Kamis, 05 September 2019

Tujuh Kopi Kekinian Favorit yang Menemani Kerja di Rumah

Coffeshop di Jakarta kini banyak sekali. Mungkin tiap minggu ada coffeshop baru yang berdiri. Keuntungannya sih kita jadi gampang beli kopi tapi kerugiannya adalah pengeluaran makin banyak karena nambah jajan kopi. Terlebih buat saya nih yang memang penikmat kopi dan penasaran sama kopi yang dijual di berbagai coffeshop.

coffeenade

Dari berbagai kopi yang pernah saya coba, banyak diantaranya yang jadi favorit saya. Saya menyukai kopi hitam seduh V60, namun kali ini saya akan bagikan kopi kekinian yang menjadi kesukaan saya dari beberapa coffeeshop kekinian yang namanya sudah ngetop. Kopi-kopi ini sering saya order melalui ojek online untuk menemani saya kerja di rumah. Harga kopi-kopi ini di bawah 30 ribu rupiah, murah tapi enak. 



1. Kopi Cocopreso dari Janji Jiwa


Kopi ini merupakan campuran espresso dan air kelapa. Disajikan dingin dengan tambahan es batu dan dilengkapi dengan irisan jeruk manis. Awal saya beli kopi ini sih irisannya lemon ya, tapi diganti jeruk manis pun tak masalah. Saya nggak tau nih espressonya terbuat dari kopi apa. Tapi rasa kopinya nggak terlalu pahit. Cocok buat mereka yang ingin minum kopi tapi nggak mau pahit. 


Cocopresso

Ada rasa manis dari air kelapa. Segar banget apalagi diminum siang hari. Irisan jeruk manis nggak terlalu pengaruh sih buat rasa Cocopreso. Pernah saya beli Cocopreso dan tak ada irisan jeruk di dalamnya, rasanya nggak beda dengan Cocopreso pakai irisan jeruk. Harga Cocopresso ini 18 ribu rupiah per cup. 



2. Es Kopi Pokat dari Janji Jiwa


Ini minuman yang paling sering habis di Janji Jiwa. Entah karena stok terbatas atau emang laku keras karena jadi favorit banyak orang. Minuman ini terbuat dari campuran espresso, alpukat, es krim coklat, susu coklat dan gula. Kebayang kan enaknya gimana, tapi emang asli very lezato.

Alpukat yang digunakan adalah alpukat yang dikeruk dari buah asli dan bukan berasal dari bubuk alpukat. Minuman ini favorit saya yang kedua dari Janji Jiwa. Sayangnya jarang bisa beli karena kehabisan terus. Harga per cup nya adalah 28 ribu rupiah. 


kopi kelapa


3. Kopi Kelapa dari Kopi Kenangan


Minuman ini juga terbuat dari espresso, air kelapa ditambah es batu. Namun tak ada irisan jeruk di dalamnya. Harganya 19 ribu rupiah per cup. Rasanya menyegarkan dan enak, namun untuk minuman sejenis, saya lebih menyukai Cocopreso Janji Jiwa. 



4. Dua Shot Iced Shaken dari Kopi Kenangan


Terbuat dari campuran espresso, susu, gula dan es batu. Sesuai namanya, ukuran espressonya 2 shot jadi rasanya lebih pahit dari kopi susu yang biasa. Kita bisa request no sugar, less sugar atau manis banget. Makin manis ya rasa pahitnya makin berkurang. Tapi yang paling nikmat itu less sugar karena rasa pekat kopi masih terasa ketika diminum. Harganya 22 ribu rupiah per cup. Rasa minuman ini nyaris sama kok dengan minuman sejenis yang dijual sebuah cafe top dan harganya dua kali lipat.


dua shot iced shaken


5. Kopi Hitam Jahe dari Kopitagram


Lagi nyari-nyari kopi unik pas kerja di rumah ehhh nemu Kopi Jahe dari Kopitagram. Rasanya pahit kopi dan pedas jahe bercampur jadi satu, unik jadinya. Disajikan dingin dengan tambahan es batu. Standar Kopi Hitam Jahe ini tanpa gula, tapi kalo mau tambah gula boleh kok.

Saya sendiri menyukai kopi ini dengan tambahan sedikit gula biar nggak terlalu getir rasanya. Cukup hidup saya aja yang getir.. halaahhh curcol. Harga minuman ini 24 ribu rupiah per cup. Jangan kaget ketika membeli lewat ojek online trus esnya dikasih di kantong plastik kecil sendiri. Standarnya Kopitagram emang es dan minumannya dipisah ketika kita membeli buat take away. 

kopi jahe

6. Coffeenade dari Kopi Kulo


Minuman ini terbuat dari espresso, tonic water dan lemon serta es batu. Ada irisan lemonnya juga di dalam cup. Buat yang pengen minuman pembangkit mood saya sarankan minum Coffeenade. Rasanya campuran antara pahit, sedikit manis plus ada rasa asam dari lemon. Rasa segarnya nyentil banget, ngantuk hilang dan kerja jadi semangat deh. Harganya 23 ribu rupiah per cup. 



7. Es Kopi Yor dari Kopi Yor


Minuman ini terbuat espresso, kelapa kopyor, susu dan es batu. Berawal dari rasa penasaran makanya saya beli kopi ini. Kopi pakai air kelapa udah biasa, lah ini kok pake kelapa kopyor. Ternyata kopi plus kelapa kopyor jadi minuman yang enak kalo dipadukan. Rasa kopi masih ada namun tak pahit. Pahitnya berkurang karena susu plus kelapa. 



kopi yor


Kelapa kopyornya diserut tipis dan enak dikunyah. Mungkin ini ya satu-satunya minuman kopi yang pakai dikunyah. Saya sih pengen tambah 1 shot espresso biar rasa kopinya lebih terasa. Cuman nggak ada menu tambah espresso. Harga satu cup Es Kopi Yor adalah 25 ribu rupiah.

Inilah kopi-kopi kekinian favorit saya dan saya akan mencoba kopi-kopi kekinian lainnya. At the end... saya angkat topi untuk para barista yang telah membuat berbagai menu kopi yang kreatif ini. Moga makin banyak menu kopi kreatif lainnya ya.

2 komentar :

  1. waaah penasaran yg kopyor mba :D. aku termasuk suka nyobain kopi2 baru ini. tp kalo kopi yg hitam aku ga bisa, pgs mules :p. jd pasti pake tambahan susu dan gula. so far yaaa yg paling aku fav banget, dan blm ada yg ngalahin , itu royal coconut marble coffee dari FiKa kafi, anaknya sour selly :D. itu enaaak bangetttt. karena es batunya dari kopi juga, jd sampe es nya cair semua, rasa kopinya ttp kuat. kebanyakan kalo kopi lain,begitu esnya mencair semua, rasa kopinya jd hambar krn memang es batu biasa .

    trus yg fika kafi ini ada potongan kelapa juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus saya langsung searching dong... ternyata ada di Kokas.. dan bisa order lewat ojol juga... next saya mau coba aaahhhhh... penasarannnn... makasih ya infonyaaaaa :D

      Hapus

Back to Top