Kamis, 20 Februari 2020

Bingung Mau Masak Apa? Pesan Makanan Katering aja, tapi Perhatikan Lima Hal ini

Sebagai seorang ibu dengan 3 anak yang sudah besar dan punya kesibukan masing-masing, saya tuh sering bingung kalau mau masak, karena anak-anak pergi dari pagi dan pulang sore hari. Alhasil kalau masak yang makan cuma saya sendiri. Kadang sengaja masak sore hari biar anak-anak bisa makan malam, tapi seringkali masakan tak habis dimakan dan akhirnya terbuang sia-sia. 

(dok.freepik.com)

Sedih banget membuang-buang makanan sementara banyak orang yang tak bisa makan. So, solusinya adalah saya tanya ke anak-anak saya, apakah mereka mau makan di rumah atau tidak. Kalau mau makan maka saya akan masak. Tapi ini bukan solusi tepat sih, karena mereka nggak bisa menjanjikan bisa makan malam di rumah atau tidak. Karena sibuknya pekerjaan bikin mereka bisa telat pulang. 


Demi nggak membuang makanan, saya masak hanya untuk porsi makan saya sendiri dan jenis masakannya yang mudah dan cepat dimasak. Macam rebusan sayur atau oseng-oseng. Buat saya, yang penting makan ada sambelnya, beres udah hehehe. Namun, kalau saya banyak pekerjaan di luar rumah ya saya nggak masak juga. Makanya kompor gas di rumah saya awet, wong jarang dipakai.

Seringnya saya dan keluarga membeli makanan di warung sekitar rumah. Tapi bosen juga makan makanan yang itu lagi itu lagi. Nggak jauh dari nasi goreng, pecel lele, pecel ayam, pangsit, sate atau nasi padang. Pesen orderan lewat ojek online juga sering zonk.. alias rasa makanannya nggak sesuai lidah. Bingung deh mau makan malam apa.



Tapi sekarang saya nggak bingung lagi. Buat makan malam saya kadang pesen makanan katering. Makanan katering punya menu yang variatif dan per minggunya sudah ada daftar menunya. Jadi kita bisa tahu menu perharinya. Makanan katering jaman sekarang diantar per porsi dalam kotak. Takaran porsinya pas untuk satu orang, jadi meminimalisir makanan terbuang.

Banyak sekali penyedia makanan katering untuk keluarga. Keluarga di perkotaan yang sibuk kerja dan nggak sempat memasak, membuat bisnis katering punya masa depan cerah. Kita tinggal memesan berapa porsi makanan dan mau diantar pas makan siang atau makan malam. Kurir akan mengantar pesanan kita ke rumah. 



Harga makanan katering ini juga terjangkau. Menunya lengkap ada nasi, sayur dan lauk-pauk. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memesan makanan katering, yaitu :


1. Kualitas masakan

Masakan harus berkualitas bukan hanya dari bahannya namun juga dari proses masaknya. Penyedia katering yang baik, memilih bahan baku berkualitas dan memasak makanan beberapa jam sebelum diantar. Jadi ketika katering tiba di pemesan, makanannya masih enak. Nasi dan lauk pauk masih hangat, sayur juga tidak basi.

Penyedia katering yang baik juga memperhitungkan waktu pengantaran karena ini berpengaruh pada kualitas masakan. Jangan sampai masakan kelamaan di jalan karena pengantarannya jauh. Makanya penyedia katering melayani pesanan berdasarkan area. 


2. Rasa masakan

Pilih katering yang mempunyai masakan dengan rasa rumahan alias rasanya seperti masakan kita. Bumbunya pas, digoreng bukan dengan minyak jelantah, tidak terlalu manis atau asin. Saya penyuka pedas, tapi anak-anak saya tidak suka, jadi saya mengikuti standar rasa anak-anak saya. Saya akan menanyakan level pedasnya lauk jika menu katering ada lauk yang diolah pedas, misalnya balado. 



3. Menu yang variatif

Keunggulan menu katering adalah menunya bervariasi. Dalam seminggu, biasanya menu yang ditawarkan berbeda-beda. Namun isinya lengkap ada nasi, sayur dan lauk pauk. Pilih penyedia katering yang menunya variatif. Dengan begitu kita tidak bosan dan bisa memilih menu yang kita sukai. Penyedia katering yang baik juga tidak main tabrak menu. Ia memperhitungkan sekali paduan masing-masing menu dan selalu memilih menu yang sehat.  

4. Harga

Pilih katering yang harganya ramah di kantong. Harga katering biasanya sama tiap harinya. Sebagai ibu yang akrab dengan pasar, tentu kita tahu harga bahan-bahan masakan jadi secara garis besar kita bisa memperhitungkan harga menunya. Kemudian sesuaikan juga harga katering dengan pengeluaran kita. Sebaiknya harga katering sama dengan biaya masak kita sehari-hari.

5. Ketentuan yang fleksibel

Pilih penyedia katering yang peraturannya tidak terlalu ketat, misal membolehkan kita membatalkan pesanan sehari sebelum masakan diantar. Rata-rata katering membuka pesanan hingga jam 7 malam untuk pesanan yang diantar esok harinya. Pilih juga penyedia katering yang membolehkan kita memesan makanan dengan hari yang acak. Adakalanya kita menyukai menu di hari tertentu dan hanya ingin memesan menu tersebut. 



Katering Rasa Nyonya, Enak dan Praktis


Rasa Nyonya adalah katering online yang melayani sejak September 2016. Katering ini punya lebih dari 200 varian menu dengan dominasi masakan Indonesia dan Chinese. Saat ini katering Rasa Nyonya sudah melayani lebih dari 150.000 porsi katering harian dan sedang mengembangkan layanan menjadi katering untuk event seperti pesta pernikahan, meeting atau gathering.

Katering Rasa Nyonya punya 4 paket utama yaitu :
1. Lunch & dinner box (1 nasi + 3 lauk) Rp. 35.000 dengan pilihan nasi merah atau nasi putih, berasnya dari beras pandan wangi lho
2. Home packages (3 lauk) start from Rp. 65.000 per 2 porsi
3. Event box (bisa custom message di packaging) mulai dari Rp. 30.000
4. Paket tumpeng (min. 20 pax, mulai dari Rp. 700.000)



Saya pesan katering Rasa Nyonya untuk makan malam. Sekitar jam 17.30 kurir Rasa Nyonya sudah mengetuk pintu rumah saya mengantar makanan. Kotak premium yang membungkus makanan masih hangat ketika saya pegang pertanda makanan di dalamnya baru selesai dimasak. Pengantaran dari Rasa Nyonya adalah 2 kali sehari buat menjaga kesegaran makanan, yaitu jelang makan siang dan jelang makan malam.

Ketika saya buka, nasi dan sayur di dalamnya dalam kondisi terbungkus. Cukup hygienis. Saya pesan untuk hari senin, selasa dan rabu. Nah khusus buat selasa saya pesan home packages 3 lauk karena anak-anak mau makan pakai nasi uduk.  Porsi makan malamnya pas, tak kurang tak lebih buat ukuran perut saya dan anak-anak. Lalu untuk paket 3 lauknya pas juga. 



Trus rasanya gimana? Nah soal rasa, makanan Rasa Nyonya pas di lidah saya. Bumbunya terasa, ayam digoreng empuk trus nasinya pulen banget. Ketika memesan home packages 3 lauk, ada ayam semur yang isinya daging semua, jadi favorit anak-anak saya tuh, karena semurnya gurih dan nggak kemanisan, pas deh. By the way, masakan Rasa Nyonya itu non MSG.

Cara pesan Rasa Nyonya gampang kok, bisa melalui WA ke 087809704246, bisa juga ke IG Rasa Nyonya atau ke Line @rasanyonya. Pricelist dan daftar menunya bisa dilihat di highlight IG story Rasa Nyonya. Kalo mau tanya-tanya tinggal WA aja, fast respon kok. So.. buat emak-emak yang bingung menyediakan masakan bergizi buat anak-anaknya, atau mau acara arisan tapi bingung sama nasi boxnya, bisa cobain deh katering Rasa Nyonya.

3 komentar :

  1. makasi infonya kakk .. kebetulan lg butuh juga karena art yg biasa masak resign. sempat katering rumahan, tapi kok besoknya anakku muntah-muntah tiga2nya. entah karena itu atau kebetulan aja :(

    BalasHapus
  2. nah cocok nih pas saya juga lagi nyari katering tanpa MSG

    BalasHapus
  3. kalo yg praktis itu memang dengan catering ya mba Yayat, tp tentu perhatikan itu sih kualitas. Nah catering rasa Nyonya ini familiar deh

    BalasHapus

Back to Top