Selasa, 28 Januari 2020

Rekomendasi Buah dan Sayur untuk Penderita Asam Urat yang Baik Dikonsumsi

Penting bagi para penderita asam urat untuk selalu menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dengan kadar zat purin yang tinggi. Perbanyak buah dan sayuran adalah pilihan terbaik. Namun ada jenis buah dan sayur untuk penderita asam urat yang dapat menurunkan gejala penyakit tersebut.

buah dan sayur untuk penderita asam urat


Pentingnya Menjaga Asupan Makanan bagi Penderita Asam Urat


Penyakit asam urat ditandai dengan rasa sakit luar biasa pada area sekitar persendian. Salah satu penyebab penyakit ini adalah faktor makanan. Diduga makanan yang banyak mengandung purin adalah pemicu utama penyakit ini bisa muncul.



Untuk itu setiap penderita asam urat sangat disarankan untuk menjaga pola makan mereka. Selain menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin yang tinggi, penderita asam urat juga disarankan untuk memperbanyak asupan buah dan sayur.

Pada dasarnya semua jenis buah dan sayur boleh dikonsumsi. Namun ada beberapa pilihan terbaik buah dan sayur untuk penderita asam urat. Pilihan buah dan sayur tersebut tidak hanya berfungsi sebagai asupan makanan saja, namun juga bisa meminimalkan gejala penyakit asam urat supaya tidak makin parah.

Buah dan Sayur untuk Penderita Asam Urat


Ada jenis buah dan sayur untuk penderita asam urat yang bisa menjadi rekomendasi. Selain menjadi sumber makanan yang aman untuk dikonsumsi, buah dan sayur tersebut juga dapat meminimalisir munculnya gejala penyakit tersebut lebih parah. Apa saja jenis buah dan sayur untuk penderita asam urat? Berikut uraian selengkapnya :

1. Jenis Buah-Buahan Yang Baik Dikonsumsi

Pada dasarnya semua jenis buah boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun, sebagai langkah untuk penyembuhan, ada beberapa jenis buah tertentu yang sebaiknya dikonsumsi. Berikut apa saja buah yang cocok dikonsumsi oleh penderita asam urat :

• Buah Ceri adalah buah yang paling tepat dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini didukung oleh kandungan antosianin dalam buah ceri sangat ampuh sebagai anti inflamasi. Zat antosianin punya kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Konsumsi buah ceri setidaknya 200 gram sehari bagi penderita asam urat.


• Apel juga salah satu jenis buah yang dapat berfungsi untuk menetralkan kadar asam urat dalam tubuh. Konsumsi buah apel dalam porsi yang cukup dapat membuat tubuh penderita asam urat menjadi lebih baik dan sehat.


• Delima sebagai pengurang plak pada arteri. Plak ini menjadi salah satu penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh seseorang. Oleh karena itu, penderita asam urat yang ingin menjaga tubuhnya agar penyakitnya tidak kambuh disarankan untuk mengkonsumsinya.


• Strawberry dan blueberry, keduanya mirip seperti buah ceri yaitu dapat dijadikan sebagai obat asam urat alami. Ketiganya merupakan buah dengan kandungan anti inflamasi yang tinggi. Ini artinya jenis buah-buahan tersebut dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh asam urat.

2. Jenis Sayuran Yang Baik Dikonsumsi

Selain buah-buahan, ada juga sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Banyak mengkonsumsi sayuran akan memberikan efek yang baik terutama bagi penderita asam urat. Jenis sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi seperti :

• Kentang merupakan jenis sayuran yang mengandung zat anti inflamasi cukup tinggi. Selain itu kandungan potassium, dan vitamin B6 di dalamnya juga sangat ampuh untuk meringankan pembengkakan atau nyeri sendi akibat asam urat. Inilah mengapa sangat dianjurkan bagi penderita asam urat mengkonsumsi sayuran ini.


• Timun dikenal memiliki efek diuretik yang mampu merangsang ginjal sehingga dapat menghasilkan banyak urin. Dengan begitu akan menghindarkan seseorang dari penyakit batu ginjal. Paling penting adalah timun sangat baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.


• Tomat yang banyak mengandung vitamin dan mineral juga baik untuk penderita asam urat. Kandungan minyak alami tomat sangat ampuh untuk meluruhkan plak pada persendian penyebab timbulnya rasa sakit. Dengan begitu resiko peradangan sendi bisa diminimalisir.


• Daun seledri diperkaya dengan beragam jenis kandungan yang baik untuk mengobati asam urat. Seperti chlorine, potassium, essensial, vitamin A dan B1, selenium, dan masih banyak lagi. Penderita asam urat dapat memanfaatkan jenis sayur ini dengan mengolahnya menjadi sup, jus, atau taburan makanan favorite.


• Wortel nyatanya mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh sekaligus mengurangi rasa nyeri sendi akibat penyakit tersebut. Konsumsi wortel dengan cara dibuat sup, direbus, dikukus, atau mengolahnya menjadi jus.

Itulah rekomendasi buah dan sayur untuk penderita asam urat. Jangan lupa selain rajin mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut, perbanyak juga untuk meminum air putih. Selain itu hindari juga stress karena hal tersebut juga merupakan salah satu pemicu  tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Ingin mencari tips dan informasi lain seputar asam urat atau tentang ekonomi? Silahkan kunjungi CekAja.com dengan link https://www.cekaja.com/info/5-jenis-makanan-untuk-penderita-asam-urat/. CekAja.com bukan hanya menyediakan informasi menarik tentang kesehatan, namun juga bisa membantu menentukan pilihan financial yang tepat dan menguntungkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top