Lima Tips Menjadikan Rumah Nyaman Untuk Bekerja


Meikarta meluncurkan SOHO NEW YORK Meikarta, sebuah hunian yang dibangun bukan hanya sebagai tempat tinggal, namun sekaligus tempat untuk bekerja dan berbisnis. Di masa pandemi, orang-orang praktis melakukan pekerjaan dari rumah. Ini membuat rumah nggak hanya harus memenuhi syarat buat tinggal namun juga memenuhi kenyamanan untuk bekerja.

Sejak pandemic, saya praktis lebih banyak di rumah ketimbang di luar rumah. Pekerjaan saya yang seorang freelancer, membuat saya memiliki jam kerja yang tidak menentu. Meeting dengan klien bisa berlangsung malam dan ikut acara webinar bisa berlangsung siang sampai sore. Alhamdulillah ya di masa pandemic begini saya masih diberi kesibukan.

Bukan hanya saya yang bekerja dari rumah. Anak saya yang kedua juga melakukan pekerjaan dari rumah. Ia bekerja di sebuah agency periklanan digital sebagai desain graphis. Dari pagi hingga malam menjelang ia sudah sibuk dengan laptopnya. 

 



Ada sisi baik dan buruk dalam melakukan pekerjaan dari rumah. Sisi baiknya, saya lebih aman karena tak perlu bertemu dengan banyak orang. Saya juga tak perlu melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum. Jadwal makan saya juga lebih teratur.

Sisi buruknya, bekerja dari rumah itu kadang melelahkan. Saya harus beberes rumah dan masak dengan cepat ketika ada jadwal webinar. Karena kenyamanan dalam bekerja adalah yang utama, saya sering mengubah tata letak perabot di rumah saya dan melakukan berbagai pembersihan secara besar-besaran. Selama pandemic saya sudah melakukannya sebanyak 3 kali.

Lingkungan kerja yang nyaman membuat kita jadi lebih produktif dalam bekerja. Selain itu, area kerja yang nyaman membuat ide-ide kreatif bermunculan. Ini penting untuk anak saya yang seorang desain graphis. Ia harus selalu memiliki ide kreatif yang dituangkan dalam pekerjaannya. Nggak boleh kehilangan ide tuh dia.


Gimana sih cara membuat rumah kita menjadi rumah yang juga nyaman buat bekerja? Ada beberapa macam caranya :


1. Pisahkan ruang kerja dengan ruang keluarga

Pemisahan ini perlu karena kita tak mau anggota keluarga saling mengganggu tanpa mereka sadari. Letakkan meja kerja di area yang tidak mengganggu aktivitas keluarga lainnya. Misalnya, jangan letakkan meja kerja di ruang untuk menonton televisi.

2. Gunakan warna dinding dan perabot yang membuat produktivitas meningkat

Warna-warna tertentu bisa meningkatkan produktivitas kerja seperti warna putih, biru, kuning, orange atau warna-warna tanah. Masukkan warna-warna ini sebagai cat dinding atau warna untuk perabot seperti lemari, meja kerja, sofa atau rak.

3. Pisahkan perlengkapan kerja dengan perlengkapan rumah lainnya

Pemisahan ini membuat kita mudah mencari perlengkapan buat bekerja ketika diperlukan. Juga membuat barang aman tidak terselip di mana-mana. Taruh perlengkapan kerja di lemari atau rak khusus dan letakkan lemari atau rak tersebut di dekat meja kerja agar kita mudah menjangkaunya sewaktu-waktu.


4. Perhatikan pencahayaan alami

Cahaya alami adalah matahari. Selain matahari membuat terang area kerja, cahaya matahari juga berpengaruh pada kesehatan tubuh. Bekerja dari rumah bisa membuat kita jarang terkena sinar matahari. Dengan menaruh meja kerja di area yang disinari matahari, membuat mata tak cepat lelah dan tubuh pun sehat karena tetap mendapat asupan cahaya matahari.

5. Perhatikan sirkulasi udara dan kebersihan rumah

Rumah dan area kerja harus mempunyai sirkulasi udara yang baik. Buka jendela saat pagi hari dan biarkan udara alami masuk ke rumah. Jika memungkinkan pasang penyejuk udara. Bersihkan rumah secara berkala. Rumah yang rutin dibersihkan akan terhindar dari debu dan bakteri.

Nah.. apakah rumah teman-teman sudah memenuhi kriteria rumah nyaman untuk bekerja? Saya sih belum makanya terkadang masih mengubah letak perabot rumah dan melakukan renovasi kecil di sana sini. Makanya, begitu tau Meikarta Cikarang  meluncurkan SOHO NEW YORK Meikarta, saya langsung kepengen banget tinggal di sana.

SOHO NEW YORK Meikarta, Hunian Idaman


Meikarta Cikarang meluncurkan hunian yang menjawab kebutuhan kita untuk tempat tinggal sekaligus tempat buat bekerja. SOHO NEW YORK ini didesain dengan mengambil inspirasi dari SOHO-SOHO yang ada di New York. SOHO NEW YORK terletak tepat di atas area komersial dan retail District One, sehingga penghuni SOHO hanya perlu turun satu lantai ke bawah untuk menuju ke area komersial menikmati makanan dan entertainment.


Banyak banget benefit dan fitur yang ditawarkan oleh SOHO NEW YORK by Meikarta Cikarang yaitu :


1. Great room, great vibe – Dengan 60% ruangan yang lebih luas berkat atap yang lebih tinggi, ruangan terasa lega dan tidak sumpek. Sirkulasi udara sangat baik di kondisi ruangan seperti ini.

2. High Ceiling – Tinggi diatas 4.8 meter. Tinggi atap di apartemen biasanya hanya 3 meter. Dengan atap setinggi ini membuat ruangan jadi luas dan nyaman.

3. Double Floor Window – Jendela luas setinggi 2 lantai demi memaksimalkan pencahayaan sinar matahari bisa menerangi sudut ruangan dari ujung ke ujung. Rumah yang disinari matahari adalah rumah yang sehat. Good bye sama suasana rumah yang gelap di siang hari karena cahaya matahari tak masuk ke rumah.

4. Flexibility Living – Layout ruangan yang cocok untuk hunian maupun jadi kantor, cocok untuk WFH di masa New Normal ini. Anggota keluarga bisa melakukan aktivitasnya masing-masing dengan nyaman. Yang bekerja, yang belajar atau yang sedang menikmati istirahat tidak saling mengganggu. 

 



5. Grand Balcony – Balkon selebar 5.7 meter, tidak perlu keluar rumah untuk dapat udara segar dan sinar matahari. Saat ini keluar rumah berisiko kena PSBB dan terpapar covid, jadi ini solusi sempurna untuk menjaga hidup tetap sehat di rumah.

6. Eco friendly – Fungsi ruangan dimaksimalkan untuk sinar matahari, sehingga tidak perlu energy berlebih untuk menerangi ruangan. Irit listrik bikin irit juga pengeluaran untuk membayar listrik.


SOHO NEW YORK Meikarta punya dua jenis apartemen yaitu :

1. Soho Regular

A. 2 Bedrooms luas 34-36 m2 – harga dimulai dari Rp. 359 juta excl PPN.
B. 2 Bedrooms Plus luas 41-46 m2 - harga dimulai dari Rp. 459 juta excl PPN.
C. 3 Bedrooms luas 58-61 m2 – harga dimulai dari Rp. 679 juta excl PPN.
D. 4 Bedrooms luas 68 m2 – harga dimulai dari Rp. 786 juta excl PPN.

2. Soho Signature

A. 5 Bedrooms luas 91-108 m2 - harga dimulai dari Rp. 942 juta excl PPN.

Nah benar-benar hunian idaman yang nyaman kan. Untuk tau lebih jauh mengenai SOHO NEW YORK Meikarta bisa diintip nih media sosialnya di Instagram: @themeikarta dan Youtube: TheMeikarta. Saya harus lebih kerja keras dalam bekerja biar bisa nabung dan bisa pindah ke SOHO NEW YORK Meikarta. Semoga terealisasi yaaaaaa amin. 

 

 

Sumber foto : The Meikarta

24 komentar

  1. Suasana SOHO NEW YORK Meikarta sangat sesuai untuk kondisi sekarang ya mba.. apalagi semenjak pandemi kita lebih aman dan lebih banyak melakukan kerja dari rumah. Sangat cocok sekali.
    Harga yang ditawarkan pun sangat kompetitif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget.. bikin nyaman kerja dari rumah

      Hapus
  2. Desain SOHO New York Meikarta ini memang cakep banget. Saya langsung suka dengan langit-langitnya yang tinggi dan jendelanya. Interior rumah jadi berasa lapang dan gak sumpek

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener... trs jendelanya lebar ya jadi cahaya matahari gampang masuk

      Hapus
  3. Sumpek kalau atap rumah pendek. Selain itu Kelihatan lebih luas juga . Maklum kalau kerja di rumah sering mondar mandir ambil minuman da snack. Walapun kerja di rumah tidak akan membosankan dan nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mpok... jadi semangat buat kerja walau WFH

      Hapus
  4. Desain SOHO New York Meikarta ini memang cakep banget ya mbak, nyaman banget buat wfh
    klo senyaman ini, kerja makin semangat dan produktif tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa asik banget... ngerjain DL jadi lancar ya hehehe

      Hapus
  5. Keren banget desain Soho New York Meikarta dan sangat support pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu bekerja dari rumah seperti saya yang memang lebih nyaman bekerja dari rumah. Tapi kalau desainnya mantap seperti ini harus lebih produktif dan semangat kerjanya.

    BalasHapus
  6. ayo kita ke MEIKARTA, inget banget iklan ini yak :D
    kenapa gitu yah rumah2 di Meikarta lucu2 trus konsepnya vintage2 gtu, gumush kan pengen foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan cuman mengedepankan kenyamanan yaa tapi modern juga

      Hapus
  7. kalau rumah bersih dan nyaman itu bikin kita jadi lebih betah dan bersemangat melakukan aktivitas ya mbak. Kebetulan aku di rumah juga membuat ruang kerja senyaman mungkin agar lebih nyaman kalau lagi kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa karena kerja di rumah sebenernya lebih banyak tekanan yaaa.. terutama tekanan karena suasana membosankan jadi kudu bikin area SFH yang nyaman

      Hapus
  8. unitnya bagus banget, konsepnya menarik sekali. rasanya ajdi pengen tinggal di meikarta deh. hihi

    BalasHapus
  9. WFH dengan Desain SOHO New York Meikarta ini bikin kerja dari rumah lebih nyaman. Makanya jadi impian banget nih punya satu unit nya karena memang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. fasilitas Meikarta juga lengkap banget

      Hapus
  10. selama pandemi memang kayaknya rumah sudah berubah fungsi jadi tempat kerja juga, ya, Mbak. Tipsnya oke banget nih diterapkan buat mereka yang kerjanya di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener karena nggak bisa cari kopisyop buat nebeng kerja hehehehe

      Hapus
  11. setuju mba kalau ruang kerja itu dipisahkan sayangnya belum punya peralatan aku di rumah nih liat ini jadi enak dan setuju banget mba kalau kerja di rumah itu melelahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama akupun blom terpisah banget.. tapi sebisa mungkin ada area tersendiri

      Hapus
  12. Wah Soho Meikarta banyak banget nih benefitnya dan fitur2 yang pasti nya menarik konsumen buat memiliki. Duh jadi bayangin kapan kelak bisa punya salah satu unit di Soho..pasti nyaman banget memiliki rumah sebagai tempat bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumah impian yaaaa moga bisa pindah ke Meikarta

      Hapus