Ini Bahayanya Pipis Sembarangan


Pipis sembarangan masih jadi kebiasaan sebagian masyarakat kita. Alasan orang pipis sembarangan sungguh beragam, mulai dari tidak bisa menahan pipis, jauh dari toilet sampai alasan sedang diburu waktu. Sungguh mengesalkan ketika kita jalan di pinggiran taman atau jembatan penyeberangan dan tercium bau tidak sedap.

Jembatan penyeberangan, taman, semak, pojok terminal, kolam renang atau halte memang sering jadi lokasi buat orang pipis sembarangan. Saking seringnya mencium bau pesing di tempat seperti ini, saya sampai ambil ancang-ancang menahan nafas jika melewati area ini. Namun bau menyengat memang tetep aja terhirup. Sungguh mengesalkan.

Saya pernah hampir tak bisa menahan rasa ingin buang air kecil ketika di jalan. Yang saya lakukan adalah mampir ke minimarket terdekat dan numpang buang air kecil di situ. Jika kita meminta ijin dengan sopan, kita pasti diijinkan buat numpang buang air kecil. 


Tahu nggak sih bahayanya pipis sembarangan? Ini nih bahayanya :


1. Menyebarkan penyakit
Dalam urine terdapat bakteri yang bisa terhirup orang yang menghirupnya. Bakteri dan kuman dari urine bisa menyebabkan aneka penyakit dan berbahaya buat orang yang menghirupnya. Kalau pipis sembarangan dilakukan di kolam renang, akibatnya lebih bahaya lagi karena bakteri selain masuk ke salurang nafas juga masuk melalui mulut juga mata.

Selain orang yang menghirup, orang yang pipis sembarangan juga bisa mendapat penyakit, karena setelah pipis tidak membasuhnya. Di agama manapun kita diajarkan untuk selalu membersihkan diri setelah membuang hajat. Nah kalo pipis sembarangan, aktivitas membersihkan diri setelah buang hajat ini tidak dilakukan. Akibatnya, kotoran menumpuk dan bisa sakit deh.


2. Membuat lingkungan kotor dan tidak nyaman
Pipis sembarangan membuat area pipis jadi lembab dan bau. Terkadang area ini abai buat dibersihkan, akhirnya orang tambah buang sampah di situ. Numpuk-numpuk deh kotorannya.

3. Mengganggu ketertiban umum
Orang yang pipis di area publik, itu adalah orang yang mengganggu ketertiban umum. Jakarta punya Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum (“Perda DKI Jakarta 8/2007”) dan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 221 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum (“Pergub DKI Jakarta 221/2009”).

Selain itu dalam Pergub DKI Jakarta 221/2009 juga diatur bahwa dilarang membuang air besar dan/atau kecil di jalan, jalur hijau, taman, sungai dan saluran air. Perbuatan tersebut dikategorikan sebagai salah satu tindak pidana pelanggaran dan/atau kejahatan terhadap tertib lingkungan. Nah jelas ya bahwa melanggar perda ini adalah sebuah tindakan melanggar hukum.



Gimana cara mengingatkan orang untuk tidak pipis sembarangan? Ini PR besar buat kita semua. Saya pernah sedang berjalan di sebuah taman dan melihat orang berancang-ancang buat pipis di balik pohon. Saya langsung teriak "Pak, cari toilet!" Orang tersebut langsung pergi setelah saya teriaki. Kadang, melakukan hal yang berani seperti ini memang dibutuhkan.

Jika tak bisa menahan rasa untuk pipis, sebenarnya bisa diakali dengan membawa botol bekas air mineral. Ini berdasarkan pengalaman teman saya. Ia membasa botol air mineral jika keadaan mendesak, misalnya macet di jalan. Namun ketika sudah menemukan toilet, botol langsung dibuang dan ia membasuh diri membersihkan bekas buang hajatnya.

Karena pipis sembarangan ini adalah masalah bersama, ya kita kudu mengatasinya bersama-sama. Syukurnya banyak yang peduli nih sama kebiasaan pipis sembarangan. Salah satunya komunitas Jangan Pipis Sembarangan (JPS) yang bikin gerakan digital #JanganPipisSembarangan. Komunitas ini dibentuk di Bandung pada pertengahan 2020. Tujuannya ingin mengajak seluruh warga untuk peduli pada lingkungan sekitar. Karena kami yakin, semua manusia berhak mendapatkan udara segar, tanpa aroma pesing.


Founder komunitas JPS, kang Ivan Nisero, punya cara unik buat mengingatkan orang supaya jangan pipis sembarangan. Yaitu dengan cara membuat jingle lagu Jangan Pipis Sembarangan, yang dilaunching berbarengan dengan campaign digital Jangan Pipis Sembarangan. Lagunya asyik, liriknya bermanfaat. Kadang mendengarkan himbauan lewat sebuah lagu itu lebih mengena dan lebih kita ingat.

Mau ikutan gerakan Jangan Pipis Sembarangan? Boleh bangetttt.. caranya bantu yuk buat mengingatkan orang di sekitar kita buat jangan egois pipis sembarangan. Inget bahwa semua orang berhak menghirup udara segar dan berhak mendaoat lingkungan yang bersih dan nyaman.

Media Sosial Komunitas Jangan Pipis Sembarangan:
IG : @janganpipissembarangan_
twitter: @KomunitasJPS
fanspage: komunitasJP








2 komentar

  1. hehehe, ngilu banget kak bacanya. Kebiasaan pemuda banget yang ini. Bagus sekali kalo ada yang membuat kampanye seperti ini. Angkat topi buat kakak..

    BalasHapus
  2. The Eight-Wheel Classic - TITIAN Arts
    The eight-wheel ford escape titanium classic bicycle is available www.jtmhub.com in six sizes. The Bicycle Wheel is a classic bicycle poormansguidetocasinogambling.com made in USA, but there หาเงินออนไลน์ are three variations in 메이피로출장마사지

    BalasHapus