Jumat, 05 Juli 2019

Terangi Rumah dengan Philips Hue yang Bukan Sekedar Lampu

Rumah bukan hanya tempat untuk kita tidur. Namun rumah juga adalah tempat kita tinggal dan berproses menjalani hidup. Ada banyak peristiwa di dalam sebuah rumah yang menjadi jejak sejarah bagi penghuninya. Rumah.. bukan sekedar tempat untuk pulang.


Saya tinggal di rumah warisan orang tua saya. Usia rumah yang saya tempati sudah berumur 40 tahun. Meski demikian lama, namun rumah saya masih kokoh berdiri. Beberapa kali saya lakukan renovasi kecil seperti renovasi dapur dan kamar. Namun saya belum pernah melakukan renovasi besar-besaran.

Almarhum ayah membangun rumah ini sendiri. Dulu lokasi saya tinggal adalah tanah dengan pepohonan besar. Rambutan, durian, nangka .. adalah beberapa pohon yang ada di sekitar rumah saya dulu. Seiring makin banyaknya tanah yang dibeli dan dibangun rumah di atasnya, pepohonan besar ini menghilang.

Banyak yang terjadi di rumah saya yang mempengaruhi kehidupan saya. Mulai dari saya masuk sekolah dasar, hingga menikah dan punya anak. Dulu saya juga menikah di rumah itu dan mengadakan resepsi pernikahan di sana. Jadi ya.. memang besar manfaat rumah itu untuk kehidupan saya.



Rumah saya tak besar, terdiri dari 2 lantai dengan 3 kamar tidur, dapur, gudang dan ruang tamu. Namun kenyamanan sebuah rumah bukan dari besar kecilnya rumah, namun dari beberapa hal ini :

1. Pilihan warna dinding
Saya baru mengganti cat dinding ruang tamu dengan wallpaper dengan motif bunga. Tadinya rumah saya bercat hijau muda. Saya ganti dengan wallpaper untuk memberi suasana yang berbeda. Jika bertahan dengan cat, pilihlah warna-warna yang soft dan tak mencolok mata seperti hijau muda atau biru muda. Ketika kita lelah beraktifitas di luar rumah seharian, kan kita ingin mata kita sejuk ketika masuk ke rumah.

2. Rumah bersih tidak berantakan
Kegiatan rutin saya setiap pagi adalah menyapu dan mengepel lantai. Lantai yang bersih membuat rumah terasa nyaman. Untuk membersihkan debu pada perabot saya lakukan seminggu sekali. Rumah yang minim debu juga membuat sehat penghuninya jadi emang sebaiknya rumah sering dibersihkan. Gunakan perabotan minimalis agar rumah tak terkesan penuh.

3. Atur Ventilasi udara agar cahaya matahari masuk
Pertukaran udara penting untuk rumah makanya rumah harus punya jendela yang cukup. Udara dan sinar matahari membuat suasana di dalam rumah tidak lembab. Rumah juga jadi adem, apalagi di kondisi cuaca yang panas. Meski pakai AC, namun ventilasi agar cahaya matahari bisa masuk, tetap dibutuhkan.

4. Penerangan yang cukup di malam hari
Pasang lampu yang terang agar rumah tidak gelap di malam hari. Rumah yang terang membuat nyaman penghuninya saat beraktivitas di malam hari. Untuk mereka yang bekerja sejak pagi dan baru pulang ke rumah malam hari, akan butuh beristirahat di kondisi yang nyaman. Lebih enak jika terang lampu bisa diatur sesuka kita. Misal butuh lampu terang untuk membaca dan butuh lampu redup untuk tidur. Lampu yang bisa diatur seperti ini membuat kita tak banyak memasang aneka lampu, cukup satu lampu dan terang gelapnya diatur sesuai selera. 




Philips Hue, Bukan Sekedar Lampu


Saya pengguna lampu Philips yang setia dan menggunakannya untuk penerangan di rumah. Philips awet dan cahayanya terang namun tidak menyilaukan. Philips juga hemat listrik. Saya tak khawatir boros listrik meski memasang beberapa lampu.

Philips punya lampu produk baru, namanya Philips Hue. Philips Hue adalah lampu cerdas dengan berbagai bentuk, ukuran dan model. Disebut lampu cerdas karena bisa diatur dengan berbagai tingkat terang dan warna. Bisa untuk cahaya putih dan sejuk atau ke cahaya dengan aneka warna yang dramatis.

Cahaya Hue memungkinkan kita mengatur lampu Anda secara nirkabel dari kamar hingga taman. Kita bahkan bisa mengaturnya dari mana saja di seluruh dunia, selama terhubung dengan internet. Bahkan bisa mengatur cahaya seolah-olah kita berada di rumah, padahal tidak. Intinya adalah membuat hidup menjadi lebih berarti, mudah dan memberikan ketenangan pikiran.



Ada 3 bagian penting dalam Philips Hue yaitu :

1. Lampu cerdas Philips Hue LED
Kecerdasan dan hemat energi lampu LED yang membuat Philips Hue menjadi hidup. Menghasilkan cahaya yang terang dan indah serta mudah diaplikasikan untuk menemani keseharian kita dalam momen-momen spesial dan merasakan pengalaman baru. Mudah diaplikasikan, lampu redup, kilat, kedap-kedip, pokoknya semua yang Anda inginkan bisa dilakukan. Tersedia dalam berbagai macam bentuk, ukuran dan model yang cocok untuk rumah kita.

2. Hub cerdas Nirkabel : The Bridge
Bridge adalah pusat dari sistem Philips Hue yang menghubungkan perangkat pintar Anda ke lampu Philips Hue. Kita bisa memasang hingga 50 lampu Philips Hue dan aksesorisnya dalam satu Bridge. Hubungkan ke jaringan Wi-Fi lewat router, dapat menghubungkan sistem kita lebih jauh lagi lewat internet sehingga bisa dikendalikan dari mana saja. Nikmati juga berbagai fitur canggih lainnya. Dapatkan The Bridge di tiap starter kit Philips Hue atau beli secara terpisah lalu bangun sistem Philips Hue impian kita.

3. Kendali cerdas
Anda bisa mengendalikan sistem Philips Hue dari berbagai macam perangkat, di manapun. Cara termudah untuk menentukan tingkat cahaya, waktu, mengubah warna dan lain sebagainya, adalah melalui aplikasi Philips Hue. Temukan fungsi canggih lainnya melalui aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan khusus untuk Philips Hue. Kita tak harus berada di rumah untuk mengatur pencahayaan. Inilah ketenangan pikiran yang seutuhnya

4. Sistem pencahayaan yang cerdas nirkabel
Philips Hue dikembangkan berdasarkan ZigBee LightLink, sebuah teknologi yang hemat energi, aman dan teknologi yang dapat diandalkan untuk mengatur pencahayaan rumah Anda. Fitur baru terus dikembangkan sehingga makin terasa kegunaannya. Pembaharuan perangkat lunak dan firmware bisa dilakukan secara nirkabel dan langsung pada lampu. Sistem Philips Hue bisa dengan mudah diintegrasikan dengan sistem berbasis ZigBee lainnya untuk menghasilkan rumah yang cerdas.

Philips Hue membuat suasana rumah jadi nyaman di malam hari, aktivitas tak ada kendala dan kita makin betah di rumah.

1 komentar :

  1. ini lampu keren banget ya, mengatur pencahayaannya bisa lewat hp

    BalasHapus

Back to Top