Selasa, 03 September 2019

Saya Suka Teh Chamomile Karena Tujuh Manfaatnya

Ketika disodori berbagai jenis teh untuk seduhan, saya selalu memilih teh Chamomile untuk diminum. Rasa teh Chamomile yang menyegarkan dengan aroma harum bunganya, sungguh membuat tenaga bangkit kembali. Sejatinya teh Chamomile memang punya beragam manfaat, dari mengobati depresi hingga mengatasi gangguan pencernaan.

(freepik.com)

Teh menjadi alternatif ketika saya sedang terlalu sering minum kopi. Mengistirahatkan lambung itu perlu, kasihan lambung yang diserbu dengan bergelas kopi. Ya saat ini lambung saya nggak bermasalah dan baik-baik saja. Tapi itu bukan alasan saya selalu minum kopi bergelas-gelas tiap hari.

Saya lupa kapan pertama kali jatuh cinta dengan teh chamomile. Tapi saat itu saya pertama kali menyeduh teh chamomile yang ada di sebuah jamuan di sebuah hotel. Kantong kertas berisi bunga-bunga yang kecil bentuknya, dicemplungkan ke cangkir lalu diisi dengan air panas. Cangkir kemudian disodorkan oleh mbak pelayan hotel kepada saya.

Harum bau bunga sungguh kentara. Air seduhan teh chamomile terlihat hijau mirip dengan seduhan teh hijau. Ketika saya minum, lidah saya mencecap rasa khas bunga. Segar dan unik jadi satu. Kala itu saya tak menaruh gula di teh saya dan selama ini memang saya selalu menyeduh teh apapun tanpa gula. Selain lebih sehat, rasa teh asli tanpa gula lebih nikmat. 


(dok.pri)

Setelah momen itu, saya sungguh menyukai teh chamomile. Teh ini jadi yang pertama saya minta jika minum di cafe-cafe. Saya bisa kecewa jika teh chamomile tak ada. Syukurnya, rata-rata cafe yang juga menyediakan kopi, selalu sedia teh chamomile di daftar teh yang mereka jual. Nampaknya teh ini memang jadi favorit banyak orang.


Chamomile, si Bunga Kecil Sarat Manfaat     


Bunga Chamomile sudah dijadikan obat alami dalam pengobatan tradisional sejak dulu. Spesial bunga Chamomile ini banyak, namun yang paling umum adalah Chamomile Jerman dan Chamomile Romawi. Chamomile Romawi rasanya sangat pahit, biasanya digunakan untuk minyak esensial dan pewarna. Chamomile yang banyak kita konsumsi saat ini adalah Chamomile Jerman.

Manfaat mengonsumsi teh chamomile adalah :

1. membuat tidur makin lelap : aroma khas bunga chamomile menjadi penenang saraf dan perasaan jadi rileks. Meminum secangkir teh chamomile hangat membuat tubuh jadi lebih hangat, mengurangi rasa lelah dan menenangkan pikiran. Tidur jadi lebih lelap.

2. Meringankan reaksi alergi : efek hangat teh chamomile bisa meredakan flu. Menghirup uap chamomile bisa mengurangi demam dan hidung tersumbat. Bahan aktif azulene dalam teh chamomile mengurangi reaksi alergi seperti demam.

3. Mengatasi gangguan pencernaan : chamomile mengandung obat penenang yang akan mengatasi rasa tidak nyaman di perut. Kandungan coumarin dalam chamomile sangat baik memperbaiki mukosa lambung. 


(dok.pri)

4. Meringankan nyeri menstruasi : chamomile akan meningkatkan sirkulasi darah dengan cara menghangatkan tubuh, mendorong produksi keringat dan menunjang bentuk tubuh wanita. Efek relaksasi dari teh chamomile dapat meredakan nyeri dan iritasi selama masa menstruasi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh : teh chamomile mengandung anti bakteri yang menyerap racun. Minum 5-6 gelas teh chamomile secara rutin berdampak baik bagi tubuh. SIstem imun dan kekebalan tubuh akan bertambah jika teh chamomile rutin dikonsumsi.

6. Meredakan stress : ketika bunga chamomile dijadikan teh, saat diminum akan meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh yang baik untuk ketenangan dan relaksasi badan. Secangkir teh chamomile dapat meredakan rasa stress dan cemas.

7. Mengurangi iritasi kulit : teh chamomile kaya anti inflamasi dan antioksidan. Secara signifikan teh chamomile meningkatkan penyembuhan dan mengurangi munculnya noda dan kerutan pada wajah. 


(freepik.com)

Teh chamomile siap seduh banyak tersedia di pasaran. Ada berbagai merk teh chamomile yang bisa kita pilih. Ada yang sudah dikemas dalam kantong teh seduh, namun ada juga yang dijual dalam dalam bentuk bunga kering di kemasan toples. Yang harus diperhatikan adalah cara menyeduhnya. Begini caranya :


- Didihkan air seukuran 1 gelas minum atau seukuran beberapa gelas jika ingin membuat teh chamomile lebih dari 1 gelas
- Ketika air sudah mendidih, matikan api
- Masukkan 2 sendok teh chamomile ke dalam wadah berisi air mendidih tadi. Jumlah teh bisa lebih jika ingin membuat lebih dari 1 gelas teh chamomile.
- Tutup wadah dan biarkan teh chamomile larut
- Ketika air teh sudah berwarna coklat keemasan, teh sudah dapat dikonsumsi. Minum tanpa gula ya biar rasa teh chamomile lebih nikmat.

Nah jika bosan dengan rasa teh yang itu-itu saja, kita bisa coba teh chamomile, sekaligus merasakan efeknya untuk kesehatan. Selamat minum teh. 



Note : dari berbagai sumber

28 komentar :

  1. Satu gelas untuk 7 manfaat ya mbak. Lengkap pula. Jadi pengen mencobanya.

    BalasHapus
  2. Aku suka kak teh camomile menjelang tidur, karena aku tipikal yang suka gak nyenyak tidurnya. Dan lumayan menenangkan banget kak

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak ya manfaat dari teh chamomile. Bisa jadi alternatif saat istirahat dari kopi. Aku juga hobi banget ngopi. Aku suka teh chamomile karena memang wangi tehnya harum ya kak, jadi bikin rilkes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya juga khas ... ada rasa rasa bunga gitu

      Hapus
  4. Teh chamomile memang enak. Aromanya bikin rileks. Sukanya dengan teh memang begitu. Aromanya bisa beda-beda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener... macem macem teh yang bisa kita jadikan alternatif buat minum

      Hapus
  5. Saya baru tahu lho teh chamomile itu bisa untuk memudahkan tidur. Kayaknya saya bakalan pakai teh ini untuk bikin anak saya cepat ngantuk biar saya bisa leluasa kerja, hahhaha.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena efeknya menenangkan ... etapi memang saya kadang minum kalo lagi capek banget.. trus pules

      Hapus
  6. Manfaat ini bisa didapat kalau konsisten minum chamomile tea ya?

    Aku ga punya preferensi sih kalau varian teh. Justru lebih suka milk tea gitu hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. segelas aja udah terasa kak terutama kalo mau bikin nyenyak tidur... setidaknya ini yang saya rasakan..

      Hapus
  7. wah ... bisa jadi rekomended nih... kalau bosen bisa kita coba teh chamomile, sekaligus merasakan efeknya untuk kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan dicoba kak... alternatif minum teh

      Hapus
  8. wah bisa bikin tidur jadi lelap dan mengurangi stress ya mba, sesekali boleh nih coba minum teh charmomile

    BalasHapus
  9. Wah baru tau teh chamomile banyak manfaatnya. Bahkan bisa mengatasi gangguan pencernaan ya. Next kalau mau beli teh pilih yang chamomile ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan... dan buat saya cukup berefek juga

      Hapus
  10. Aku juga kalau minum teh paling demen yang chamomile mbak, atau kalau gak ada biasanya suka minta peppermint deh.

    BalasHapus
  11. Ternyata teh chamomille punya banyak manfaat ya..

    Aku belum pernah minum teh ini. Biasanya cuma teh melati dan teh hijau

    BalasHapus
  12. Aku baru tau kalo Teh chamomile banyak manfaat Kesehatannya. Aku sering ngalamin gangguan pencernaan nih. Nanti harus minum Teh chamomile ya.

    BalasHapus
  13. Favoritku juga ini Mbak, teh Chamomile...bikin rileks setelah meminumnya. Tapi kubaru tau ada 7 manfaat hebatnya.
    Wah, cara seduhnya pun khusus biar rasanya istimewa ya..
    Hepii baca artilel ini..

    BalasHapus
  14. Ini selalu ada di drama Korea yaa...kalau lead-female nya susah bobok, dibikinin teh chamomile.
    Pengin nyobaiin...
    Tapi kalo gak pake gula, emm....pait gak?

    BalasHapus
  15. Saya juga suka nge-teh mbak, apalagi yang chamomile ini banyak manfaat dan kegunaannya. Btw kebiasaan pakai gula jagung rencananya akan dikurangi mbak.

    BalasHapus
  16. Wiwin | pratiwanggini.net8 September 2019 16.14

    Chamomile itu identik dengan "menenangkan". Memang pas banget ya mba untuk memberi jeda diantara minum kopi :)

    BalasHapus
  17. Wow, teh Chamomile punya banyak manfaat ya, bisa untuk sakit nyeri haid ya?

    BalasHapus
  18. Salah satu teh fav aku tuh mba yayat. Apalagi kalau susah tidur

    BalasHapus
  19. Agak norak sih, tapi aku bener bener baru tau ada teh ini. Biasanya kalau ngeteh ya itu lagi itu lagi 😁

    BalasHapus

Back to Top