Senangnya Pengemudi Ojek Online karena Program Berbagi Kasih dari SGM Eksplor dan Alfamart


Masa pandemi adalah masa sulit untuk siapa saja. Banyak sektor terdampak pandemi karena pembatasan yang dilakukan pemerintah demi mencegah Covid-19 makin meluas. Salah satu yang terdampak pandemi dan terpengaruh secara ekonomi adalah para ojek online. Pembatasan sosial berskala besar menyebabkan pemerintah memutuskan ojek online dilarang membawa penumpang. Ini menyebabkan pendapatan driver ojek online menjadi jauh menurun.

Banyak tetangga saya yang berprofesi sebagai seorang pengemudi ojek online. Salah satunya adalah pak Yusuf. Rumahnya persis di sebelah rumah saya. Ia punya seorang istri dengan 3 anak, salah satunya masih balita. Menjadi pengemudi ojek online adalah pekerjaan yang digeluti oleh pak Yusuf sejak 3 tahun lalu. Biasanya pak Yusuf berangkat kerja di pagi buta lalu kembali ke rumah untuk makan siang. Kemudian berangkat lagi dan pulang di sore hari.

Sebelum pandemi melanda, penghasilan sebagai pengemudi ojek online cukup untuk membiayai kebutuhan keluarganya, termasuk membeli susu untuk si bungsu. Namun semuanya berubah ketika Covid-19 menyerang. Gojek Indonesia mematuhi peraturan pemerintah tentang PSBB. Ojek online dilarang membawa penumpang hingga pemberitahuan selanjutnya.



Pak Yusuf kini hanya bergantung pada orderan antar barang atau pemesanan makanan. Namun dua jenis orderan ini juga jarang ia dapat. Alhasil, ia lebih sering berada di rumah. Kepada saya, ia bilang, lebih baik di rumah, bisa sambil jaga anak dan bantu istri menggoreng singkong untuk kripik. Menunggu orderan di jalan pun tak membuahkan hasil, karena orderan ojek online sekarang jarang sekali.

Oh iya, sang istri menjual kripik singkong buatan sendiri. Kripik singkongnya enak sekali. Bu Yuni, istri pak Yusuf, semangat menawarkan kripik singkongnya pada para tetangga dan menitipkannya ke warung. Biar uangnya buat beli susu dedek mbak, katanya ketika ia mengantar pesanan kripik singkong saya.

Suatu hari, saya lihat pak Yusuf dan bu Yuni pulang membawa belanjaan dalam kantong plastik Alfamart. Ada susu, minyak goreng, sarden dan lain-lain. Saya yang sedang duduk di teras, tersenyum melihatnya. "Wah Alhamdulillah, dedek seneng nih orangtuanya beli susu", sapa saya." Alhamdulillah mbak, dapet voucher dari Gojek jadi bisa beli barang-barang ini. Gojek kerjasama sama SGM Eksplor dan Alfamart nih mbak, temen-temen saya dapat juga", jawabnya dengan ceria.



SGM Eksplor dan Alfamart Berbagi Kasih untuk 20.000 Driver Online


Yang diucapkan oleh pak Yusuf memang benar. Bersama masyarakat, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) telah melangsungkan program berbelanja sambil berdonasi untuk membantu pemenuhan kebutuhan harian kelompok yang rentan terhadap dampak pandemi COVID-19. Program “SGM Eksplor – Alfamart Berbagi Kasih Untuk 20.000 Driver Online” dilakukan dengan menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) yang didirikan oleh Gojek.

Program ini sejalan dengan salah satu misi Danone – One Health, yaitu membantu pemenuhan gizi keluarga para pengemudi ojek online yang masih harus bekerja di luar rumah dan berjuang di tengah pandemi ini. Danone kami berupaya memfasilitasi semangat gotong royong masyarakat dalam berdonasi untuk pengemudi ojek online, dalam hal ini mitra driver Gojek, dengan harapan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan esensial harian mereka, terutama gizi yang baik.

Program “SGM Eksplor – Alfamart Berbagi Kasih Untuk 20.000 Driver Online” berlangsung sejak 16-31 Mei 2020 dan telah mengumpulkan bantuan senilai Rp. 1.000.000.000 (satu milyar rupiah). Donasi yang telah terkumpul dari penjualan susu pertumbuhan SGM Eksplor di jaringan gerai Alfamart ataupun melalui aplikasi Alfacart dan Alfagift selanjutnya disalurkan dalam bentuk e-voucher kepada 20.000 pengemudi transportasi online.



E-voucher ini dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan hidup sehari-hari seperti beras, minyak, gula, susu pertumbuhan untuk anak di atas 1 tahun serta susu ibu hamil dan menyusui di seluruh toko Alfamart. Dalam program ini, konsumen dapat membantu sesama yang membutuhkan melalui jaringan gerai Alfamart maupun aplikasi Alfagift dan Alfacart. Senang ya, sambil berbelanja kita juga bisa berdonasi untuk sesama.

Mitra pengemudi ojek online tentu sangat berterima kasih atas inisiatif serta perhatian dari pihak SGM Eksplor, Alfamart, serta masyarakat. Donasi yang didapatkan sangat bermanfaat untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan gizi keluarga sehari-hari. Mitra pengemudi ojek online tentu berharap, program bantuan seperti ini dapat terus berlangsung, agar lebih banyak lagi pengemudi ojek online yang bisa terbantu di tengah-tengah kesulitan akibat pandemi COVID-19 ini.

Selama pandemi COVID-19, Danone Specialized Nutrition telah bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan sosial untuk menyediakan 33.000 paket makanan siap santap kepada tenaga medis dan menyalurkan lebih dari 48.000 donasi produk susu pertumbuhan untuk anak berusia di atas 1 tahun dan ibu hamil dan menyusui kepada keluarga dan komunitas yang membutuhkan.



Program bersama Alfamart ini merupakan salah satu dari berbagai upaya Danone Specialized Nutrition dalam membantu meringankan beban masyarakat melalui penyediaan akses gizi yang berguna untuk mendorong kesehatan keluarga. Dengan semangat gotong royong, bersatu dan kuat, Danone percaya bahwa kita dapat menghadapi pandemi ini, untuk mewujudkan Generasi Maju dan Indonesia yang sehat.

Danone SN terdiri dari PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) dan PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada). Nutricia berdiri di Indonesia sejak tahun 1987 dan Sarihusada sejak tahun 1954. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Masa pandemi memang masa yang sulit, mari bergandengan tangan dan saling bantu, agar kita bisa lebih kuat dalam menjalani masa yang sulit ini. Jangan lupa banyak berdoa semoga pandemi segera berlalu. Stay safe, stay healthy.


Sumber foto : Danone SN












1 komentar

  1. alhamdulillah sinergi antara gojek dan SGM serta alfamart bisa membantu mereka yang terdampak ya mbak
    terutama para abang gojek yang penghasilanya menurun drastis

    BalasHapus