Jumat, 23 Agustus 2019

Seruput Kopi Nikmat di Off Koffee Kaya

Cafe ini sedang saja luasnya. Tak besar namun juga tak kecil. Namun saya tak masalah dengan luasnya cafe, asal keinginan saya menyeruput kopi sambil melakukan pekerjaan terpenuhi. Siang panas begini, paling cocok memang menyeruput kopi di cafe nyaman dan adem seperti Off Koffee Kaya.


Cafe ini terletak di jalan Bendungan Jatiluhur 59 Jakarta Pusat. Meski ada di pinggir jalan namun suara mobil di luar tak masuk ke dalam cafe. Mata saya kadang mencuri pandang pada gerobak mie ayam yang mangkal di seberang cafe ini. Namun saya tak berniat membeli, karena tujuan saya adalah minum kopi sembari mengerjakan tugas membuat laporan yang  menumpuk.


Beberapa Barista sedang membuat pesanan pembeli ketika saya menghampiri. Suara khas espresso yang sedang diseduh terdengar di telinga. Harum kopi menyeruak di sekitar meja Barista. Saya melihat daftar menu, membaca dan memilihnya. Off Koffee Kaya punya beragam menu. Dari minuman kopi, non kopi, makanan beratpun ada. 


Hazelnut Cafe Latte menjadi pilihan pertama saya. Nama Off Koffee Kaya sebenarnya diambil dari nama menu spesial di cafe ini, selain kopi tentunya, yaitu roti bakar dengan selai srikaya. Selai ini spesial karena diracik sendiri oleh pemilik cafe. Namun sebagai pendamping kopi saya siang itu, saya memesan roti bakar telur. Saya kembali ke tempat duduk saya setelah membayar pesanan.

Interior Off Koffee Kaya ini menarik. Ada papan berbentuk papan surving di dekat pintu masuk. Papan ini penuh dengan tempelan stiker. Kemudian di dinding cafe juga dihiasi dengan papan surving berukuran lebih kecil. Entah kenapa papan surving yang dijadikan penghias, mungkin pemiliknya suka berselancar. 



Saya nyalakan netbook saya dan siap untuk bekerja. Selagi netbook dalam proses nyala, saya layangkan pandangan ke pojok dekat meja coffee bar. Ada pernak-pernik yang menarik perhatian yaitu mesin pembuat espresso lengkap dengan cangkir berisi kopi, miniatur mobil combi dan beberapa pigura poto. Cukup menarik. 


Nggak terasa, mas Barista mengantar pesanan saya ke meja. Hazelnut Latte diantar pertama, roti bakar telur diantar kemudian. Wangi hazelnut bercampur kopi tercium dari cangkir kopi. Saya seruput setelah memotretnya beberapa kali. Manisnya pas, dengan rasa kacang hazelnut berpadu dengan kopi. Kentalnya juga pas. Hazelnut Coffee sempurna untuk siang itu. 



Roti bakar telur menjadi sasaran saya selanjutnya. Setangkup roti bakar berwarna kecoklatan dengan telur ceplok dan keju mendarat sempurna di mulut. Rasa gurih dan manis menyatu di mulut. Nice.. saya bisa bilang roti bakar ini bisa jadi favorit saya di cafe ini. Niatnya makan roti bakar sebagai camilan, nyatanya setangkup roti bakar telur ini cukup bikin kenyang perut.

Saya kembali serius mengerjakan laporan di laptop sambil mata saya sesekali melihat ke luar jendela. Off Koffee Kaya punya area outdoor juga. Area ini dikhususkan untuk mereka yang perokok. Kursi tinggi dan meja ditaruh di area outdoor. Beberapa kursi dan meja diduduki oleh mereka yang minum kopi sambil berdiskusi. 



Tak terasa cangkir Hazelnut Coffee saya telah kosong. Saya kok penasaran dengan kopi hitam Off Koffee Kaya. Karena pekerjaan saya masih banyak, saya ke Coffee Bar lagi. Kali inisaya pesan Americano Coffee. Ini kopi hitam seduh espresso yang dicampur dengan air. Saya tanya ke mas Barista, Americano nya terbuat dari kopi apa. House Blend katanya.



House Blend adalah racikan beberapa jenis kopi single origin alias kopi yang berasal dari daerah tertentu. Biasanya terdiri dari dua atau tiga campuran kopi. Kopi House Blend menciptakan rasa yang lebih variatif. Tapi barista nggak asal mencampur kopi aja untuk menghasilkan racikan kopi House Blend yang enak. Karena beda daerah beda juga rasa kopinya.

Tak lama, pesanan Americano saya datang. Kopi hitam, kental dengan buih lembut di atasnya tersaji di meja. Langsung saya seruput, tentu setelah memotretnya beberapa kali. Seduhan americano ini juga enak rasanya. Ada rasa gurih, pahit dan sedikit asam terasa Tapi saya tak tahu kopi apa saja yang diracik menjadi house blend ala Off Koffee Kaya. 



Empat jam sudah saya menghabiskan waktu di Off Koffee Kaya. Meja dan kursi di sekitar saya mulai dipenuhi pengunjung. Hari beranjak malam, ini jamnya orang pulang kantor. Makanya orang mampir ke cafe untuk ngopi, beristirahat sejenak dari kesibukan bekerja seharian, sebelum pulang ke rumah masing-masing. Saya pun pulang.. sudah cukup ngopi dan bekerja hari itu, saatnya beristirahat dan mulai bekerja lagi esok hari.

19 komentar :

  1. Interor cafe nya bagus ya. Cocok deh buat nongkrong. Apalagi lokasinya di pusat Jakarta, strategis banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas.. mayan ngopi sambil nungguin macet

      Hapus
  2. roti bakar telur ini lagi ngehits, yang roti john itu sebenarnya ya robak telur juga. Cuma roti panjang, sama aja, dipotong2 juga wkwkwkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya pernah makan roti john juga gegara tuh roti laris banget

      Hapus
  3. sebagai pecinta kopi, aku merasa tertantang buat icip di Koffee Kaya nih mba. hmm tapi kapan ya

    BalasHapus
  4. Mba Yayat kuat euy ngopi sampai 2 gelas gitu. Nggak sakit kan perutnya? Tempat ngopi yang cozy begitu memang inceran warganet buat sekedar bersantai atau ngerjain tugas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw pernah ngopi ampe 3 gelas gak papa sik... keknya perutnya dah kebal hihi

      Hapus
  5. Kalo tempatnya asik kaya gitu, kayanya aku betah duduk 9-5 deh.

    Anw, rotinya bikin laper!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asik tempatnya... tapi kalo sore ke malam lumayan rame ama orang yang pulang kerja

      Hapus
  6. Saya bukan pengkopi tp sesekali minum kopi pahitan (no sugar), konon ktnya kopi murni lebih bagus dibanding campur gula.
    Tapi masalah selera juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes better kopi no sugar mas... cuman aku sik no sugar oke.. pake gula juga gak papa.. asal jangan manis banget

      Hapus
  7. Aku lihat tempatnya langsung terfikirkan untuk kerja sambil laptopan disana kayaknya asik juga ya. Yang pasti penasaran sih sama kopinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi mayan enak sembari buat nemenin kerja .. colokan juga ada heheh

      Hapus
  8. Baca ini jam segini kok ya langsung mau request ya hahahaha. Satu lagi tempat yang makin bikin asyik ngopi dan ngobrol nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempatnya pas pinggir jalan tapi bukan jalan rame sik jadi mayan lah nyaman

      Hapus
  9. Kalau nuansanya tenang memang enak nyelesain kerjaan di coffee shop. Gak berasa bisa lebih dari 1 jam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak.. bisa konsen juga kerjanya

      Hapus
  10. Pingiiin roti bakar pakai selai sarikaya.. :D Asik memang mba bawa kerjaan di cafe sambil ngopi ya. Aku kalo lagi bosen juga cus ngetik di coffee shop aja, ganti suasana biar dapet inspirasi lagi.. :D Pankapan Kalo main ke Jakpus jadi pingin mampir aah ke Off Coffee Kaya..

    BalasHapus

Back to Top