Dua Kopi Susu Favorit dari Dua Kedai Kopi Hits Buat Penggemar Kopi Literan

(dok.freepik.com)

Saya sungguh menyukai kopi. Buat saya kopi itu menenangkan. Semangat yang meredup bisa dibangkitkan dengan secangkir kopi. Kopi juga saya minum ketika usai melakukan kesibukan seharian. Kopi adalah reward buat tubuh yang sudah seharian bekerja.

Minuman kopi banyak jenisnya dan saya menyukai hampir semua jenis minuman kopi yang ada. Salah satu jenis minuman kopi yang jadi hits dan selalu dijual di cafe dan warung kopi adalah kopi susu. Penggemar kopi susu sungguh banyak maka minuman ini jadi jenis minuman yang wajib dijual. Meski namanya sama-sama Kopi Susu, namun rasanya belum tentu sama. Rasa bisa dipengaruhi oleh racikan masing-masing pembuatnya.

Di masa pandemi, kebiasaan ngopi di cafe berubah menjadi ngopi di rumah. Kondisi ini membuat para penjual minuman kopi membuat terobosan dengan menjual kopi dalam bentuk literan. Satu liter kopi bisa dinikmati bersama seluruh keluarga dan kopi literan yang paling laku adalah kopi susu. 

(dok.freepik.com)

Kenapa sih kopi susu menjadi favorit banyak orang? Karena kebanyakan orang menyukai minuman manis. Kopi hitam kadang nggak cocok di lambung sebagian orang karena terlalu tajam dan pahit. Untuk orang yang ingin minum kopi dengan aman dan nikmat, kopi susu menjadi pilihan. Cappuccino dan Cafe Latte adalah cikal bakal kopi susu kekinian yang sekarang banyak beredar.

Saya sering membeli kopi susu literan untuk diminum di rumah. Sebenarnya saya lebih suka kopi hitam seperti espresso atau coldbrew. Namun saya beli kopi susu karena anak-anak saya menyukainya. Jadi biar bisa diminum barengan gitu.

Saya biasa minum kopi susu setelah makan siang. Biasa ya habis makan siang mata meredup karena ngantuk, nah kopi susu lah obatnya. Setelah minum kopi susu, mata kembali "cling" dan badan segar lagi. Tubuh dan pikiran yang segar diperlukan agar ide mengalir kencang. Buat saya yang seorang penulis, butuh nih ide-ide segar untuk ditulis di blog. 

kopi susu tetangga kopi Tuku (dok.yayat)

Saya juga meminum kopi susu ketika malam, sembari santai menonton televisi. Kata orang, minum kopi malam hari bisa bikin kita sulit tidur, benarkah? Well.. ini nggak berlaku buat saya. Minum kopi justru membuat saya tidur lebih lelap. Mungkin karena saya sudah terbiasa minum kopi ya.

Dari banyak kopi susu literan yang pernah saya beli, ada dua kopi susu yang menurut saya paling enak dan jadi favorit keluarga saya. Yaitu kopi susu gula aren dari Anomali Coffee dan Tukucur es Kopi Susu Tetangga dari Kopi Tuku. Dua cafe ini adalah dua cafe top yang ada di Jakarta dan harga minuman kopi yang dijual cukup terjangkau.

Kopi Susu Gula Aren Anomali Coffee


Anomali membuat racikan minuman ini dari espresso, susu segar, susu kental manis dan gula aren. Dari komposisinya sudah terbayang kopi nikmat, manis dengan khas rasa gula aren. Kopi susu gula aren Anomali Coffee paling berhasil menyajikan paduan rasa yang pas dan nggak bikin eneg. Kopinya pas, tidak tenggelam dalam rasa manis susu dan gula aren. Komposisi gula arennya pun pas, nggak terlalu manis walau saya memesan dengan takaran gula normal.

kopi susu gula aren anomali (dok.yayat)

Ketika meneguk kopi susu gula aren Anomali Coffee, langsung terasa gurihnya kelapa di lidah, manisnya gula aren dan susu bercampur dengan rasa kopi yang tidak terlalu tajam. Tekstur minuman kopi cukup kental karena campuran susu segar dan susu kental manis. Meski terdiri dari 2 jenis susu, rasa susunya masih bisa ditoleransi oleh orang yang tidak menyukai susu.

Kopi susu gula aren Anomali Coffee dikemas dalam botol plastik ukuran 1 liter dan isi minumannya bener-bener penuh 1 botol, sampai ke ujung tutup. Hati-hati ketika membuka tutupnya karena minumannya bisa terciprat keluar. Kopi dikirim dalam keadaan dingin. Kita bisa meminumnya dengan menambahkan es. Namun saya meminumnya dalam keadaan dingin dan tanpa es.

Kopi susu gula aren Anomali (dok.yayat)

Kopi susu gula aren Anomali Coffee dijual dengan harga Rp. 85.000 di Tokopedia. Harga ini bisa lebih mahal jika kita memesannya melalui ojek online. Kita bisa beli kopi susu ini dengan harga lebih murah. Caranya pantau saja flash sale Tokopedia Nyam yang diadakan 5 kali sehari. Kopi Susu Gula Aren Anomali Coffee sering dijual seharga 50 ribu rupiah di flash sale ini.

Tukucur Es Kopi Susu Tetangga Kopi Tuku


Kopi Tuku mulai ngetop ketika Presiden Jokowi dan keluarganya mengunjungi cafe ini dulu sekali. Kenikmatan Kopi Tuku sampai ke telinga bapak Jokowi yang memang mendukung kopi lokal. Selain nama menu-menunya yang unik, nikmatnya racikan Kopi Tuku memang bukan kaleng-kaleng. Wajar kalau untuk membeli kopi ini kita kudu antri.

Tukucur kopi Tuku (dok.yayat)

Kopi Tuku juga ikutan menjual kopi dalam kemasan literan. Penggemar kopi susu wajib mencoba Tukucur Es Kopi Susu Tetangga. Komposisi Tukucur Es Kopi Susu Tetangga adalah espresso, susu segar, susu kental manis dan gula. Komposisi ini menyatu dalam rasa yang bener-bener bikin nagih. Ketika meneguk Tukucur, lidah akan merasakan sensasi pekatnya kopi yang ditimpa dengan manis dan segarnya susu.

Tekstur Tukucur kental dan aroma kopi tercium ketika Tukucur dituang ke dalam gelas. Tukucur sama dikemas dalam botol plastik ukuran 1 liter namun isinya sampai ke leher botol. Paket Tukucur terdiri dari Tukucur 1 liter dan seplastik es batu. Kali kedua dan selanjutnya, saya memesan Tukucur tanpa es batu karena percuma es batunya juga nggak saya gunakan.

Harga Tukucur Es Kopi Susu Tetangga adalah 85 ribu rupiah. Uniknya, Tukucur hanya dijual di store resminya di Tokopedia dan tidak dijual melalui Grab Food maupun Gofood. Kita juga bisa membeli Tukucur dengan harga lebih murah yaitu 42 ribu saja dengan cara memantau flash sale Tokopedia Nyam. 

Es kopi susu tetangga (dok.yayat)

Tapi seumur umur beli Tukucur lewat flash sale, saya hanya berhasil membelinya sekali. Karena Tukucur selalu habis dalam waktu 2 menit. Beli harga normal aja deh daripada bete seharian gara-gara kalah bersaing di flash sale heheheh.

Tips Meminum Kopi Susu Literan


Agar kopi susu literan lebih enak diminum, saya punya tipsnya yaitu :
- Simpan kopi susu literan di lemari es dalam keadaan tertutup rapat, jangan biarkan berlama-lama di suhu ruang.
- Habiskan kopi susu literan dalam waktu maksimal 3 hari, karena lebih dari 3 hari rasa akan berubah menjadi asam (basi).
- 1 liter kopi susu bisa untuk 5 gelas, jadi perhitungkan jumlah keluarga ketika memesannya.
- Minumlah dalam keadaan dingin dan tanpa es, karena es batu yang mencair membuat rasa kopi susu berubah menjadi hambar.
- Kopi susu baru dibuat ketika kita memesan ke tokonya, jadi kondisi kopi susu masih fresh, perhitungkan jarak pengiriman dari store karena kopi susu hanya bisa dikirim menggunakan ojek online.

Jadi, dari 2 kopi susu ini mana sih yang benar-benar jadi favorit saya? Tukucur Es Kopi Susu Tetangga dari Kopi Tuku jawabannya. Nah teman-teman punya kopi susu favorit? let me know ya.














2 komentar

  1. Wah, ada teman penggemar kopi susu. Kopi Susu memang enak dan kadang saking enaknya bisa over. Disampaikan dengan gaya tulisan yang bagus dan enak dibaca. Eh iya, saya suka kopi susu yang kopinya lebih terasa.

    BalasHapus
  2. Seger banget mbak es kopinya. Tapi, saya suka sama story tellingnya mbak. Dikemasnya begitu sangat rapi. Mata pun gak bisa melewati setiap cerita yang di suguhkan. Seruput lagi es kopi favorit.

    BalasHapus