Lima Cara Menggunakan Gaji Bulanan Agar Tak Kehabisan Uang di Tengah Bulan


Untuk para pekerja, awal bulan atau akhir bulan adalah tanggal yang paling ditunggu karena tanggal itu tanggal gajian. Udah kebayang ya mau beli ini itu setelah gajian. Mau bayar berbagai tagihan setelah gajian. Happy akhirnya bisa beli barang idaman. Tapi... setelah dihitung, sisa uang gajian gak bisa buat makan sampai akhir bulan. Gawat nih, apa yang salah?

Ketika saya kerja kantoran, ada candaan gaji lima koma. Maksudnya bukan gaji sejumlah 5 juta koma sekian ya, tapi setelah tanggal lima kita koma, alias uang gaji habis di tanggal lima. Lucu, tapi ini kerap terjadi. Gaji yang selalu ditunggu habis cepat tak berbekas. Padahal tanggal gajian masih lama. Gimana biaya makan dan biaya transportasi selanjutnya? Bukannya happy tapi puyeng deh.

Gaji yang cepat habis tidak dipengaruhi oleh besar kecilnya gaji tapi dipengaruhi oleh besar kecilnya pengeluaran. Hayoo.. siapa yang tergoda online shopping setelah gajian? Mumpung lagi diskon lalu belanja tak terkendali. Memang, siapa sih yang nggak happy beli barang impian dengan harga diskon. Tapi hati-hati, belanja barang dengan harga murah tapi jumlahnya banyak ya akhirnya uang yang dikeluarkan juga besar. 



Penting buat kita mengelola gaji bulanan dengan baik. Kita tak selamanya terus bekerja. Setiap orang pasti punya impian misalnya ingin pensiun dan menikmati masa tua attau punya mimpi memiliki rumah sendiri. Bisa juga mimpi menyekolahkan anak di sekolah terbaik. Jika gaji bulanan tak dikelola dan habis tanpa sempat ditabung, maka impian-impian itu akan sulit tercapai.

Ada beberapa cara mengelola gaji bulanan agar tak habis sia-sia. Berikut cara mengelola gaji bulanan menurut Co-Founder Sipundi.id, M.Kharisma :

1. Gunakan Metode 50-30-20 untuk Mengelola Gaji


Metode ini memaparkan masing-masing gaji dialokasikan sebesar 50% untuk keperluan sehari-hari, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk tabungan jangka panjang. Dengan metode ini,  kita bisa  membagi secara ideal pengeluaran untuk keperluan sehari-hari sambil menabung. Di samping metode ini, konsistensi selalu menjadi kunci keberhasilan pengelolaan gaji. Pastikan metode ini  tak hanya kita terapkan pada bulan pertama, melainkan dipertahankan pada bulan-bulan berikutnya.

2. Buat Anggaran Bulanan


Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja.

Lebih baik lagi kalau setelah menerima gaji, uang langsung ditaruh di pos-pos pengeluaran. Dulu sih saya pakai amplop-amplop pengeluaran, tapi saat ini banyak bank digital yang sudah menyediakan pos-pos pengeluaran rutin seperti pembayaran listrik atau air dan mendebetnya secara otomatis sesuai permintaan nasabahnya.


3. Atur Pengeluaran


Perhatikan pengeluaran yang selama ini telah kita lalukan. Cek apakah termasuk sehat atau tidak. Tanda keuangan kita sehat adalah jika pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan.  Mengatur uang memang gampang-gampang susah. Semuanya tergantung kita sendiri. Ada banyak godaan setelah gajian saat  ini. Apalagi di era belanja online dengan segudang promo seperti  gratis ongkir, paylater, flash sale, cicilan 0% dan lain sebagainya.  

Mengatur pengeluaran bukan berarti kita tidak bisa bersenang-senang ya. Kita tetap dapat menikmati hidup asal sesuai dengan kemampuan. Belilah barang karena barang itu kita butuhkan dan bukan karena kita menginginkannya.

4. Miliki Asuransi


Kita bisa memproteksi keadaan finansial saat hal-hal tak terduga terjadi. Kita tidak akan pernah tahu kejadian di masa depan, jika tiba-tiba kita mengalami sakit atau kecelakaan dan butuh uang dalam jumlah besar untuk berobat. Asuransi membuat cash flow utama kita tak terganggu ketika kita mendapatkan musibah.



Ada  beragam jenis  asuransi.  Asuransi yang paling penting untuk dimiliki antara lain asuransi kendaraan (asuransi mobil), asuransi perjalanan, asuransi rumah, asuransi kesehatan, hingga  asuransi  jiwa. Salah satunya, dengan  perlindungan dari FWD Insurance kamu bisa #BebaskanlangkahBerani untuk kejar passion-mu tanpa perlu khawatir. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa atau kecelakaan diri.
 
Saat  ini  pembelian  produk  Asuransi FWD  Insurance berhadiah diskon langsung premi/kontribusi 30%, khusus  untuk  pembelian/kepesertaan  produk  asuransi: FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, Asuransi Bebas Handal & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) di ifwd.co.id dan nomor undian #ProteksiOn Lucky Draw untuk setiap kelipatan Rp 100.000,00 dari premi/kontribusi yang dibayarkan pada saat periode program “Promo Flash Sale 9.9” tanggal 9 September – 10 September 2021. Info lebih lanjut silahkan mengunjungi website ifwd.co.id.

5. Investasi


Kalau masih ada kelebihan dana dari gaji bulanan, sebaiknya dana tersebut digunakan untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi. Investasi ini berbeda dengan menabung, jika menabung kita bisa mengambilnya setiap saat. Di Investasi, uang disimpan dalam bentuk lain dan tidak bisa diambil kapanpun keinginan. Cara ini tidak hanya membuat uang kita diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan di masa depan. 



Kamu bisa menyiapkannya dengan mulai berinvestasi, Salah satunya melalui asuransi. Saatnya kamu mengaktifkan FWD #ProteksiOn Lucky Draw! Siapkan perlindungan dengan beli produk asuransi FWD yang termasuk dalam program dari 26  Juli-31  Desember  2021  dan raih  kesempatan menang Grand Prize Mobil Toyota Raize, Sepeda Brompton, iPhone 12 Pro, exclusive Workshop/Class with Expert serta hadiah menarik lainnya!

Nasabah berhak dapatkan 1 nomor undian untuk nasabah baru dan 2 nomor undian untuk nasabah existing di setiap Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) premi/kontribusi yang dibayarkan (berlaku kelipatan), selama periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021. Pilih produk asuransi dari FWD Insurance sesuai kebutuhan kamu melalui jalur Keagenan: FWD Critical  Armor,  Asuransi Bebas Rencana Optimal, FWD Legacy  Protection dan Asuransi Bebas Handal. Cari tahu syarat & ketentuan program di https://www.fwd.co.id/proteksion.

Dengan 5 cara ini, niscaya kita bisa mengatur gaji bulanan dengan lebih baik dan semua impian kita bisa tercapai. Yang terpenting, tak ada lagi candaan lima koma alias setelah tanggal lima lalu koma.






Tidak ada komentar