Jumat, 26 Juli 2019

Terhindar dari Mata Kering karena Insto Dry Eyes

Mata yang merah dan berair bisa menjadi tanda kalo mata kita bermasalah. Apalagi di tambah dengan sensasi kesat atau berpasir di dalam mata. Hati-hati.. itu adalah tanda mata kita kering. Mata kering adalah kondisi di mana air mata tidak melumasi mata dengan baik. 



Cuaca Jakarta tuh panas banget belakangan ini ya. Di rumah saya, kipas angin nggak berhenti nyala. Saya di rumah emang pake kipas angin dan bukan AC. Jadi kalo kipas anginnya mati langsung deh rumah berasa panas. Pengennya pake AC sih, tapi mikir biaya listrik jadi mahal banget.

Barusan saya ke warung dekat rumah. Deket banget jaraknya, paling 50 an meter. Tapi balik ke rumah udah ngos-ngosan, panasnya luar biasa. Saya cek di handphone saya Namun karena tinggal di Jakarta, temperatur Jakarta 33 derajat celcius. Wuahh pantesan panas banget. Cuaca panas begini bisa membahayakan kesehatan. Terutama kesehatan kulit dan mata.

Kulit jadi kering dan bersisik. Jangan keluar rumah tanpa menggunakan pelembab ya. Gunakan pelembab yang mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari. Sinar UV bisa menyebabkan kanker kulit jika kulit dibiarkan terus terpapar sinar matahari. 



Kemudian untuk mata, cuaca panas berpotensi bikin mata jadi kering karena air mata tidak mampu melumasi mata dengan baik. Mata adalah pancaindra yang cukup vital. Dengan mata kita bisa melihat, maka rawatlah mata dengan baik. Ketika mata bermasalah, cepatlah diobati agar mata tak bermasalah lebih parah. 


Penyebab Mata Kering dan Pengobatannya


Ketika mata kita kering, maka mata akan terasa perih, sensitf terhadap cahaya, ada sensasi kesat dan berpasir di dalam mata, ada sensasi menyengat atau gatal di mata, seperti ada yang menyangkut di mata, mata kemerahan, penglihatan kabur, mata lelah dan berair, mata sepet, mata pegel, mata perih, ada lendir di dalam atau sekitar mata. Jangan kucek-kucek mata jika ada keluhan seperti ini karena mengucak mata akan memperparah gejala mata kering.

Mata kering banyak penyebabnya. Selain karena cuaca yang panas, mata kering bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Misalnya karena menopause, sedang dalam proses kehamilan atau sedang KB. Mata kering juga sering dialami oleh orang-orang lanjut usia, karena produksi air mata menurun seiring bertambahnya usia.

Beberapa penyakit juga bisa menyebabkan mata kering, salah satunya adalah diabetes. Efek obat-obatan tertentu juga bikin mata kering, terutama bagi mereka yang mengonsumsi obat-obatan hipertensi, obat jerawat minum, obat-obatan parkinson, beta blocker dan diuretik atau obat-obatan terapi pengganti hormon. 



Tiupan angin kencang juga bikin mata jadi kering. Makanya hindari terpaan AC langsung atau kipas angin secara langsung. Kayak saya nih yang kipas anginnya selalu nyala di rumah. Saya duduk di area yang nggak terkena terpaan angin dari kipas angin, lebih baik kipas angin jangan disorot ke satu arah tapi biarkan berputar. Lalu setel kecepatan putaran kipas angin di level yang rendah.

Saya seorang pekerja yang setiap hari selalu menggunakan laptop untuk bekerja. Pekerjaan ini beresiko bikin mata kering karena mata fokus menatap layar komputer dan jarang berkedip. Ini membuat air mata lebih cepat menguap tapi jarang terisi kembali. Sebaiknya seringlah berkedip agar air mata kembali terisi, tapi ya jangan kedip-kedip terus, malah capek matanya, berkediplah secara normal.

Lalu bagaimana cara mengobati mata kering? Sesungguhnya pengobatan untuk mata kering hanya membantu untuk mengontrol gejala, bukan untuk mengobatinya. Pada orang yang mengalami mata kering berulang dan proses penyembuhannya lama, pengobatannya bisa dengan cara berkonsultasi dengan spesialis perawatan mata.

Pengobatan mata kering bisa dengan cara seperti ini :
1. Air mata buatan : untuk mata kering ringan biasanya bisa ditangani pelumas perawatan mata misalnya tetes air mata buatan, salep atau gel. Air mata buatan kekentalannya sangat mirip dengan air mata alami, makanya sering disarankan untuk mengobati mata kering. Tetes mata ini dijual di pasaran dan bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

2. Obat tetes mata : beberapa obat tetes mata mengandung pengawet untuk mencegah bakteri muncul di botol obat. Jika mata harus ditetesi obat tetes mata lebih dari enam kali sehari sebaiknya pakailah obat tetes mata bebas pengawet.

3. Hindari kondisi kering dan minumlah banyak air serta makanan bergizi : minum banyak air membuat mata lebih lembab karena selaput lendirnya terjaga. Istirahatkan mata kalau kita melakukan kegiatan yang menggunakan mata dalam jangka lama, misalnya mengetik di komputer. 




Mengatasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes


Saya selalu sedia Insto Dry Eyes. Ini jadi barang yang saya bawa kemana-mana. Saya tuh paling nggak betah kalo mata gatal. Kerja jadi nggak fokus deh kaloo mata mulai menunjukkan gejala mata kering. Repotnya kalo saya menghadiri sebuah acara dan mata memerah dan gatal karena terkena debu dan panas saat menuju lokasi acara.

Obat tetes mata pilihan saya adalah Insto Dry Eyes. Instro Dry Eyes mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose dan Benzalkonium Chloride yang mengatasi kekeringan pada mata karena bekerja sebagai pelumas mata yang cairannya mirip dengan air mata alami. Ukuran botolnya 7,5 ml jadi praktis banget dibawa kemana-mana.

Insto Dry Eyes mengatasi gejala kekeringan pada mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Ada sensasi dingin ketika Insto Dry Eyes diteteskan ke mata. Mata langsung terasa sejuk dan segar. Teteskan Insto Dry Eyes 1-2 tetes pada setiap mata, 3 kali sehari. Dengan Insto Dry Eyes, mata terhindar dari mata kering dan saya lancar melakukan semua aktivitas saya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top