Belajar Bahasa Inggris Bersama The British Institute


Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang wajib kita kuasai. Dalam keseharian kita kerap menemukan kalimat dalam bahasa Inggris, apalagi buat orang yang setiap hari bergaul dengan dunia digital. Nah kebayang kalau nggak ngerti bahasa Inggris, repot urusannya. Saya bukan orang yang mahir berbahasa Inggris, makanya saya senang sekali mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris secara online dari The British Institute (TBI) dan Komunitas ISB.

Saya belajar bahasa Inggris secara online dengan 5 blogger lainnya. Karena kami berprofesi sebagai blogger, maka bahasa Inggris yang dipelajari adalah bahasa Inggris yang berhubungan dengan profesi kami. Seperti pengenalan plural, conjunction dan lain-lain. Bahasa yang digunakan dalam pengajaran adalah juga bahasa Inggris, jadi sebuah tantangan buat saya yang memang belum mahir berbahasa Inggris.

Kursus online dilakukan selama 3 hari tanggal 21, 22 dan 23 Juli lalu. Durasi kursusnya 2 jam dengan materi yang padat namun dengan suasana belajar yang santai. Mrs Efsa menjadi pengajar di hari pertama dan Mr. Mojo menjadi pengajar di hari kedua dan ketiga.


Di hari pertama, kami mengenalkan diri kami masing-masing dalam bahasa Inggris. Malu banget sebenernya saya ngomongnya belepotan hahahaha, ya tapi namanya juga belajar. Mrs. Efsa menunjukkan mana kata-kata yang salah dari tulisan saya. Dari sini daya mengerti soal linking words alias kata yang menghubungkan satu ide dengan ide lainnya.

Di hari kedua, pembelajaran meningkat menjadi belajar soal perbedaan antara simple sentences, compound sentences dan complex sentences. Lalu soal narrative text dan descriptive text. Jenis kalimat ini mudah ditulis dalam bahasa Indonesia, namun ketika menuliskannya dalam bahasa Inggris, saya sangat berpikir keras. Namun Mr. Mojo menjelaskan dengan detail disertai contoh-contoh, saya menjadi lebih paham.

Di hari ketiga, pelajaran berlanjut mengenai kalimat ulasan. Kalimat ulasan sangat sering ditulis oleh seorang blogger, termasuk saya. Saya kerap mengulas soal sebuah produk atau jasa dalam tulisan saya. Namun ketika melakukannya dalam bahasa Inggris, kalimat ulasan tak mudah ditulis. Apalagi ada kata-kata yang artinya bisa sama tapi pemakaian dalam kalimatnya berbeda.


Untungnya Mr. Mojo sabar banget mengajari kami yang kesulitan berbahasa Inggris. Tiga hari belajar dengan pengajar yang berbeda namun kedua pengajar ini sama sabarnya. Benar-benar profesional. Kemampuan bahasa Inggris saya bertambah setelah belajar denga ITB, tinggal dilatih terus saja. Terima kasih TBI dan dan Komunitas ISB.

The British Institute Tempat Belajar Bahasa Inggris Online dan Offline


The British Institute sudah berdiri di Indonesia selama 36 tahun. Sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran Bahasa  Inggris. TBI  adalah tempat kursus Bahasa  Inggris yang terdepan dan pertama di Indonesia dengan mutu dan kualitas yang  sangat baik. Kualitas ini tercermin dari para pengajar yang yang memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan standard Internasional.

TBI adalah satu satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates  in  Teaching English to Speakers of Other  Languages), ini menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi yang terdepan dalam segala metodologi pengajarannya.


Eh dalam rangka ulang tahun ke 36, TBI  mengadakan beberapa kompetis seperti lomba menulis, membuat vlog, kompetisi video dan  lain  lain. Tujuan aneka lomba ini selain untuk merayakan ulang tahun, tapi juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dari para peserta lomba. Dengan mengikuti lomba ini, peserta bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Saat belajar bahasa Inggris online kemarin, saya diajari sama guru dari TBI Riau Bandung. TBI itu banyak cabangnya ya, lokasinya yaitu di Jakarta (Pondok Indah, Kuningan, Kelapa Gading), Cibubur, Depok, Tangeran (BSD, Gading Serpong), Bandung (Riau, Dago, Festlink, Jatinangor) dan Malang.

Sistem pembelajaran di TBI Bandung adalah clasroom, online dan blended learning. Ini beberapa kelebihan dari TBI Bandung :
- Lokasi TBI mudah dijangkau karena terletak di tempat strategis
- Metode pengajaran yang up to date
- Dipercaya oleh banyak perusahaan besar
- Menerapkan sistem pengajaran yang praktis dan relevan
- Jadwal kelas yang  bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karenaTBI memiliki kelas dari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.00 –19.00.
- Tenaga pengajar baik asing maupun lokal yang berpengalaman dan memiliki standard kualifikasi serta sertifikasi Internasional
- Metode pembelajaran yang menyenangkandan dinamis
- Bisa belajar di mana saja karena TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara online/digital learning
- Biaya kursus yang terjangkau


TBI Bandung juga bisa mendukung acara-acara pendidikan, pentas sesi, Special Promotion, All Year Programme, Holiday Programme dan Back to School Program. Banyak program kelas yang tersedia yaitu :
- Children
- Pre Teen
- Teen-Global English
- Exam Preparation for TOEFL or IELTS test
- Workshop
- In House Training
- Private Class
- Blended Learning
- Online Learning
- Teacher Training

Di akhir pelajaran, Mr. Mojo memberi tips untuk mereka yang ingin mahir berbahasa Inggris, yaitu berlatih dan berlatih lalu minta bantuan teman. Buat tulisan dalam bahasa Inggris, nggak usah dipikirin dulu soal grammar dan lain-lain, yang penting tulis. Lalu berikan ke teman yang mahir berbahasa Inggris untuk dicek salah dan benarnya. Dari situ lama kelamaan kita akan mahir berbahasa Inggris. Tips yang bagus ya. Yuk latihan berbahasa Inggris.

Contact Details
Info : 0823-1601-0164
Email : info.festlink@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
Instagram : tbibandung
Facebook: TBIBandung

Tidak ada komentar