika kita ingin membuka usaha percetakan rumahan. Tentu masih banyak persiapan lainnya namun yang terpenting adalah pemilik usaha percetakan harus konsisten dan menjaga kualitas jasanya agar usahanya bisa berumur panjang.


Tidak ada komentar