Selasa, 28 Januari 2020

Informasi Tentang Apa saja Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Boleh Dikonsumsi

Asam urat memang salah satu faktor pemicunya adalah kelebihan zat purin dalam tubuh. Zat purin ini ada pada beberapa makanan tertentu. Inilah yang membuat penderita asam urat perlu berhati-hati untuk memilih makanan yang dikonsumsi. Dibawah ini akan dijelaskan apa saja jenis makanan untuk penderita asam urat yang boleh dikonsumsi.

Asam Urat


Penderita Asam Urat Tidak Boleh Sembarangan Mengonsumsi Makanan


Dulu, penyakit asam urat memang terkenal sebagai penyakit para manula. Namun sekarang karena faktor-faktor tertentu, penyakit asam urat juga banyak menjangkit kaum muda. Gejala penyakit ini adalah rasa sakit yang luar biasa pada daerah persendian. Saat penyakit asam urat kambuh, bahkan bisa membuat penderitanya jadi sulit beraktivitas.
 

Maka dari itu, supaya tidak sering kambuh sebaiknya atur dengan baik makanan yang masuk ke tubuh. Cara yang paling aman adalah mencoba untuk melakukan diet. Para dokter ahli menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi. Misalnya ikan sarden, beberapa jenis daging tertentu serta alkohol.

Dengan mengontrol setiap makanan yang masuk, setidaknya dapat meminimalisir kadar asam urat kembali naik. Bagi yang masih berusia muda, asam urat kambuh bisa jadi hal buruk. Misalnya seperti tidak bisa beraktivitas seperti biasanya dan harus merasakan sakit yang luar biasa.

Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Urat yang Boleh Dikonsumsi


Makanan yang mengandung kadar purin tinggi harus dihindari oleh penderita asam urat. Hal ini supaya tidak membuat gejala asam urat makin parah. Namun dibalik itu, ada jenis makanan tertentu yang boleh dimakan setiap hari. Berikut apa saja jenis makanan untuk penderita asam urat yang boleh dikonsumsi setiap hari.

1. Buah-buahan

Jenis makanan untuk penderita asam urat yang pertama adalah jenis buah-buahan. Pada umumnya, semua jenis buah-buahan boleh dikonsumsi setiap hari oleh penderita asam urat. Namun disarankan untuk memilih buah yang banyak mengandung kadar fruktosa rendah.

Diantaranya seperti buah jeruk, kiwi, tomat, alpukat, atau buah stroberri. Lebih baik lagi adalah konsumsi buah ceri secara rutin, karena buah tersebut cukup ampuh dalam mencegah gejala asam urat kambuh.

2. Sayur-sayuran

Sama seperti buah-buahan, semua jenis sayuran rata-rata aman dikonsumsi setiap hari untuk para penderita asam urat. Bisa dari jenis sayuran hijau seperti kangkung, sawi, serta brokoli.  Atau sayuran dari golongan yang mengandung karbohidrat seperti kentang. Paling baik adalah mengkonsumsi sayuran yang tak memiliki rasa. Misalnya terong, kembang kol atau jamur.

3. Biji-bijian utuh

Jenis makanan untuk penderita asam urat lain yang bisa dipilih adalah biji-bijian utuh. Disarankan untuk memilih biji-bijian yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Misalnya oats, beras merah, serta barley. Jenis biji-bijian tersebut sangat baik terutama untuk memperbaiki gizi.

Selain itu biji gandum juga bisa dipertimbangkan karena mengandung serat serta karbohidrat kompleks. Jenis biji-bijian diatas, semua berperan dalam menjaga kadar purin dalam tubuh.

4. Kacang-kacangan

Jika ingin alternatif lain, penderita asam urat juga disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Pada dasarnya semua kacang-kacangan boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun, yang mesti harus diingat adalah perhatikan porsinya. Kacang-kacangan yang boleh dikonsumsi hanya harus pada porsi yang cukup.

Jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk dikonsumsi cukup beragam. Mulai dari kacang tanah, kacang almond, serta kacang kedelai. Penderita asam urat juga diperbolehkan makan olahan kedelai seperti tahu dan tempe.

5. Produk susu

Masih memungkinkan penderita asam urat untuk mengkonsumsi beberapa macam olahan produk susu. Terutama produk susu yang mengandung protein hewani. Beberapa penelitian menunjukkan, susu protein hewani malah bagus terutama bagi penderita asam urat. Namun sebaiknya pilih susu dengan kadar lemak yang rendah.

6. Protein Hewani

Sudah sedikit di bahas pada penjelasan sebelumnya, jika memang penderita asam urat  disarankan untuk mengkonsumsi protein hewani. Ada beberapa macam jenis protein hewani yang bisa dipilih. Misalnya daging ayam tanpa lemak, youghurt, atau daging kalkun.

7. Minyak Nabati

Penderita asam urat juga bukan harus meninggalkan minyak sama sekali sebagai salah satu komponen makanannya. Beberapa jenis minyak, masih aman dikonsumsi oleh penderita asam urat bahkan untuk setiap hari. Pilih jenis minyak tertentu. Misalnya minyak kanola, minyak zaitun, atau rami.

Itu tadi 7 jenis makanan untuk penderita asam urat yang bisa dikonsumsi, untuk ukuran porsi yang tepat bisa konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Selain menjaga makanan yang masuk ke tubuh, penderita asam urat juga perlu memperhatikan asupan cairan. Banyak minum air putih adalah pilihan terbaik untuk mencegah asam urat kambuh. Sangat tidak disarankan untuk tidak meminum soda, sirup, atau minuman manis lainnya.

Bila ingin mendapatkan informasi lain tentang asam urat yang lebih menarik,  terutama seputar ekonomi kunjungi  laman CekAja.com dengan link https://www.cekaja.com/info/5-jenis-makanan-untuk-penderita-asam-urat/. CekAja.com, toko finansial online terlengkap yang bisa membantu keputusan finansial yang menguntungkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top